-->
ads here
banner

Membuat Green House Yang Sederhana Tapi Indah

- 9/02/2014
advertise here
Membuat Green House Yang Sederhana Tapi Indah - Bagi seorang yang bergelut di dunia budidaya tanaman, greenhouse merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam menunjang kegiatan budidaya. Green house adalah sebuah rumah yang di gunakan untuk pembibitan  tanaman, penyimpanan dan karantina, bahkan untuk proses budidaya itu sendiri.

green house sederhana
Green House Sederhana Indah dan Fungsional
Green house sangat penting artinya dalam pembibitan benih tanaman karena pembibitan memerlukan tempat dan kondisi khusus untuk keberhasilan pembibitan. Kondisi itu antara lain penyesuaian kebutuhan cahaya matahari, kelembababan tertentu, kemudahan penyediaan pupuk dan media tanam, kemudahan perawatan harian, mencegah masuknya hama, tersedianya air sebagai sarana utama dalam pembibitan maupun sarana sekunder lainya. Kondisi semacam itu dapat diciptakan dengan adanya sebuah green house.


Budidaya tanaman tertentu dapat juga dilakukan pada sebuah green house seperti budidaya holtikultura / bunga dan sayur-sayuran, yang pada umumnya dapat hidup pada kondisi tertentu. dengan diciptakanya kondisi ruangan dalam greenhaouse sesui dengan keinginan kita, maka diharapkan proses budidaya/produksi menjadi semakin mudah, dengan tingkat keberhasilan yang tinggi.

green house sederhana
Bedeng persemaian sebaiknya di batasi dengan papan agar terlihat rapi

Bahan Untuk Pembuatan Green House Sederhana

Yang diperlukan untuk membuat green house yang sederhana untuk pembibitan hanyalah kayu/bambu, plastik dan paranet.

  • - Kayu/bambu digunakan untuk membuat rangka dan rak tanaman. 
  • - Plastik digunakan untuk penutup tanaman yang dikarantina karena sakit atau dalam masa pemulihan. 
  • - Paranet digunakan untuk menutupi seluruh green house dan menyaring sinar matahari.
Bahan/material lain yang di gunakan dalam membangun green house dengan berbagai type dapat dibaca DISINI
http://www.gemaperta.com/2014/08/green-house-yang-sederhana-dan-indah.html

karantina tanaman
Bedeng karantaina tanaman ditutup dengan plastik.

Cara Membuat Green House Sederhana

Cara pembuatanya cukup mudah dan murah, setiap orang bisa membuatnya. Berikut ini adalah prosedur pembuatan green house untuk pembibitan dan karantina tanaman :
  1. 1. Pertama tama buatlah kerangka green hause dengan kayu/bambu yang bentuknya menyerupai rumah tinggal. Agar kokoh gunakan paku untuk penyambung setiap sambungan. Tiang utama sebaiknya di beri dudukan beton/cor.
  2. 2. Setelah kerangka terbentuk, tutuplah dengan paranet. Kebutuhan jumlah paranet disesuaikan dengan ukuran kerangka yang kita inginkan. 
  3. 3. Berikutnya adalah pembuatan bedeng-bedeng persemaian. Agar kelihatan rapi, setiap bedengan sebaiknya di batasi dengan papan. Bedengan yang di fungsikan untuk karantina tanaman tutuplah dengan plastik dengan kerangka dari bambu yang di buat melengkung.
Baca juga : Fungsi dan Type Green House Yang Baik
Advertisement advertise here
 
ads here