Jasa Taman Dan Tanam Rumput

Hub : 0812 9711 5645

Cara Budidaya/Beternak Burung Kenari Bagi Pemula

Cara Budidaya/Beternak Burung Kenari Bagi Pemula - Burung kenari adalah salah satu burung piaraan yang di gemari pada tahun-tahun lalu namun sampai saat ini masih menjadi trend burung piaraan yang digemari. Selain kicau dan warnanya yang menarik juga karena harganya yang stabil di pasaran.

Pemeliharaan burung kenari tergolong mudah dan tidak ribet seperti burung lain. Makanannya murah dan mudah didapatkan di setiap toko-toko penjual pakan burung, yaitu berupa biji-bijian, sayur sawi putih segar, telur puyuh dan lain-lain. Namun begitu untuk membudidayakan burung ini bagi pemula sering menemui kegagalan karena tidak mengetahui karakter burung kenari.


Berikut ini adalah beberapa pengetahuan yang harus di fahami jika ingin membudidayakan atau menagkarkan burung kenari, yaitu antara lain:

1. Memilih Burung Kenari Jantan dan Betina

Cara termudah mengetahui jenis kelamin burung kenari adalah sebagai berikut :
- Pada burung kenari jantan akan berkicau atau ngerol setelah berumur satu bulan atau lebih, sedangkan betina lebih banyak diam.
- Postur tubuh burung kenari jantan lebih panjang dan ramping sedangkan betina lebih bulat.
- Dapat juga dilihat sewaktu masih dalam bentuk telur. Telur berbentuk lonjong atau oval memanjang biasanya akan menjadi pejantan, sedangkan bentuk telur oval cenderung bulat bulat biasanya betina.

2. Usia Burung Kenari Yang Siap Berkembang Biak

Burung kenari pada umumnya sudah siap untuk dikawinkan pada umur 8 bulan untuk pejantan dan 6 bulan untuk betina. Usia tersebut adalah usia yang paling baik untuk memulai penagkaran. Jika mengambil indukan yang terlalu muda tetntunya akan mempengaruhi mutu anakan yang di hasilkan.

3. Sangkar / Kandang yang Baik Untuk Penangkaran

Kandang yang baik untuk penangkaran burung kenari adalah berukuran minimal 30cm x 30cm x 70cm (PxLxT). Sebaiknya jangan di gantung, tempelkan pada dinding agar tidak terjadi goyangan karena dapat mempengaruhi proses perkawinan dan pengeraman. 

Untuk menghindari gangguan hewan seperti tikus atau kucing pilihlah kandang yang berbahan besi/ kawat. Sedangkan untuk menghindari kerumunan semut dapat di berikan kapur semut pada dinding sekitar kandang. Letakkan kandang pada tempat yang teduh dan tenang. 

4. Pakan Yang Baik Sebelum Perkawinan.

Pilihlah pakan yang mengandung protein tinggi sebelum melakukan perjodohan, seperti telur puyuh. Pakan ini di pilih karena dapat meningkatkan birahi pada kedua pasangan dan juga baik untuk pembentukan telur.

5. Cara Menjodohkan Calon Indukan Burung Kenari.

Setelah kita ketahui jenis kelamin burung kenari dan usianya, langkah berikutnya adalah menjodohkan calon indukan. Cara menjodohkan tidak secara langsung di campur dalam satu kandang, tetapi didekatkan terlebih dahulu agar saling mengenal dalam kandang yang berbeda.


Masa perkenalan dapat dilakukan beberapa hari sebelum di satukan. Penyatuan burung kenari jantan dan betina dilakukan jika keduanya sudah ada respon yaitu ditandai dengan kedua pasangan saling mendekat dan pejantan lebih banyak berkicau untuk menarik perhatian si betina. Pada masa ini berikan makanan yang banyak mengandung protein seperti telur puyuh atau telur ayam kampung.

Setelah di satukan jangan lupa siapkan sarang sebagai tempat bertelur dan mengeram. Sarang dapat di buat dari rumput halus yang susun rapi dan diletakkan dalam batok kelapa atau dapat dibeli di toko-toko burung. Burung kenari dapat bertelur hingga 4 butir.

6. Proses Pengeraman Telur

Setelah selesai bertelur burung kenari akan mengerami telurnya selama kurang lebih 2 minggu. Jiak cuaca dingin pengeraman akan lebih lama. Untuk mambantu menghangatkan udara sekitar sarang dapat dipasang lampu bohlam 5 watt. Dalam proses pengeraman ini pejantan dapat dipisahkan jika karakter pejantan malah mengganggu si betina yang sedang mengeram.

Setelah 12 hari atau lebih telur akan menetas. Anakan biasanya akan diloloh / di suapin langsung oleh induknya beberapa hari sampai anakan tumbuh bulu dan mulai belajar terbang. Pada masa ini siapkan tambahan makanan / extra fooding agar anakan sehat dan tumbuh lebih cepat.

Itulah beberapa langkah yang harus difahami dalam penangkaran burung kenari bagi pemula.

Untuk perawatan Burung kenari dapat di baca artikel : Perawatan Burung Kenari agar Cepat Gacor Untuk Kontes
Share on Google Plus

About Widodo Sukses

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

- Bebas berkomentar dengan bahasa yang sopan dan santun tanpa unsur sara.
- Lebih seru kunjungi : "Forum Asyik Berkebun" untuk Sharing, Tanya-jawab, Promosi usaha/jual-beli, dll.
- Untuk teman BLOGGER dilarang keras "Copy Paste" artikel ini.