Jasa Taman Dan Tanam Rumput

Hub : 0812 9711 5645

Cara Mudah Merawat & Budidaya/Menangkarkan Burung Love Bird

Cara Mudah  Merawat & Budidaya/Menangkarkan Burung Love Bird - Dinamakan burung love bird atau burung cinta karena burung ini selalu berduaan, berdampingan dengan mesra dan setia pada pasangnganya. Warnanya yang beraneka ragam menjadi daya tarik tersendiri selain kicaunya yang bagus. Dipadukan dengan kandang atau sangkar yang cantik burung love bird sangat cocok bila di pajang di depan rumah.

cara merawat dan budidaya burung lovebird

Harga dipasaran burung love bird terbilang stabil, karena belum banyak orang yang membudidayakan atau menangkarkanya. Ada beberapa hal dan tahapan yang harus diperhatikan apabila ingin membudidayakan burung love bird agar mendapatkan keberhasilan, yaitu antara lain :

1. Persiapan Kandang Budidaya Burung Love Bird

Hal pertama yang harus dilakukan dalam budidaya burung love bird adalah pembuatan kandang. Kandang yang baik untuk adalah terbuat dari besi atau kawat, karena burung love bird berjenis paruh bengkok yang tajam sehingga jika menggunakan kandang dengan bahan kayu akan mudah patah dan rusak. Besi yang digunakan dapat dipilih dari bahan kawat saringan pasir denag ukuran 1 cm atau dapat di pilih kandang jadi yang dapat dibeli di toko-toko penyedia kandang dan pakan burung.

Contoh Kandang Burung Love Bird

Ukuran yang diperlukakan yaitu kurng lebih minimal 50cm x 50cm x 50cm. Siapkan pula tempat bertengger dari bahan kayu dan juga kotak tempat bertelur. Kotak tempet bertelur di buat tertutup dan gelap dengan ukuran 20cm x 15cm x 25cm (PxLxT) dan di beri lubang untuk masuk dengan diameter 5 cm. Di bagian bawah kotak bertelur di beri jerami, rumput atau kertas untuk menaruh telur dan mengeraminya.

2. Pemilihan Indukan Burung Love Bird

Burung love bird pejantan maupun betina yang di jadikan indukan dapat dipilih dari berbagai jenis, sesuai selera masing masing. Jenis love bird yang berada di Indonesia sangat banyak antara lain : love bird mawar, fisher love bird, lovebird leher kuning, Love bird abisinia (Agapornis taranta), Love bird black collared (Agapornis swinderniana), Love bird madagaskar (Agapornis cana),Love bird Muka salem. Ada juga jenis love bird kacamata , yang termasuk dalam katagori kelompok ini  adalah love bird nyasa (Agapornis lilianae), love bird topeng (Agapornis personata), love bird fischer (Agapornis ficheri) dan love bird pipi hitam (Agapornis nigrigenis).

Yang harus diperhatikan dalam memilih indukan yaitu sudah berumur kurang lebih 1 tahun, sehat dan nafsu makan tinggi, dan tentunya pilihlah jenis love bird yang mempunyai harga jual yang paling tinggi.

Pemilihan jantan dan betina burung love bird sangat sulit di bedakan, karena jenis burung lovebird adalah burung yang bersifat not sexually dimorphic yang artinya antara si jantan dan betina mempunyai bentuk yang sama atau bisa dikatakan kembar identik. Dilihat secara fisik memang burung lovebird cukup susah untuk dibedakan, diperlukan pengalaman serta teknik khusus.

Bagi pemula pemilihan burung love bird betina dan jantan dapat dikumpulkan dalam satu kandang. Apabila dalam waktu 2 minggu sudah ada tanda tanda perjodohan yaitu ditandai dengan membangun sarang untuk bertelur berarti dapat dipastikan keduia burung tersebut sepasang. Tetapi jika tidak ada tanda-tanda tersebut lebih baik di pisahkan dan dganti dengan yang lain. Hal ini sering terjadi kesalahan pada peternak karena memang sulit untuk membedakan antara pejantan dan betina.

3. Perjodohan Burung Love Bird

Burung love bird yang baik untuk di jodohkan yaitu setelah berumur kuarnga lebih 1 tahun. Bisa juga umur 8 bulan tetapi hasil keturunannya kurang bagus dan seringkali gagal dalam penetasan. Cara penjodohan lovebird dengan mendekatkan kedua sangkarnya, masing-masing berda pada sangkar yang berbeda. Apabila kedua burung ini berdekatan selama 3 – 7 hari, bisa dipastikan sepasang lovebird tersebut berjodoh. Proses perjodohan akan berjalan lebih cepat jika lovebird memasuki masa birahi.
Ciri-ciri lovebird masuk masa birahi apabila ditandai dengan kicauan burung yang semakin nyaring, untuk pejantan terlihat begitu agresif  dengan merunduk sambil membuka sayapnya dengan posisi ekor yang gerak naik turun. Apabila kedua pasangan sejoli ini sudah berjodoh, sebaiknya segera disatukan dalam satu sangkar penakaran
Setelah indukan sepasang di taruh dalam kandang untuk mempercepat perjodohan dapat dipacu birahinya. Birahi pada burung love bird di pengaruhi oleh bebrapa hal antara lain : kondisi kandang,  Makanan  atau  nutrisi love bird dan kualitas love bird itu sendiri. Kondisi atau suasana kandang sebaiknya tenang tidak terganggu oleh suara tokek, kucing dan suara lain yang menakutkan burung. Kebersihan kandang harus terjaga, dengan sering membersihkan setiap hari dari sisa makanan dan kotoran. Makanan yang baik untuk masa perjodohan yaitu jagung basah, kecambah, biji kenari dan kangkung.


4. Masa Bertelur dan Mengeram Burung Love Bird

Seperti yang telah saya sampaikan pada langkah pertama yaitu persiapan kandang, maka setelah burung love bird berjodoh segera pasang kotak/ glodok  pada kandang sebagai sarang untuk tempat bertelur lovebird. Jangan lupa bersiapkan juga alas pengeraman pada dasar kotak/glodok dari rumput, kulit jagung atau bahan lainya.
Pada umumnya sekali bertelur love bird bisa menghasilkan 4-6 butir telur. Biasanya love bird akan segera mengerami telurnya ketika telur yang ketiga sudah keluar. Pada masa pengeraman, indukan betina biasanya sesekali keluar dari glodok untuk mencari makan, atau hanya sekadar merentangkan sayap.
Masa pengeraman telur love bird hingga menetas memerlukan waktu sekitar 21-23 hari. Ada sesuatu yang menarik pada masa penetasan, lovebird bisa membutuhkan waktu penetasan hingga 24 jam. Anda tidak perlu cemas, hal ini karena anak love bird membutuhkan penyesuaian dengan lingkungan baru. Kami sarankan, Anda tidak perlu intervensi love bird pada masa penetasan karena bisa menyebabkan anak lovebird tumbuh secara tidak normal. Biasanya pada masa pertama tidak semua telur lovebird bisa menetas semua. Hal ini wajar dan alami, Anda tidak perlu merisaukannya. Masa-masa produktif lovebird terjadi setelah masa telur yang kedua dan selanjutnya,
Terjadinya kemandulan pada telur lovebird terjadi karena indukan terlalu muda, kondisi kandang yang tidak bersih serta nutrisinya kurang dan gizi buruk. Apabila kemandulan berlangsung terus-menerus, maka Anda patut curiga. Periksa cangkang telur love bird yag tidak menetas kemudian lihatlah perkembangan embrio telur tersebut. Apabila di dalam telur lovebird masih ada embrio namun setengah jadi, bisa diinkasikan terjadi kesalahan pada masa pengeraman telurnya atau bisa saja telurnya keluar sarang yang akhirnya telur tidak dierami induknya.

5. Pemeliharan Anakan Burung Love Bird

Supaya produktifitas indukan love bird meningkat, sebaiknya anak lovebird disapih (dipisah dari indukan) pada umur 10-14 hari. Hal ini juga memiliki keuntungan tersendiri karena anak lovebird bisa menjadi makin jinak yang akan meningkatkan nilai jual. Anda bisa meletakkan anak lovebird pada sebuah kotak dengan alas kain yang diterangi dengam lampu 5 watt untuk menjaga kehangatan anak lovebird.
Untuk pakan anak lovebird, Anda bisa memberikan bubur bayi instan yang tersedia di pasaran. Cara pemberiannya dengan mencampurkan menggunakan air hangat. Anak lovebird yang masih bayi menggunakan campuran pakan yang tidak terlalu kental, dengan bertambahnya umur sebaiknya tingkat kekentalan makanan ditambah. Anda bisa menggunakan jarum suntik untuk meloloh. Lakukan pemberian pakan 4 jam sekali secara teratur.
Demikian cara budidaya burung love bird semoga bermanfaat. Baca juga artikel : Cara Budidaya Burung Kenari Bagi Pemula
Share on Google Plus

About Widodo Sukses

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

- Bebas berkomentar dengan bahasa yang sopan dan santun tanpa unsur sara.
- Lebih seru kunjungi : "Forum Asyik Berkebun" untuk Sharing, Tanya-jawab, Promosi usaha/jual-beli, dll.
- Untuk teman BLOGGER dilarang keras "Copy Paste" artikel ini.