-->
ads here
banner

Manfaat Pohon Rambutan Dari Akar Sampai Daun

- 11/07/2014
advertise here
Manfaat Pohon Rambutan Dari Akar sampai Daun - Pohon rambutan yang sering kita jumpai di sekitar rumah kita ternyata banyak sekali manfaatnya. Selama ini yang kita ambil manfaatnya hanya buahnya saja yang berbuah setahun dua kali. Buahnya memang manis bertolak belakang dengan kulitnya yang berserabut menyerupai rambut (Eksokarp). Karena bentuk kulitnya inilah maka buah ini di namai rambutan.

manfaat pohon rambutan

Pohon yang mempunyai nama latin  Niphelium lappaceum termasuk dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae banyak di jumpai di wilayah Indonesia dan juga wilayah Asia lainya. Pohon rambutan banyak di budidayakan hanya diambil buahnya saja. Setiap datangnya musim rambutan dipasar-pasar buah banyak di jajakan rambutan dengan berbagai jenis. 

Pohon rambutan terdapat beberapa jenis dengan nama yang berbeda beda di tiap daerah, yaitu rambutan rapiah, ace, si nyonya, binjai dan masih banyak lagi. Namun jenis rambutan dapat dibedakan antara lain :
- Dari warna kulit buah : rambutan merah kekuningan dan merah tua
- Dari bentuk kulitnya : rambutan berambut panjang dan pendek/gundul
- Dari rasa buahnya : rambutan asam dan manis, mudah ngelotok dan tidak ngelotok


Manfaat Pohon Rambutan Bagi Kesehatan

Tidak disadari ternyata pohon rambutan banyak sekali manfaatnya, hampir semua bagian pohon rambutan dapat di manfaatkan untuk kesehatan tubuh kita. Berikut adalah manfaat setiap bagian pohon rambutan :

1. Kulit Rambutan Berkasiat Mengobati Sakit Disentri & Demam

Cara penggunaanya : 
- Disentri : Kulit buah rambutan sebanyak 10 buah di cuci dan dipotong kecil kecil. Kemudian direbus dengan air sebanyak 3 gelas hingga airnya tersisa setengahnya. Angkat dan biarkan sampai dingin, lalu saring dan minum 2 kali sehari masing masing 3/4 gelas.
- Demam : Rebus kulit rambutan yang telah dikeringkan sebanyak 10 buah dengan air tiga gelas hingga mendidih selama 15 menit. Kemudian saring dan minum 3 kali sehari setelah dingin.

2. Biji Rambutan Berkasiat Untuk Mengobati Penyakit Kencing Manis

Biji rambutan tidak beracun dan mengandung karbohidrat, lemak, protein, dan juga mengandung lemak polifenol cukup tinggi. Komposisi zat-zat kimia dalam biji rambutan tersebut menghasilkan khasiat hipoglikemik (menurunkan kadar gula dalam darah) sehingga biji rambutan banyak digunakan untuk pengobatan alternatif guna menormalkan kadar gula darah penderita kencing manis (diabetes mellitus yang cenderung tinggi).

Cara penggunaanya : Sangrai biji buah rambutan sebanyak 5 biji sampai berwarna hitam, kemudian tumbuk sampai halus. Bubuk biji rambutan seduh dengan air secangkir dan minum 2 kali sehari sampai terasa perubahanya.


3. Daun Pohon Rambutan Berkasiat Mengobati Diare dan Menghitamkan Rambut

Cara Penggunaanya : 
- Diare : Rebus beberapa lembar daun rambutan yang telah di cuci bersih sampai mendidih dan air tersisa hingga setengahnya. Setelah dingin air rebusan disaring dan minum 2 kali sehari hingga sembuh.
- Menghitamkan rambut, baca artikel : Cara menghitamkan rambut beruban dengan daun buah Rambutan

4. Kulit Batang Pohon Rambutan Berkasiat Mengobati Sariawan 

Cara penggunaanya : Ambil kulit batang pohon rambutan sebanyak 3 ruas jari, cuci hingga bersih. Kemudian rebus dengan air 2 gelas hingga mendidih dan air tersisa satu gelas. Air rebusan gunakan untuk berkumur kumur  dalam keadaan hangat.

Advertisement advertise here
 
ads here