-->
ads here
banner

Green House Terbesar Di Dunia, The Eden Project

- 12/16/2014
advertise here
Green House Terbesar Di Dunia, The Eden Project  - Sebuah taman surga yang menakjubkan di bangun oleh pemerintahan Inggris dengan sebutan The Eden Project (proyak eden). Terdiri dari beberapa Green house atau rumah kaca yang berbentuk kubah. Didalamnya terdapat ribuaan species tanaman seluruh dunia. Guiness book of record mencatatnya sebagai rumah kaca terbesar di dunia.

green house terbesar didunia


Pembangunan Proyek Eden

Proyek eden menyulap lembah bekas tambang tanah liat yang sudah tidak terpakai lagi, menjadi kawasan kebun raya yang berfungsi sebagai pusat penelitian, konservasi dan wisata keindahan alam. Tepatnya berlokasi di desa Bodelva, Cornwall, Inggris.  Terdiri dari beberapa green house yang berbentuk kubah atau bola setengah lingkaran yang di sebutnya Biome (bioma).

the eden project


Didalam bioma inilah terdapat berbagai tanaman yang di tata dengan cita rasa seni lanskap yang tinggi, suhu ruangan dan kelembabannya di modifikasi atau diatur sedemikian rupa sehingga suasananya sesuai dengan suasana alam yang di kehendaki. Misalnya suasana alam daerah tropis, atau sub tropis.

Proyek eden ini di bangun oleh Tim Smit, kontruksi di rancang oleh arsitek ternama Nicholas Grimshaw Architecture, sedangkan utilitisnya di rancang oleh perusahaan engineering Anthony Hunt & Associates. Keindahan lampu lampu di rancang oleh Bruce Munro. Proses pembangunannya memakan waktu sekitar dua setengah tahun, dan di buka untuk umum pada tanggal 17 Maret 2001.

the eden project

Bahan yang di pakai dalam pembuatan proyek eden ini dari bahan yang ramah lingkungan. Seperti penutup atapnya yang berbentuk haesagonal (segi enam) berasal dari bahan jenis plastik thermoplastik yang di sebut ETFE. ETFE merupakan hasil daur ulang, lebih murah, ringan, tahan lama dan aman daripada kaca. Pasokan listriknya berasal dari "green listrik" yang bersumber dari turbin angin yang terletak Cornwall. Program listrik hijau ini adalah termasuk yang pertama di Eropa

green house terbesar didunia

Biome Proyak Eden


Biome adalah green house berbentuk gelembung, kubah atau bola setengah lingkaran yang terinspirasi dari bentuk bulan. Didalamya terdapat berbagai spesies tanaman dari seluruh dunia. Proyek eden terdiri dari tiga biome yaitu antara lain :

1. The Tropical Biome / Bioma Tropis

Bioma tropis berukuran luas 1,56 hektar, dengan ukuran 55 meter  tinggi, 100 meter lebar dan 200 meter  panjang. Bioma Tropis diisi dengan tanaman daerah tropis seperti pisang, kopi, karet dan bambu. Karena lebih membutuhkan banyak air, bioma / green house ini menggunakan air hujan yang telah disterilkan sehingga tetap lembab.



2, The Meditteranean Biome / Bioma Medeterania

Bioma Mediterania berukuran 0,654 hektar, dengan ukuran 35 meter tinggi, 65 meter lebar dan 135 meter panjang. Bioma ini adalah green house bagi tanaman Eropa seperti zaitun dan anggur. 

3. The Outdoor Biome / Bioma Terbuka

Bioma Terbuka terdapat tanaman yang tumbuh di luar iklim Inggris seperti teh, lavender dan bunga matahari.



green house terbesar di dunia

Proyek Eden Sebagai Lokasi Suting Film

Sebelum proyek eden di bangun lokasi inisering di gunakan untuk lokasi suting film. Lokasi ini sebelumya berupa lembah tambang tanah liat  yang digunakan selama lebih dari 160 tahun. Pada tahun 1981, lembah ini digunakan oleh BBC sebagai lokasi yang menyerupai permukaan planet Magrathea dalam serial TV, Hitchhiker Guide To The Galaxy, yang berakhir pada pertengahan 1990.

the eden project
Setelah proyek eden rampung di bangun, pada tahun 2002 digunakan sebagai lokasi syuting film James Bond yang terkenal di dunia yaitu Die Another Day yang dibintangi Pierce Brosnan.

Pada tanggal 2 Juli 2005 proyek Eden juga  menjadi tuan rumah event "Africa Calling" live konser dari 8 seri konser. Pada even juga memberikan beberapa tanaman untuk taman British Museum Afrika. Sumber : wikipedia


Green house unik lainya, baca artikel : Green House Unik Berbentuk Kubah dan Ecorium Korea Green house 5 Iklim
Advertisement advertise here
 
ads here