-->
ads here
banner

Kandungan Zat Gizi Dan Manfaat Lidah Buaya/Aloe Vera

- 12/01/2014
advertise here
Kandungan Zat Gizi Dan Manfaat Lidah Buaya/Aloe Vera - Sudah tidak diragukan lagi bahwa tanaman herbal lidah buaya sangat berkasiat untuk pengobatan. Berbagai penyakit dapat di sembuhkan dengan banyak mengkonsumsi lidah buaya atau aloe vera baik penyakit luar maupun penyakit dalam.

manfaat lidah buaya aloe vera
Beragamnya kandungan nilai gizi pada tanaman lidah buaya sehingga bermanfaat bagi kesehatan yang luar biasa. Permintaan akan produk olahan tanaman lidah buaya tak ayal lagi semakin meningkat pula baik olahan yang berupa makanan dan minuman atau berupa obat atau kapsul herbal.

Kandungan Gizi Tanaman Lidah Buaya atau Aloe Vera.

Berikut ini adalah daftar kandungan zat gizi pada tanaman Lidah buaya per 100 gr, yaitu :
- Energi (Kal)     4,00 
- Protein (g)        0,10 
- Lemak (g)        0,20 
- Serat (g)           0,30 
- Abu (g)            0,10 
- Kalsium (mg)  85,00 
- Fosfor (mg)     186,00 
- Besi (mg)        0,80 
- Vit. C (mg)     3,476 
- Vit. A (IU)      4,594 
- Vit. B1(mg)    0,01 
- Kadar Air (g)  99,20 
Sumber : Dinas Kesehatan RI (1992)

Selain itu masih banyak lagi kandungan gizi tanaman lidah buaya yang sangat baik untuk menjaga kesehatan atau proses penyembuhan berbagai penyakit. Kandungan gizi itu berupa zat mineral dan enzim yang mempunyai kasiat pengobatan berbeda beda.


Manfaat Tanaman Lidah Buaya Bagi Kesehatan Tubuh

Menurut wikipedia yang juga mengambil sumber dari Wahyono E dan Kusnandar (2002) tanaman lidah buaya sangat berkhasiat atau bermanfaat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan dapat juga menstimulasi fibroblast yaitu sel-sel kulit yang berfungsi menyembuhkan luka dan membantu proses regenerasi sel. Di samping itu tanaman lidah buaya dapat mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta dapat digunakan sebagai nutrisi pendukung penyakit kanker dan penderita HIV/AIDS.

Tanaman lidah buaya juga dapat menyembuhkan penyakit diabetes karena salah satu zat yang terkandung dalam lidah buaya adalah aloe emodin, sebuah senyawa organik dari golongan  antrokuinon   yang mengaktivasi jenjang sinyal insulin seperti pencerap insulin-beta dan substrat1, fosfatidil inositol-3 kinase dan meningkatkan laju sintesis glikogen dengan menghambat glikogen sintase kinase 3beta, sehingga sangat berguna untuk mengurangi rasio gula darah.

Aloe vera/lidah buaya mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D dan mineral serta 20 dari 22 jenis asam amino.yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Enzim saponin berfungsi sebagai anti mikroba. Dalam penggunaannya untuk perawatan kulit, Aloe vera dapat menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka, mengurangi peradangan serta perbaikan dan peremajaan kulit. 
Masalah komedo yang sering timbul di wajah bisa juga diatasi dengan tanman lidah buaya, dengan cara yang cukup mudah yaitu dengan mengupas lidah buaya dan ambil intinya yang berupa lendir tersebut. Kemudian basuhkan lendir lidah buaya ke area komedo. Komedo hilang, kesegaran wajah terjaga.
Kesulitan mengatasi timbulnya jerawat pada wajah lidah buaya dapat menjadi solusi karena mengandung saponin yang berkhasiat anti bakteri yang sangat efektif untuk menghilangkan dan mengurangi efek pembengkakan jerawat. Selain itu, lidah buaya juga mencegah masuknya bakteri kedalam jerawat yang terkelupas dan mempercepat proses penyembuhan. 

Lidah buaya juga mengandung khasiat anti-jamur serta senyawa antrakuinon dan kuinon yang berfungsi sebagai antibiotik dan penghilang rasa sakit sangat bagus untuk mengobati pembengkakan seperti kista dan bisul.
Advertisement advertise here
 
ads here