-->
ads here
banner

Manfaat dan Kasiat Daun Sereh atau Serai Untuk Menjaga Kesehatan

- 12/10/2014
advertise here
Manfaat dan Kasiat Daun Sereh atau Serai Untuk Menjaga Kesehatan - Serai atau sereh adalah tanaman sejenis rumput yang berdiri tegak seperti halnya rumput alang alang. Tanaman ini biasa di manfaatkan untuk bumbu berbagai masakan, sedikit sekali yang memanfaatkan untuk menjaga kesehatan karena sereh atau serai ternyata banyak kasiatnya untuk pengobatan.

Selain bermanfaat untuk bumbu masakan dan berkasiat untuk menjaga kesehatan, daun serai dapat juga di manfaatkan untuk keperluan lain. Misalnya untuk memperindah taman rumah sekaligus sebagai penyediaan apotik hidup di rumah kita. Selain daun, tanaman serai/sereh dapat juga diambil minyak atsirinya yanag dapat di manfaatkan juga untuk berbagai keperluan seperti untuk aroma terapi dan mengusir nyamuk di rumah.

manfaat tanaman serai untuk kesehatan

Komposisi Kimia Daun Serai/Sereh

Daun serai atau sereh yang nama latinnya Cymbopogon nardus banyak mengandung unsur kimiawi yang sangat bermanfaat. Dia dalam daun serai mengandung 0,4% minyak atsiri dengan komponen yang terdiri dari sitral, sitronelol (66-85%), (a-pinen, kamfen, sabinen, mirsen, ß-felandren, p-simen, limonen, cis-osimen, terpinol, sitronelal, borneol, terpinen-4?ol, a-terpineol, geraniol, farnesol, metil heptenon, n-desialdehida, dipenten, metil heptenon, bornilasetat, geranilformat, terpinil asetat, sitronelil asetat, geranil asetat, ß-elemen, ß-kariofilen, ß-bergamoten, trans-metilisoeugenol, ß-kadinen, elemol, kariofilen oksida. 

 Pada penelitian lain pada daun ditemukan minyak atsiri 1% dengan komponen utama (+) sitronelol, geranial (lebih kurang 35% dan 20%), disamping itu terdapat pula geranil butirat, sitral, limonen, eugenol, dan metileugenol. Sitronelol hasil isolasi dari minyak atsiri sereh terdiri dari sepasang enansiomer (R)-sitronelal dan (S) sitronelal. Pada jenis Cymbopogon yang lain (Cymbopogon giganteus chiovenda) mengandung minyak atsiri yang terdiri dari limonen, p-mentha-1,5, 8-trien; 1,2 limonenoksida; p-mentha-2,8-dien-l-ol; Dekan-2,4dien-l-ol; p-metilasetofenon; trans-p-menta-1(7), 8dien-2-ol; Decan-2, 4-dienal; isopiperitenol; cis-p.menta-1 (7), 8-dien-2-ol; cis carveol; carvone; isopiperitenon; cuminil alkohol; perililaldehid; perilil alkohol. Sumber : IPTEK BPPT



Manfaat atau Kasiat Daun Serai Untuk Kesehatan

Banyak sekali manfaat dari daun serai atau daun sereh yang belum diketahui oleh masyarakat umum, yaitu antara lain :

1. Daun Serai Dapat Mencegah Kanker

Kandungan sitral dalam daun sereh/serai bermanfaat untuk mamatikan sel-sel kanker yang berkembang lebih cepat dari pada sel-sel tubuh kita. Namun demikian meminum rebusan daun sereh tidak serta merta dapat menyembuhkan kanker secara permanen malainkan membantu penyembuhan dan pencegahan.

2. Daun Serai Bermanfaat Sebagai Detoksifikasi

Daun serai sangat bagus untuk memperlancar / peluruh air kencing, dengan demikian artinya dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh serta meningkatkan kinerja hati, ginjal, pankreas dan lambung / pencernaan.

3. Minyak Serai Barmanfaat Untuk Sisitem Saraf

Minyak yang terkandung dalam daun serai yang sering juga di sebut minyak atsiri daun serai bermanfaat meningkatkan fungsi saraf karena minyak serai mempunyai efek menghangatkan dan melemaskan/mengendorkan otot yang kejang.

4. Daun Serai Mengandung Senyawa yang Bersifat Analgesik

Kasiat lain dari daun serai adalah adanya senyawa yang bersifat analgesik artinya senyawa tersebut dapat mengurangi rasa sakit pada peradangan dan iritbilitas seperti sakit gigi, nyeri otot/sendi nyeri haid, dll.

5. Daun Serai Berkasiat Memperhalus Kulit

Daun serai juga berkasiat dapat memperhalus kulit yaitu menyembuhkan jerawat, felk pada kulit dan eksim atau penyakit kulit lainya.

6. Daun Serai Bermanfaat Untuk Menguragi Bau Mulut dan Bau Badan

Kandungan kimiawi lain dalam daun serai adalah bermanfaat bersifat antioksidan yaitu dapat membunuh mikroorganisme dalam tubuh sehingga air rebusan daun serai baik sekali untuk berkumur dan mandi. Bau badan maupun bau mulut pada dasarnya disebabkan oleh adanya aktifitas mikro organisme yang ada dalam mulut atau tubuh kita.



Advertisement advertise here
 
ads here