-->
ads here
banner

Kandungan Gizi Dan Manfaat Jamur Tiram

- 4/19/2015
advertise here
Kandungan Gizi Dan Manfaat Jamur Tiram - Belum banyak yang mengetahui bahwa jamur tiram putih banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Hal itu dikarenakan kandungan gizi atau nutrisi yang terkandung dalam jamur tiram sangat tinggi. Sehingga konsumsi jamur ini sangat di anjurkan atau di masyarkatkan dalam rangka perbaikan gizi masyarakat.

kandungan gizi dan manfaat jamur tiram

Kandungan Gizi Jamur Tiram

Jamur Tiram yang di kenal dengan bahasa latinnya Pleorotus ostreatus adalah salah satu bahan makanan dengan kandungan gizi tinggi. Kandungan utamanya protein, karbohidrat, kalori, lemak, vitamin, dan mineral.

Berikut adalah komposisi atau kandungan gizi dalam 100 gr jamur tiram, menurut hasil penelitian Sunan Pongsamart, biochemistry, Faculty of Pharmaceutical Universitas Chulangkorn  : 
- Protein : 10,5 - 30,4 %
- Kalori : 367 Kal
- Karbohidrat : 56.6%
- Lemak : 1,7 - 2,2 %
- Thiamin : 0,2 mg
- Riboflavin : 4,7 - 4,9 mg
- Niasin : 77,2 mg
- Kalsium : 314 mg
- Serat :7,4- 24,6 %

Kandungan lemak dalam jamur tiram adalah lemak tak jenuh yang baik untuk dikonsumsi bagi orang yang menderita hiperkolesterol maupun gangguan metabolisme lipid lainnya. Vitamin penting lainnya yang juga terkandung dalam jamur tiram antara lain Vitamin B (thiamin, riboflavin, niasin), vitamin C dan vitamin D

Mineralnya juga cukup tinggi mencapai 56 - 70 % dari total abu. Mineral dalam jamur tiram antara lain : kalium, phosfor, natrium, calsium dan magnesium.



Manfaat Jamur Tiram Putih Bagi Kesehatan

Dilihat dari kandungan gizinya yang tinggi maka jamur tiram baik untuk di konsumsi. Berbagai olahan dapat di buat dengan jamur tiram ini seperti kripik jamur, mie ayam jamur dll. Kecuali itu manfaat jamur tiram sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita antara lain :

- Menurunkan Kolesterol
- Anti tumor
- Anti bakteri
- Antivirus (termasuk virus AID)
- Anti Nematoda (cacing)
- Mencegah penyakit diabetes
- Mencegah Penyakit liver
- Mencegah penyakit anemia
- Meningkatkan sistem imum atau kekebalan tubuh

Demikian manfaat dan kandungan gizi jamur tiram putih yang baik untuk konsumsi sehari hari.
Sumber : Wikipedia

                   Cara budidaya Jamur Tiram Tanpa Baglog
Advertisement advertise here
 
ads here