Jasa Taman Dan Tanam Rumput

Hub : 0812 9711 5645

BROTOWALI ATAU ANTAWALI OBAT PENYAKIT DIABETES

Brotowali / Antawali
Brotowali Atau Antawali Obat Penyakit Diabetes - Tanaman asli nusantara yang sudah terkenal sejak lama yaitu Brotowali, bahasa ilmiahnya Tinospora crispa ternyata banyak kasiatnya. Orang jawa biasa menggunakanya untuk menambah nafsu makan. Rasanya memang pahit kali. Hal ini karena tanaman Brotowali atau biasa disebut oleh orang sunda Antrawali, mengandung Zat yang berasa pahit pikroretin, selain itu mengandung juga Alkaloid,  glikosida pikroretosid, harsa, berberin dan palmatin yang sangat banyak manfaatnya.

Brotowali adalah tumbuhan liar dari hutan, yang sudah banyak di manfaatkan dan ditanam dihalaman dekat pagar. Atau biasa ditanam sebagai tumbuhan obat. Tanaman ini menyukai tempat panas, berjenis tanaman perdu dan merambat. Tinggi batang hingga sampai 10 m jika dibiarkan tumbuh memanjang. Batang sebesar jari kelingking, berbintil-bintil rapat rasanya pahit. Daun tunggal, bertangkai, berbentuk seperti jantung atau agak budar telur berujung lancip yang panjangnya 7 - 12 cm, lebar 5 - 10 cm. Bunganya kecil, warna hijau muda, berbentuk tandan semu. Untuk memperbanyak tanaman ini dapat dilakukan dengan stek batang.

Kegunaan Brotowali

Brotowali dimanfaatkan dari batangnya dan berguna untuk mengobati berbagai penyakit, yaitu antara lain :
1. Rheumatic arthritis, rheumatik sendi pinggul (sciatica), memar.
2. Demam, merangsang nafsu makan, demam kuning.
3. Kencing manis/Diabetes Mallitus


Cara Pemanfaatan Tanaman Brotowali

1. Rheumatik  
1 jari batang brotowali dicuci dan potong-potong seperlunya, kemudaian direbus   dengan 3 gelas air sampai menjadi 1,5 gelas.  Setelah dingin  disaring, ditambah madu secukupnya, minum.  Sehari 3 x 1/2 gelas.

2. Demam kuning (icteric) 
1 jari batang brotowali dicuci dan potong-potong, direbus dengan 3 gelas air sampai menjadi 1,5 gelas. Diminum dengan madu  secukupnya. Sehari 2 x 3/4 gelas. 

3. Demam  
2 jari batang brotowali direbus dengan 2 gelas air, sampai menjadi 1 gelas.  Setelah dingin, diminum dengan madu secukupnya. Sehari 2x  1/2 gelas.

4. Kencing Manis 
1/3 genggam daun sambiloto, 1/3 genggam daun kumis kucing, 3/4  jari ± 6 cm batang brotowali dicuci dan dipotong-potong, direbus dengan 3 gelas air sampai menjadi 2 gelas. Diminum setelah makan, sehari 2 X 1 gelas.

5. Kudis (scabies) 
3  jari batang brotowali, belerang sebesar kemiri, dicuci dan  ditumbuk halus, diremas dengan minyak kelapa seperlunya. Dipakai untuk melumas kulit yang terserang kudis. Sehari 2 x.

6. Luka 
Daun brotowali ditumbuk halus, letakkan pada luka, diganti 2 x perhari.  Untuk mencuci luka, dipakai air rebusan batang brotowali.

Untuk mengobati Penyakit Ginjal baca juga artikel : Atasi Penyakit Ginjal Dengan Kumis Kucing
Share on Google Plus

About Widodo Sukses

    Blogger Comment
    Facebook Comment

3 komentar:

  1. HERBADREAM SOLO : 085702118190
    Bagi rekan semua yang membutuhkan bahan baku herbal atau jamu dalam bentuk fresh/segar/basah, kering/simplisia, dan bubuk/powder untuk keperluan eksport/export, industry/manufaktur, dagang grosir ataupun ecer, salon kecantikan, klinik kesehatan, spa, apotek dan pharmachy/farmasi, penelitian kampus/universitas ataupun perusahaan meliputi bahan : Adas, akar alang-alang, akar pasak bumi, akar purwoceng, akar wangi, bengle/bangle, biji kedawung, biji mahoni, brotowali, bunga melati, cabe jawa, ceplikan/alba, ceplukan/ciplukan, daun bidara arab local, daun dewa, daun insulin, daun jati belanda, daun jati cina, daun jeruk purut, daun keji beling ngukilo, daun kelor, daun meniran, daun mimba, daun salam, daun sambungnyawa, daun sirsak, daun tempuyung, daun ungu, jahe emprit, jahe merah, jinten hitam local, kapulaga, kayu bidara laut, kayu legi/akar manis, kayu manis, kayu rapet, kayu secang, kayu sintok madu, kayu wolo, kencur, ketumbar, klabet/kelabet, klembak, kulit delima, kulit manggis, kumis kucing/remujung, kunir putih/kunyit putih, kunir/kunyit, lada hitam, lada putih/merica, lempuyang/puyang, lengkuas/laos, mahkota dewa, manjakani, mengkudu/pace, merica bolong/buah kayu putih, pegagan, pekak/bunga lawang/starseed, pulosari/pulowaras, rasukangin, rosella merah, rosella ungu, sambiloto, sarang semut, sereh, sirih hijau, tapak liman, temu giring, temu ireng/temu hitam, temu kunci/fingerroot, temu mangga, temu putih, temulawak, tribulus, dan widoro upas/bidara upas, dan lain-lain. Kami siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia (jawa : Jakarta, bogor, depok, tangerang, bekasi bandung, solo dan lain-lain, sumatera, kalimantan, Sulawesi, Maluku, irian jaya, bali, nusa tenggara barat dan nusa tenggara timur dan wilayah Indonesia lainnya) dan luar negeri. Bisa suplai kontiyu. Bisa menghubungi HERBADREAM yang berlokasi di SOLO dengan nomer 085702118190. Juga menyediakan bibit daun dewa, bibit sambungnyawa, bibit binahong, bibit yacon/yakon/insulin (tithonia diversifola)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Herba ream Solo, terima kasih atas kunjungannya, untuk promosi jual beli harap di halaman "FORUM". Bebas sharing ilmu dan promosi produk.
      trima kasih

      Delete
  2. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai kedokteran. kedokteran merupakan suatu ilmu yang sangat penting untuk dipelajari untuk memenuhi kebutuhan pangan dalam kehidupan sehari-hari. Saya memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai pertanian yang dapat dilihat di Kedokteran

    ReplyDelete

- Bebas berkomentar dengan bahasa yang sopan dan santun tanpa unsur sara.
- Lebih seru kunjungi : "Forum Asyik Berkebun" untuk Sharing, Tanya-jawab, Promosi usaha/jual-beli, dll.
- Untuk teman BLOGGER dilarang keras "Copy Paste" artikel ini.