-->
ads here
banner

JAMUR MERANG MENGANDUNG GIZI YANG TINGGI

- 9/21/2014
advertise here
Jamur Merang Mengandung Gizi Yang Tinggi – Jamur Merang (Volvariella volvacea) merupakan salah satu jamur yang tidak beracun dan dapat di konsumsi, dijadikan menjadi berbagai masakan atau olahan. Misalnya di jadikan sayur sop,pepes, tumis, campuran mie ayam, kripik jamur dan lain-lain. Jamur ini umumnya banyak di budidayakan di wilayah Asia termasuk Indonesia. Namun demikian dipasar pasar modern maupun pasar tradisional Jamur Merang masih jarang di jumpai sehingga harganya masih cukup tinggi.

Sekilas Tentang Jamur Merang

Tidak seperti tanaman pada umumnya, jaur merang adalah termasuk jenis tanaman yang tidak berklorofil atau zat hijau daun. Hidup dari sisa tumbuhan yang sudah mati atau bersifat saprofit. Media yang sering dipakai untuk budidaya jamur merang ini adalah jerami atau merang (dalam bahasa Jawa) sehingga jamur ini disebut Jamur Merang.
Berkembang biak dangan spora. Spora kemudian membentuk benang-benang halus yang di sebut Hifa. Gabungan dari beberapa hifa terbentuklah gumpalan kecil. Gumpalan ini disebut juga Misellium yang menjadi cikal bakal terbentuknya Jamur. Pada stadium pertama terbantuk kepala jamur (pin head), kemudian stadium berikutnya adalah berbentuk kancing dan membesar berbentu telur (egg stadium). Pada stadium telur terus tumbuh bagian batangnya hingga akhirnya mekar membentuk payung. Jamur merang paling bagus di konsumsi pada stadium telur dan kancing.
Kondisi lingkungan yang baik untuk pertumbuhan jamur merang adalah pada suhu 28 - 35oC dengan kelembaban udara 60 – 80% dan derajat keasaman (pH) media tanam 4,7 – 7. Untuk membuat kondisi lingkungan seperti itu maka para pembudidaya jamur menggunakan tempat yang tertutup terpal yang di sebut Tombong dengan pemberian uap air panas. Baca juga : Cara Budidaya Jamur Merang Dengan Media Kardus.

Nilai Gizi Jamur Merang

Jamur Merang sangat baik untuk di konsumsi karena nilai gizinya yang cukup baik. Ber kadar lemak rendah tetapi kadar kalsium dan posfor cukup tinggi. Berikut adalah kandungan gizi setiap 100 gr jamur merang segar :
·         Air...................... 93,3%
·         Karbohidrat........ 2,68%
·         Lemak................ 0,3%
·         Protein.............. 1,8%
·         Abu................... 1,2%
·         Kalsium............. 30 mg
·         Posfor...............37 mg
·         Zat Besi..............0,9mg
·         Vit. B (Thiamin)....0,03mg
·         Vit. B12 (Riboflavin)...0,01mg
·         Niasin......................1,7mg
·         Vit. C.......................1,7mg
·         Kalori......................24mg
( sumber quimino 1981,dikutip dari Meaty sinaga 1998 dan Rismunandar 1982).
Advertisement advertise here
 
ads here