Jasa Taman Dan Tanam Rumput

Hub : 0812 9711 5645

Buah Ajaib, Miracle Fruit, Dapat Merubah Makanan Menjadi Manis

Buah Ajaib, Miracle Fruit,  Dapat Merubah Makanan Menjadi Manis - Buah ini di bilang ajaib bukan karena bentuk dan rasanya. Rasa dan bentuknya biasa saja tetapi uniknya setelah makan buah ini apapun yang kita makan akan berasa manis di lidah kita. Karena uniknya buah ini maka tak heran jika banyak di buru kolektor dan banyak juga orang yang mulai membudidayakanya.

Buah ajaib disebut juga miracle fruit, miracle berry, sweet berry atau miraculous berry, berasal dari Ghana, daratan Afrika Barat. Nama latin buah ajib ini Synsepalum dulcificum. Efek perubahan rasa pada lidah kita menjadi manis dikarenakan adanya kandungan Miraculin. Miraculin adalah senyawa glicoprotein  dan Karbohidrat berantai molekul yang panjang. Ketika buah ajaib ini dimakan maka kandungan miraculin akan tertinggal pada indera pengecap kita dan mengikat proton sehingga akan mengaktifkan indera perasa manis (sweet receptor). Efek ini akan berlangsung hingga miraculin hilang tercuci oleh air liur kita yaitu sekitar 15 -60 menit.

Ciri-ciri Buah Miracle Fruit.

Bentuk buah ajaib ini kecil seperti buah melinjo atau kopi dengan panjang 2 - 3 cm. Ketika matang berwarna merah, dengan rasa hambar dan sedikit manis. Daunya berbentuk oval dengan panjang 5 -8 cm. Batang berwarna putih kecoklatan. Pohon ini dapat berbuah dengan ketinggian 1 - 2 m atau berumur 1-2 tahun sehingga dapat ditanam dalam pot (tabulampot).

Budidaya Buah Miracle Fruit

Pohon buah ajaib atau miracle fruit ini adalah tanaman tropis yang menghendaki sinar matahari yang cukup. Semakin baik penyinaran matahari tentunya akan semakin baik pertumbuhan pohon ini. Tanah yang baik untuk budidaya buah ini adalah tanah dengan pH 5-6 derajat. Tidak ada perawatan khusus untuk menjaga kesuburan pohon Miracle fruit ini. yang terpenting adalah penyiraman dan media tanam yang dipakai adalah campuran tanah humus dan pupuk organik yang baik.

Fungsi Buah Miracle Fruit

Karena adanya kandungan miraculin yang dapat menimbulkan rasa manis pada lidah kita maka buah ini sangat baik di konsumsi untuk para penderita diabetes mallitus. Dengan di batasinya konsumsi gula sehingga para penderita diabetes sering kali merindukan makanan yang berasa manis. Rasa manis yang ditinggalkan setelah mengkonsumsi buah ini diharapkan kerinduan itu dapat terobati.

Pohon buah ajaib ini dapat juga di tanam di dalam pot (tabulampot) untuk dijadikan hiasan didepan rumah. Ketika pohon ini berbuah akan terlihat cantik menghiasi halaman rumah kita.
Share on Google Plus

About Widodo Tawar

    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

- Bebas berkomentar dengan bahasa yang sopan dan santun tanpa unsur sara.
- Lebih seru kunjungi : "Forum Asyik Berkebun" untuk Sharing, Tanya-jawab, Promosi usaha/jual-beli, dll.
- Untuk teman BLOGGER dilarang keras "Copy Paste" artikel ini.