Jasa Taman Dan Tanam Rumput

Hub : 0812 9711 5645

Manfaat Dan Kandungan Gizi Susu Kedelai

Manfaat Dan Kandungan Gizi Susu Kedelai - Melimpahnya produk atau hasil panen pertanian khususnya komodity kedelai, harus kita tangkap sebagai peluang untuk wira usaha bidang pertanian, demi kemajuan bangsa khususnya bidang pertanian. Dari beberapa kelebihan yang ada pada kandungan kedelai membuat para inovator merekomendasikan olahan kedelai yaitu susu kedelai sebagai pengganti susu sapi.

Jika pada artikel sebelumnya telah di bahas mengenai Cara Membuat Susu Kedelai Agar Tidak Berbau Langu maka kali ini akan kita bahas kandungan gizi dan maanfaat susu kedelai. Demikian banyak manfaat dan kandungan gizi susu kedelai ini maka pantaslah jika susu kedelai dipilih sebagai pengganti susu sapi bagi orang yang dengan alasan khusus tidak bisa mengkonsumsi susu sapi. Misalnya alergi susu sapi, intoleransi susu sapi pada bayi, penganut vegetarian dll.

Kandungan Gizi Susu Kedelai 

Berikut ini adalah kandungan gizi pada 100 gr susu kedelai :
1. Kalori          : 41 Kkal
2. Protein         : 3,5 gr
3. Lemak         : 2,5 gr
4. Karbohidrat : 5 gr
5. Kalsium       : 50 mg
6. Fosfor          : 45 gr
7. Besi             : 0,7 gr
8  Vit. A          : 200 SI
9. Vit. B1        : 0,08 mg
10. Vit. C        : 2 mg

Coba bandingkan dengan kandungan gizi pada 100 gr susu sapi berikut ini
1. Kalori          : 61 Kkal
2. Protein         : 3,2 gr
3. Lemak         : 3,5 gr
4. Karbohidrat : 4,3 gr
5. Kalsium       : 143 mg
6. Fosfor          : 60 gr
7. Besi             : 1,7 gr
8  Vit. A          : 130 SI
9. Vit. B1        : 0,03 mg
10. Vit. C        : 1 mg
Jika anda menemui kandungan gizi pada susu kedelai ini berbeda dengan yang lain, hal ini bisa saja terjadi karena dengan metode dan cara penelitian serta sample yang berbeda bisa terjadi hasil akhir penelitian yang berbeda pula. Sumber : Aman dan Harjo(1973),  Perbaikan Mutu Susu Kedelai di dalam Botol.

Manfaat Susu Kedelai

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari susu kedelai :
  1. Mencegah Osteoporosis, kedelai mengandung enzim fitoestrogen yang bermanfaat untuk membantu penyerapan kalsium daidalam tubuh kita. Dengan kalsium yang cukup keadaan tulang akan semakin baik.
  2. Mencegah kanker prostat. Selain bermanfaat membantu penyerapan kalsium daidalam tubuh kita enzim fitoestrogen juga dapat menghambat testosteron sehingga mengurangi resiko kanker prostat.
  3. Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kedelai mengandung lesitin yang dapat melarutkan timbunan kolesterol dalam darah sehingga kadar kolesterol akan dapat dikurangi dengan seringnya minum susu kedelai.
  4. Menghambat menopause. Kedelai juga mengandung enzim isoflavon yang dapat mengatur keseimbangan hormon pada wanita sehingga pada wanita menjelang menopause dianjurkan minum susu kedelai untuk mengurangi gejala-gejala menopause dan menghambat tibanya menopause.
  5. Minuman vegetarian. Susu sapi adalah pruduk hewani yang dihindari oleh para vegetarian sehingga sebagai penggantinya susu kedelai pilihan yang tepat.
  6. Menu diat menurunkan berat badan. Kandungan lemak tak jenuh dalam kedelai tidak berakibat pada penimbunan lemak dalm tubuh sehingga susu kedelai adalah pilihan bagi diet penurunan berat badan.
  7. Menyehatkan jantung. Dengan berkurangnya timbunan kolesterol dalam darah sehingga pekerjaan jantung memompa darah akan menjadi ringan jika sering minum susu kedelai
  8. Minuman untuk penderita Autisme. Susu sapi mengandung protein glutein dan kasein yang dapat mengakibatkan gangguan pada fungsi otak sehingga penderita autisme cocok minum susu kedelai karena susu kedelai yidak mengandung kedua protein tersebut. Autisme adalah gangguan perkembangan yang terjadi pada masa anak-anak, sehingga membuat seseorang tidak mampu mengadakan interaksi sosial dan seolah-olah hidup dalam dunianya sendiri.
  9. Mencegah penuaan dini. jika sering mengkonsumsi susu kedelai maka akan terlihat awet muda karena kedelai mengandung senyawa Anti aging yang dapat mencegah kerutan di wajah atau kulit.
  10. Mencegah Kanker. Selain mengandung senyawa anti aging kedelai juga mengandung zat anti oksidan  yang bermanfaat menangkal radikal bebas pemicu timbulnya penyakit kanker.
  11. Mencegah sakit kepala sebelah(migrain). Mengkonsumsi susu kedelai secara teratur dapat mencegah dan meredakan migraine; terutama yang disebabkan oleh deffisiensi zat gizi.
  12. Mengatasi intoleransi laktosa. ada beberapa bayi yang tidak bisa minum susu sapi (intoleransi laktosa) dengan ditandai muntah dan diare. Susu kedelai adalah pilihan alternatif terbaik sbagai pengganti susu sapi. Dari berbagai sumber.
Share on Google Plus

About Widodo Tawar

    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 komentar:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Psikologi. Perkembangan psikologi manusia sekarang ini harus sangat diperhatikan agar mereka tidak berkembang dengan mental yang salah. Saya memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai psikologi yang dapat dilihat di www.ejournal.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete
  2. for me pregnant women was remarkable in that he maintains the baby after birth is noble women so the men do not sakitin women because women not to disakitin but given affection
    http://www.sanadomino.com/

    ReplyDelete

- Bebas berkomentar dengan bahasa yang sopan dan santun tanpa unsur sara.
- Lebih seru kunjungi : "Forum Asyik Berkebun" untuk Sharing, Tanya-jawab, Promosi usaha/jual-beli, dll.
- Untuk teman BLOGGER dilarang keras "Copy Paste" artikel ini.