-->
ads here
banner

Cara Membasmi Nyamuk Demam Berdarah Dengan Bakteri Wolbachia

- 11/18/2014
advertise here
Cara Membasmi Nyamuk Demam Berdarah Dengan Bakteri Wolbachia - Selama ini membasmi nyamuk Aedes aegypti (nyamuk penyebab penyakit demam berdarah)biasa dilakukan secara kimiawi yaitu dengan cara pengasapan atau fogging, misting atau pengkabutan dan spraying. Namun akhir akhir ini universitas UGM mencoba melakukan pembasmian secara alamia, yaitu dengan menggunakan bakteri Wolbachia.
bakteri wolbachia
Bakteri Wolbachia untuk membasmi nyamuk.

Tecknologi wolbachia dinilai efektif karena aman, tidak menimbulkan efek samping bagi manusia serta berkelanjutan dalam upaya mengurangi populasi nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk aedes dengan ciri khasnya yang berwarna belang-belang hitam putih merupakan vektor penyebab penyakit deman berdarah. Pada musim penghujan biasanya wabah penyakit demam berdarah ini selalu meningkat. Baca juga artikel : Urban Pest, Hama Jaman Modern Perkotaan

Sekilas Tentang Bakteri Wolbachia

Mungkin hanya orang akademisi dan expert di bidang bakteri yang mengetahui bakteri wolbachia. Tetapi tidak ada salahnya jika kita juga mengetahui. Menurut wikipedia Indonesia bakteri  Wolbachia merupakan genus bakteri yang hidup sebagai parasit pada hewan artropoda (kelompok binatang serangga). Bakteri ini menyebabkan infeksi pada hewan tempat hidupnya. Akibat dari infeksi wolbachia adalah terjadinya partenogenesis (perkembangan sel telur yang tidak dibuahi), kematian pada hewan jantan, dan feminisasi (perubahan serangga jantan menjadi betina). 

Bakteri ini tergolong ke dalam gram negatif, berbentuk batang, dan sulit ditumbuhkan di luar tubuh inangnya. Berdasarkan studi filogenomikWolbachia dikelompokkan menjadi 8 kelompok utama (A-H). Bakteri tersebut banyak terdapat di dalam jaringan dan organ reproduksi hewan serta pada jaringan somatik. Inang yang terinfeksi dapat mengalami  inkompatibilitas (ketidakserasian) sitoplasma, yaitu suatu fenomena penyebaran faktor sitoplasma yang umumnya dilakukan dengan membunuh progeni (keturunan) yang tidak membawa/mewarisi faktor tersebut.

Cara Membasmi Nyamuk Demam Berdarah Dengan Bakteri Wolbachia.

Dari uraian tersebut diatas dapat di pahami bahwa bakteri wolbachia hanya dapat hidup dengan menempel secara parasit pada binatng jenis serangga dan melata. dengan cara hidup parasit inilah yang di manfaatkan untuk membunuh serangga dalam hal ini nyamuk aedes aegypti. 

Bakteri Wolbachia di biakan pada nyamuk aedes aegypty sehingga menghasilkan keturunan yang telah terinfeksi bakteri wolbachia. Dengan begitu keturunannya akan berinterkasi dengan nyamuk yang tidak membawa wolbachia, menghasilkan telur yang tidak dibuahi dan kematiah pada nyamuk jantan sehingga lambat laun nyamuk akan musnah secara alami. Itulah yang dilakukan oleh Tim Peneliti Eliminate Dengue Project (EDP) Universitas Gadjah Mada yang di ketuai oleh Prof. Dr. Adi Utarini. Baca juga artikel : Ribuan Telur Nyamuk Demam Berdarah Dilepas Di Bantul Jogjakarta
Advertisement advertise here
 
ads here