Jasa Taman Dan Tanam Rumput

Hub : 0812 9711 5645

Cara Menanam Rumput Gajah Mini Langsung Jadi.

Cara Menanam Rumput Gajah Mini Untuk Taman Rumah/Kantor - Rumput gajah mini adalah salah satu rumput yang banyak di gunakan untuk membuat taman. Tidak heran jika rumput ini banyak dipilih karena cara penanam gajah mini sangat mudah, begitu juga perawatanya. Namun begitu banyak juga yang mengalami kegagalan dalam menanam rumput ini dikarenakan tidak tahu tekniknya.

Saksikan video cara menanam rumput yang benar

Jasa tanam rumput profesional, sekitar Jakarta : 0812 9711 5645

Akhir-akhir ini popularitas rumput gajah mini dikalangan landscaper cukup baik bahkan mempu menggeser popularitas rumput jenis lain seperti rumput gajah biasa, rumput peking, dan rumput manila. Semakin banyak orang menanam rumput gajah mini untuk mempercantik taman rumah atau kantor.

Cirikhas Rumput Gajah Mini

Rumput gajah mini dengan nama latin Pennisetum purperium schamach mempunyai ciri yang mirip dengan rumput gajah biasa. Yang membedakan rumput gajah mini dengan rumput gajah biasa adalah bentuknya yang kerdil sehingga jika pertumbuhanya subur dan rapat akan terlihat lebih halus seperti karpet. Ciri lain yang membedakan rumput gajah mini dengan rumput gajah biasa, anatra lain :


- Warna hijau lebih tua/pekat dari pada rumput gajah biasa
- Daun bulat atau oval lebih pendek dari rumput gajah biasa.
- Pertumbuhanya lebih lambat jika dibandingkan dengan rumput gajah biasa.
- Jarak antara ruas batangnya pendak sekali yaitu kurang lebih dibawah 1cm.

Suasana yang cocok untuk pertumbuhan rumput gajah mini adalah suasana setengah teduh. Terlalu terik matahari rumput ini akan terlihat gosong karena pada ujung daun akan coklat/kering. Tetapi terlalu teduh tidak ada sinar matahari juga tidak bisa tumbuh dengan baik sehingga akan terlihat jarang jarang, lamabat laun akan mati.


Cara Penanaman Rumput Gajah Mini Agar Terlihat Langsung Jadi

Cara penanaman rumput gajah mini pada dasarnya sama dengan rumput jenis lain. Tetapi jika anda menghendaki rumput yang tertanam langsung kelihatan jadi/tumbuh, tahapan-tahapanya antara lain sebagai berikut :

1. Penggemburan tanah 

Penggemburan tanah dilakukan dengan cara mencangkul dan membalikkan tanah minimal kedalaman 10cm. Jika hasil cangkulan berupa bongkahan besar maka perhaluslah dengan mencangkul kembali. pada area luas dapat dilakukan dengan menggunakan mesin traktor untuk mempercepat efisiensi pekerjaan. Taburkanlah pupuk kandang yang sudah jadi dan steril, untuk menghindari tumbuhnya rumput liar

2. Pembentukan atau perataan kontur tanah

Setelah tanah gembur dan tercampur dengan pupuk kandang maka bentuklah kontur tanah sesuai dengan keinginan anda. Bisa berbentuk gunungan, susunan yang bertingkat tingkat atau bentuk lainya. yang harus diperhatikan dalam perataan tanah ini adalah jangan sampai ada cekungan yang berpotensi membuat genangan air. Karena jika ada genangan air maka rumput bakan tidak subur bahakan mati.

3. Penanaman lempengan rumput gajah mini

Penanaman rumput dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu

- Bibit rumput berupa cacahan batang rumput
Hal ini dilakukan jika bibit rumput yang ada sangatlah minim sehingga untuk memperoleh hasil tanam yang luas rumput gajah mini dapat di cacah atau di cincang dengan panjang minimal 3cm lalu disebar di area tanam dan ditimbun tanah tipis.

- Bibit rumput berupa lempengan rumput gajah mini yang di tanam jarang.
Jika stock bibit rumput gajah mini sedikit namun mencukupi untuk di tanam jarang maka lempengan tidak perlu di cacah/cincang, tetapi ditanam agak jarang yaitu dengan interval 5-7cm. Jika terlalu jarang proses penutupan tanah akan lambat dan kalah dengan pertumbuhan rumput liar.

- Bibit rumput gajah mini berupa lempengan yang ditanam rapat
Penanaman bibit rumput gajah mini berupa lempengan yang ditanam dengan sangat rapat dilakukan jika stocknya banyak atau bahkan lebih. Hasil yang diperolehpun akan langsung terlihat bagus seperti sudah tumbuh lama.

4. Pemukulan dengan papan atau balok kayu

Setelah bibit rumput tertanam semua maka langkah berikutnya rumput gajah mini di pukul perlahan dengan menggunakan papan atau balok kayu. Tujuanya adalah agar akar rumput dapat menempel erat dengan tanah. Kecuali itu juga untuk menghilangkan gelombang tanah Sehingga terlihat rata dan rapi.

5. Penyiraman

Tahapan akhir dari penanaman rumput gajah mini adalah penyiraman untuk menghindari dehidrasi rumput karena terjemur sinar matahari. Penyiraman dapat dilakukan sampai benar-benar basah sampai ke tanah/akar. Taburkan pupuk urea tipis untuk mempercepat pertumbuhan rumput gajah mini.

Demikian cara menanam rumput gajah mini agar langsung terlihat jadi atau tumbuh bagus.


Jasa tanam rumput proofesional, sekitar Jakarta : 0812 9711 5645




Baca juga artikel Terkait : 
Share on Google Plus

About Widodo Tawar

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

- Bebas berkomentar dengan bahasa yang sopan dan santun tanpa unsur sara.
- Lebih seru kunjungi : "Forum Asyik Berkebun" untuk Sharing, Tanya-jawab, Promosi usaha/jual-beli, dll.
- Untuk teman BLOGGER dilarang keras "Copy Paste" artikel ini.