Jasa Taman Dan Tanam Rumput

Hub : 0812 9711 5645

Merawat Rumput Gajah Mini Agar Terlihat Seperti Karpet

Merawat Rumput Gajah Mini Agar Terlihat Seperti Karpet - Taman yang di penuhi bunga berwarna warni dengan paduan rumput gajah mini yang terlihat seprti hamparan karpet atau permadani berwarna hijau, menjadi penyejuk mata pada setiap orang yang memandang.

Jika anda mempunyai taman seperti itu di halaman rumah walaupun kecil pastinya akan memberikan kenyamanan tersendiri, layaknya seperti tinggal di surga. Untuk memuwujudkan hal itu tentu di butuhkan perawatan yang serius, perhatian extra bukan hanya sekedarnya saja. Seperti apa perawatan taman khususnya rumput gajah mini agar terlihat seperti karpet hijau yang sejuk di pandang mata, akan kita bahas pada edisi kali ini.

Jasa tanam rumput profesional, sekitar Jakarta : 0812 9711 5645

merawat rumput gajah mini

Yang Harus Diperhatikan Sebelum Penanaman Rumput Gajah

Keberhasilan perawatan rumput gajah mini sangat dipengaruhi oleh tahapan-tahapan dalam penanaman sebelumnya yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya yaitu Cara Penanaman Rumput Gajah Mini Langsung Jadi .

Saksikan juga video Cara Menanam Rumput Yang Benar di bawah ini :


Tidak ada salahnya jika sedikit di ulas kembali, karena ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap perawatan rumput gajah mini. Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada waktu penanaman rumput gajah mini berlangsung, yaitu antara lain

1. Kesuburan Tanah

Kesuburan tanah menjadi hal sangat penting pada penanaman rumput gajah mini yang pada akhirnya juga akan berpengaruh pada perawatan selanjutnya. Jika lahan yang akan ditanamai rumput gajah mini sudah dipastikan tanah berhumus, maka rumput akan tumbuh dengan baik/subur. Tetapi jika lahan yang akan ditanami rumput gajah mini adalah tanah galian kemungkinan tanah tersebut tidak subur, untuk itu perlu adanya penambahan tanah minimal 15 cm dengan tanah humus/top soil dan juga pupuk kandang. Tanah yang subur akan mempermudah dalam perawatan rumput gajah mini berikutnya.

2. Lokasi Penanaman Rumput Gajah Mini

Pilihlah lokasi yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu teduh. Rumput gajah mini lebih mnyukai suasana setengah teduh. Jika lahannya terkena terik matahari penuh sebaiknya padukan dengan tenaman pelindung yang dapat mengurangi sinar matahari langsung seperti pohon palm palm-an. Tetapi jika kondisi lahannya terlalu teduh jangan ditanami rumput gajah pasti hasilnya akan sia sia walaupun telah dirawat dengan extra. Anda dapat menggantinya dengan mambuat hamparan batu bulan yang berwarna putih, hijau atau jenis taman yang lainnya.

3. Cara Penanaman Rumput Gajah Mini

Cara penanman yang tidak memperhatikan perataan tanah akan berpengaruh pada hasil akhir hamparan rumput yang bergelombang dan tidak rata. Perataan tanah dapat diatur dan diratakan sebelum penanaman dengan cangkul dan setelah penanaman yaitu dipukul-pukul dengan papan atau balok kayu. Tanah yang rata akan memberikan kesan hamparan rumput gajah mini yang halus seperti permadani.
Baca Juga : Mengenal Jenis Jenis Rumput Taman

Cara Merawat Rumput Gajah Mini Agar Terlihat Seperti Karpet Hijau

Tahapan-tahapan perawatan rumput gajah mini agar terlihat seperti hamparan karpet hijau, adalah sebagai berikut :

1. Penyiraman Rumput Gajah Mini

Penyiraman adalah hal yang paling penting yang harus dilakukan dalam perawatan rumput gajah mini karena air adalah sumber makanan utama semua tanaman serta sarana untuk menyerap unsur hara dalam tanah. Frekwensi penyiraman dapat dilakukan sehari minimal 1 kali.

2. Pemupukan Rumput Gajah Mini

Pemupukan bertujuan untuk memberikan tambahan unsur hara yang tersedia dalam tanah. Pupuk yang digunakan dapat dipilih pupuk tunggal atau pupuk majemuk. Pupuk tunggal hanya menhgandung satu unsur hara seperti urea, TSP, KCL dll, sedangkan pupuk majemuk mengandung beberapa unsur hara seperti NPK.

3. Penyiangan Gulma

Seringkali dalam penanaman rumput gajah mini tumbuh rumput liar/gulma. Rumput liar ini sudah pasti akan mengurangi keindahan rumput gajah. Untuk itu perlu dilakukan penyiangan atau pencabutan sesering mungkin. Rumput liar biasanya akan hilang dengan sendirinya apabila rumput gajah mini tumbuh subur dan menutupi tanah.

4. Penggemburan Tanah Rumput Gajah Mini

Ketika rumput gajah tumbugh subur debngan berjalanya waktu tanah pasti akan menjadi padat dan keras. Untuk mengatasinya dapat dilakukan penggemburah tanah yaitu dengan alat garpu tanah. Garpu tanah ditusukkan kedalam tanah dan sedikit di ungkit . Penggemburan tanah bertujuan untuk memudahkan penyerapan air dan aerasi udara dalam tanah.

5. Pemangkasan Rumput Gajah Mini

Pertumbuhan rumput gajah mini yang subur akan berakibat pada kepadatan rumput sehingga terlihat bergelombang. Untuk itu perlu dipangkas agar rumput terlihat rapi dengan menggunakan gunting pangkas besar atau denga mesin potong rumput jika areanya luas. Interval pemangkasan dapat dilakukan 1 hingga 2 bulan sekali tergantung kesuburan rumput gajah mini.

6. Pengendalian Hama dan Penyakit

Rumput gajah mini sangat jarangditemukan ulat pemakan daun. Pada umumnya hama rumput adalah ulat grayak, jika ulat ini terlihat banyak maka dapat di semprot dengan pestisida yang dapat tersedia di toko sarana produksi pertanian terdekat. Dapat juga tumbuh jamur pada akar yang diakibatkan karena bawaan dari pupuk kandang yang tidak seteril. Jamur dapat dilakukan penyemprotan dangan fungisida, seperti dithane atau yang lainya.

Demikian Cara Merawat Rumput Gajah Mini Agar Terlihat Seperti Karpet semoga bermanfaat.

Jasa tanam rumput profesional, sekitar Jakarta : 0812 9711 5645

Baca Artikel Terkait : Cara Menanam Rumput Gajah Mini Langsung Jadi
Share on Google Plus

About Widodo Sukses

    Blogger Comment
    Facebook Comment

5 komentar:

  1. Thanks ,,sangat bagus infonya.. Mampir ya di Animebaru.net

    ReplyDelete
  2. Thanks infonya kebetulan kantor lagi ditanamin rumput gajah mini buat referensi kita

    ReplyDelete
  3. Terima kasih ya, videonya membantu sekali.

    ReplyDelete
  4. Sangat bermanfaat..
    Kami menjual rumput gajah mini dengan harga murah, cek disini.
    www.tukangtaman-online.com/2016/07/rumput-gajah-mini-tahan-panas.html

    ReplyDelete

- Bebas berkomentar dengan bahasa yang sopan dan santun tanpa unsur sara.
- Lebih seru kunjungi : "Forum Asyik Berkebun" untuk Sharing, Tanya-jawab, Promosi usaha/jual-beli, dll.
- Untuk teman BLOGGER dilarang keras "Copy Paste" artikel ini.