-->
ads here
banner

Membuat Gazebo Sederhana Dari Tanaman Merambat

- 12/07/2014
advertise here
Gazebo Dari Tanaman Merambat, Sejuk dan Asri -  Relaksasi atau sekedar menikmati keindahan taman dibawah gazebo adalah suasana yang di dambakan setiap orang. Apalagi dibawah kesejukan yang di ciptakan dengan tanaman hias merambat, nyaman, sejuk dan asri dapat dirasakan sampai kedalam hati yang tidak dapat terlupakan begitu saja.

gazebo sederhana dari tanaman merambat
Berbagai macam bentuk dan desain dapat di buat gazebo yang indah (lihat  : Foto foto gazebo yang unik). Tetapi terkadang terkendala oleh biaya yang di butuhkan tidaklah sedikit. Apalagi harga material bahan bangunan sekarang ini naik terus seiring dengan kenaikan BBM. Kendala masalah biaya inilah yang membuat orang untuk berfikir untuk menciptakan ide ide kreatif yang dapat menghindari masalah tersebut. Bagaimana dapat menciptakan gazebo yang indah sejuk dan asri dengan biaya yang sangat murah?

Jika pada edisi yang lalu telah di bahas mengenai cara membuat green hause sederhana, kali ini akan di bahas mengenai pembuatan gazebo yang sederhana dengan biaya yang murah namun menghasilkan gazebo yang sederhana tetapi tetap kelihatan indah dan sejuk bagi penghuninya. Ide ini muncul saat penulis melakukan lawatan ke Kalimantan Tengah, tepatnya di kota Muara Teweh beberapa hari yang lalu. Saat menunggu keberangkatan travel mata kami tertuju pada salah satu rumah yang membuat gazebo sederhana namun kelihatan indah. Ide ini saya share dengan harapan dapat menginspirasi pembaca web yang sedang mencari ide untuk membuat gazebo namun terkendala msalah biaya, sehingga dapat memunculkan ide lain yang lebih kreatif untuk membuat gazebo yang lebih menarik.

Bahan Dan Peralatan Untuk Membuat Gazebo Sederhana Dari Tanaman Merambat.

- Balok kayu ukuran minimal 4 x 6cm, atau yang lebih besar
- Kayu reng ukuran 2-3cm
- Tanaman merambat seperti : tanaman markisa, pare, flame of irian, likwanyu, alamanda dll
- Gergaji
- Cangkul
- Paku
- Semen dan pasir
- Meja dan tempat duduk


Cara Membuat Gazebo Sederhana dari Tanaman Merambat

Adpun tahapan cara membuat gazebo sederhamna dari tanaman merambat yaitu antara lain :

1. Membuat Kerangka Gazebo.

Buatlah kerangka gazebo dengan tiang balok 4 x 6 cm dengan ukuran 3m x 3m x 3m atau sesuai dengan selera dan luas pekarangan rumah anda. Tiang balok di tanam ke dalam tanah sedalam 20cm diperkuat dengan adukan semen pasir. Untuk rambatan tanaman gunakanlah kayu reng 2-3cm di samping dan diatas rangka gazebo dangan di buat pintu masuk pada salah satu sisinya.

2. Membuat Lantai Gazebo 

Lantai gazebo di buat dengan adukan semen pasir yang di hamparkan pada sisi dalam gazebo, dapat dipadukan dengan batu atau keramik sesuai dengan selera anda. Setelah lantai kering tempatkan meja dan kursi santai diatas lantai tersebut.

3. Menanam Tanaman Merambat

Langkah berikutnya tanamlah tanaman merambat yang sudah dipilih di sisi gazebo. Pada gambar di gunakan rambat dari tanaman pare. Anda dapat memeilih tanaman rambat dari jenis tanaman buah seperti buah markisa, anggur, atau tanaman berbunga seperti flame of irian, sirih sirihan, alamanda, bougenvile dll. agar cepat tumbuh subur jangan lupa gunakan pupuk kandang sewaktu menanam. Tunggulah tanaman merambat sampai menjalar keatas dan menutupi gazebo. Jika demikian gazebo anda sudah dapat di gunakan untuk bersantai dan menikmati kesejukan.

Kelebiahan Gazebo Sederhana Dari Tanaman Merambat

 Kelebihan dari gazebo sederhana dari tanaman merambat ini adalah sebagai berikut;
- Terlihat alami dan indah
- Tercipta kesejukan di bawah naungan tanaman merambat.
- Dapat menghasilkan buah jika di tanam tanaman merambat jenis tanaman buah
- Mudah perwatannya.
- Dapat diganti dengan mudah tanaman merambatnya jika bosan
- Biaya pembuatannya murah/rendah.
gazebo sederhana dari tanaman merambat
Gazebo sederhana, yang dapat anda buat lebih bagus lagi.

Kekurangan Gazebo Sederhana Dari Tanaman Merambat

Adapun kekurangan dari gazebo sederhana ini adalah :
- Tidak dapat menahan air hujan,
- Sering timbul hama seperti ulat bulu pada waktu musim hujan.
- Tidak dapat bertahan samapai puluhan tahun.
- Lantai Gazebo sering kotor oleh daun kering tanaman merambat



Advertisement advertise here
 
ads here