-->
ads here
banner

Budidaya Jambu Kristal Peluang Usaha Menggiurkan

- 1/01/2015
advertise here
Budidaya Jambu Kristal Peluang Usaha Menggiurkan - Rasa Jambu biji yang renyah membuat setiap orang yang mengkonsumsinya sering ketagihan. Hanya saja yang cukup mengganggu ketika mengunyah adalah banyaknya biji yang keras. Adanya jambu biji kristal menjadi jawaban, karena jambu biji kristal memiliki biji yang relatif sedikit dengan daging yang tebal. Teksturnya renyah rasanya pun manis seperti buah pir dan apel.

budidaya jambu kristal

Jambu biji kristal hanya memiliki biji sekitar kurang dari 3% dari berat buah. Lain dengan jambu biji biasa yang memiliki biji hingga 20 %, sehingga keberadaan biji dalam jambu kristal ini tidak mengganggu ketika mengunyahnya. Inilah yang menjadi daya tarik dari jambu biji kristal ini.

Permintaan pasar terhadap jambu biji kristal ini cukup tinggi bahkan beberapa swalayan penyedia buah-buahan sering kehabisan stok. Hal ini di karenakan belum banyak orang yang membudidayakan jambu biji kristal ini. Sehingga peluang usaha budidaya jambu biji kristal sangat terbuka lebar dan sangat menjanjikan.

Harga jambu biji kristal di pasaran masih cukup tinggi yaitu sekitar Rp 25.000 - Rp 30.000 per kg. Berat jambu biji kristal yang besar bisa mencapai 300gr bahkan ada juga yang mencapai 900 gr. Budidaya jambu kristal di Indonesia belum banyak yaitu di daera Malang, Karawang dan Bogor, sehingga untuk memenuhi kebutuhan pasar banyak pengusaha agribisnis masih mengandalkan impor dari Taiwan.



Pohon jambu biji kristal mempunyai karater yang tidak jauh berbeda dengan jambu biji biasa, mungkin bisa di bilang sama. Mudah beradapatasi pada berbagai daerah tropis. Berbuah sepanjang masa tidak mengenal musim seperti buah mangga, rambutan atau buah musiman lainya. Sehingga untuk budidaya Jambu biji kristal ini bagi para petani yang sudah terbiasa budidaya jambu biji tidak lagi mengalami kesulitan. Tinggal mencari bibit dan menambah luas area tanam  atau lahan.

Bibit jambu biji kristal banyak di peroleh dari hasil cangkok atau okulasi seperti halnya jambu biji biasa. Bibit yang berasal dari cangkok dan okulasi lebih cepat berbuah dari pada bibit yang di peroleh dari biji. Yang perlu di perhatikan dalam menanam pohon jambu biji kristal ini adalah pilihlah lahan yang subur, dengan pengairan yang cukup serta berilah pupuk organik sebelum menanam.

Pohon jambu biji kristal yang tingginya 3 m dapat menghasilkan buah minimal 5 kg per bulan. Jika jumlah pohon yang di tanam sebanyak 1000 pohon maka perbulan dapat panen buah jambu biji kristal sebanyak 5.000 kg atau 5 ton. Sehingga dalam sebulan dapat menghasilkan Rp 50.000.000, dengan asumsi harga jual buah jambu biji kristal dari petani Rp 10.000 per Kg.

Keuntungan hasil budidaya jambu biji kristal sangat menggiurkan bukan. Kalau begitu tunggu apalagi, jika sudah ada lahan atau biaya sewa lahan dan beli bibit langsung saja mulai budidaya jambu biji kristal

Advertisement advertise here
 
ads here