-->
ads here
banner

Ciri dan Kasiat Madu Lebah Klanceng

- 2/14/2015
advertise here
Ciri dan Kasiat Madu Lebah Klanceng - Meskipun harganya selangit namun madu klanceng banyak di cari karena memang madu ini mempunyai banyak kasiat dan manfaat. Di pasaran harga madu klanceng bisa mencapai dua kali lipat madu lebah biasa. 150 ml madu klanceng harganya bisa mencapai Rp. 75.000 hingga Rp 100.000.

<src img="madu-klanceng.jpg" alt="madu klanceng">

Harga madu klanceng atau madu trigona tergolong mahal karena di Indonesia belum banyak yang membudidayakannya. Selain itu produksi pertahunnya juga sangat rendah jika di bandingkan lebah madu biasa. Dalam jangka waktu satu tahun, satu koloni lebah klanceng hanya memproduksi madu kurang lebih 1 -2 Kg. Inilah salah satu peluang agribisnis yang masih terbuka lebar.

Ciri Ciri Madu Klanceng Asli

Madu klanceng mempunyai ciri yang berbeda dengan madu lebah biasa. Jika belum pernah melihat dan merasakan madu klanceng tentunya sulit untuk membedakannya. Cirikhas madu klanceng antara lain rasanya agak asam, pahit dan dominan manis tentunya. Hal ini di karenakan kantong madu dan bee pollen menyatu dalam satu tempat. Warna kuning keruh tidak seperti madu biasa yang terlihat bening. Hal ini di karenakan dalam pengambilan madu klanceng agak sulit jika di bandingkan dengan madu lebah biasa.

Namun secara umum madu klanceng sama dengan madu lebah lainya. Cara mengetesnya yaitu dengan cara memasukkanya kedalam freezer, jika madu asli maka tidak akan membeku. Ketika di teteskan kedalam air tidak lekas larut seperti madu campuran. Madu asli berkadar air sangat rendah sehingga sulit untuk larut dalam air jika tanpa di aduk.



Kandungan Gizi Madu Lebah Klanceng

Sudah terkenal dari sejak jaman dahulu bahkan tertulis dalam Alqur'an bahwa madu sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia. Hal ini dikarenakan kandungan gizi yang lengkap dalam madu, baik vitamin, mineral, maupun berbagai enzim yang sangat di butuhkan tubuh. Kandungan gizi dalam madu lebah klanceng antara lain :

- Kandungan Vitamin : Thiamin (B1), Riboflavin (B2), (B3), Asam Askorbat (C), (B5), Piridoksin (B6), Niasin, Asam Pantotenat, Biotin, Asamfolat dan vitamin K

- Mineral : Natirum (Na), Kalsium (Ca), Magnesium (Mg), Alumunium (A1), Besi (Fe), Fosfor dan Kalium (K), Pottassium, Sodium Klorin, Sulfur.

- Enzim-enzim Utama : Diatase, invertasem glukosa oksidase, fruktosa, peroksidase, lipase juga mengandung sejumlah kecil hormon, tembaga, iodium dan zinc. 
Baca juga : Cara Budidaya Lebah Klanceng

Manfaat dan Kasiat Madu Lebah Klanceng

Dengan banyaknya kandungan vitamin, mineral dan enzim-enzim tersebut, tidak heran madu trigona banyak di andalkan dalam menjaga kesehatan tubuh dan meningkatka daya tahan tubuh dari penyakit. Khasiat dan manfaat  madu trigona atau lebah klanceng yaitu antara lain : 
- Meningkatkan daya tahan tubuh
- Mencegah Stroke
- Memperlancar peredaran darah
- Meningkatkan hormone
- Memperkuat fungsi otak dan jantung
- Memperbaiki sel tubuh yang rusak
- Recovery tubuh
- Mengendurkan bagian syaraf yang tegang
- Menghilangkan rasa letih
- Meningkatkan kecerdasan anak
- Dapat dikonsumsi penderita diabetes
- Membantu masa penyembuhan pasca operasi
- Mencegah Kanker dan stroke
- Sangat dianjurkan minum setiap hari untuk dewasa dan Manula dalam mnjaga kesehatan.

Kandungan dan Manfaat Propolis Lebah Klanceng

Kandungan Propolis Trigona antara lain :
- Resin yang mengandung senyawa flavonoid, asam, dan ester fenol (45 – 55%).
- Lilin lebah dan plant origin (25 – 35 %).
- Minyak volatil (10%).
- Polen yang terdiri dari protein (16 asam amino bebas > 1%), arginine danproline berjumlah 46% dari total(5%).
- 14 mineral mikro (Fe dan Zn yang terbanyak), keton, lacton, quinon,steroid, asam benzoat, vitamin, karbohidrat (5%).

Sedangkan khasiat Propolis antara lain :
- Antibiotik alami.
- Antibakteri.
- Antifungal.
- Antivirus.
- Antioksidan.
- Memperkuat sistem kekebalan tubuh.
- Antiseptik.
- Immunostimulan.
- Antitoksin.
- Berperan sebagai anestetik.
- Memperkuat dan mempercepat regenerasi sel.
Dengan khasiat-khasiat ini, propolis dimanfaatkan diantaranya dalam bidang kesehatan, kecantikan, terapi penyakit, pengawet, dan lain-lain.
Sumber : Dari berbagai sumber


Baca Juga : 
Cara Budidaya Lebah Madu Terlengkap
- Mengenal Jenis Lebah Pengahasil Madu
Advertisement advertise here
 
ads here