Jasa Taman Dan Tanam Rumput

Hub : 0812 9711 5645

Cara Budidaya Kroto Semut Rang Rang Skala Rumahan

Cara Budidaya Kroto Semut Rang Rang Skala Rumahan - Istilah kroto sudah tidak asing lagi bagi kita, terutama para pecinta burung kicauan. Kroto adalah telur atau larva dari semut rang rang. Kroto bisa digunakan para pakan burung ocehan, untuk umpan memancing, pakan ikan dll. Harga kroto di pasaran sangat bagus sehingga budidaya kroto semut rang rang adalah peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

Selama ini kroto di peroleh dari alam oleh para pencari kroto. Seiring dengan berkembangnya pemukiman dan berkurangnya alam terbuka serta pepohonan, kroto sulit di cari sehingga harga kroto menjadi sangat mahal. Budidaya kroto yang di hasilkan dari semut rang rang ini menjadi solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan pasar yang semakin meningkat. Budidaya kroto dapat dilakukan dalam skala rumahan atau kecil kecilan maupun skala besar tergantung modal dan luas lahan yang ada.

<src img="budidaya kroto.jpg" alt="budidaya kroto">


Tidak semua semut dapat menghasilkan kroto yang baik. Kroto terbaik yang biasa di cari adalah kroto yang dihasilkan oleh semut rang rang dengan nama latin Oecophylla smaragdina. Semut rang rang banyak di jumpai di seluruh wilayah Indonesia bahkan wilayah Asia dan Afrika.

Tahapan Budidaya Kroto Dari Semut Rang Rang

Adapun tahapan cara budidaya kroto yang dihasilkan semut rang rang skala rumahan adalah sebagai berikut :

1. Pembuatan Kandang / Tempat Budidaya Kroto

Sebagai media untuk berkembangnya koloni semut rang rang dapat di buat dengan menggunakan toples plastik, pipa pvc, batang bambu atau sejenisnya. Media tersebut di susun di atas rak yang diletakkan dalam ruangan atau bedengan. Lebih lengkapnya pembuatan kandang atau sarang untuk budidaya kroto skala rumahan dapat di KLIK DISINI

2. Menyiapkan Bibit Koloni Semut Rang Rang

Bibit koloni semut rang rang dapat diambil dari pohon sekitar rumah kita yang banyak terdapat semut rang rang. Biasanya semut rang rang menyukai pohon dengan daun lebar, karena daun lebar mudah di buat rumah. Untuk mengambilnya tentu tidak mudah karena semut rang rang adalah jenis semut yang agresif yang dapat menggigiti sekujur tubuh kita jika tidak hati hati. Cara mengambilnya, gunakan sarung tangan karet dengan baju lengan panjang. Ambil koloninya dengan memotong ranting yang terdapat koloni semut rang rang, yang di tandai dengan bersatunya beberapa daun dan banyaknya semut rang rang di sekitar daun tersebut.

Jika tidak mau bersusah payah anda dapat membelinya di pembudidaya semut yang harganya masih cukup mahal yaitu antara Rp 100.000 sampai Rp 200.000 per botol atau toples.

Setelah bibit koloni semut rang rang di dapatkan, letakkan bibit semut tersebut di atas toples ataa pipa yang telah di siapkan. Untuk satu rak iga susun cukup memeberikan satu bibit koloni saja, namun lebih banyak lebih baik untuk mempercepat perkembangan kroto yang dihasilkan.

3. Pemeliharaan Koloni Semut Rang Rang

Proses pemeliharaan dalam budidaya kroto semut rang rang skala rumahan ini cukup mudah. Yaitu dengan cara memberikan pakan semut secara rutin. Pakan yang baik untuk mamacu produksi kroto yang tinggi dapat di pilih pakan yang berprotein tinggi. Dapat juga di sediakan air gula sebagai minum dan makanan tambahan. 

Adapun cara pemberian pakan semut rang rang adalah sebagai berikut :
- Pakan semut yang berprotein tinggi dapat diberikan ulat hongkong, belatung, jangkrik, daging ayam atau yang lainnya. Pakan tersebut di letakkan dalam napan kemudian ditaruh di atas toples atai pipa pvc. Bila menggunakan pakan hidup seperti jangkrik sebaknya di lumpuhkan dulu dengan menghilanhkan kakinya agar tidak lari. Daging ayam sebaiknya di masak dulu dan di sediakan dalam potongan kecil kecil yang dapat diangkut oleh semut
- Sebagai minum atau sumber gula dapat di sediakan larutan air gula dengan konsentrasi 1-2 dua sendok gula yang dilarutkan dalam 200 ml air. sediakan setiap raka satu nampan larutan gula yang di taruh dalam nampan. 

Terjaminya pakan semut dapat memacu produksi kroto yang pada akhirnya mempercepat perkembangan semut. Selain itu perlu di ketahui kehidupan semut, agar dapat mengetahui cara pemeliharaan yang baik. Baca artikel : Siklus Hidup Semut Rang Rang Penghasil Kroto

4. Panen Kroto Semut Rang Rang

Pemanenan hasil budidaya kroto semut rang rang dapat dilakukan setelah toples atai pipa pvc sudah di penuhi koloni. Jika belum semua terisi sebaiknya jangan di panen karena akan memperlambat perkembangan koloni semut. Siklus perkembangan semut rang rang dari telur atau kroto hingga menjadi semut memakan waktu kuarang lebih 15 - 20 hari. Sedangakan waktu yang di butuhkan untuk memenuhi setiap toples atau pipa pvc yang tersedia tergantung jumlah toples itu sendiri. 

Adapun cara pemanenan kroto hasil budidaya semut rang rang adalah sebagai berikut :
- Sediakan baskom atau sejenisnya untuk digunakan sebagai wadah kroto.
- Taruhlah ram kawat sebagai saringan diatas baskom
- Pakailah sarung tangan karet dan baju lengan panjang sebelum mengambil koloni semut
- Ambillah toples atau pipa pvc yang telah di penuhi koloni semut, lalu tuanglah pada baskom yang telah di bari saringan ram kawat. Kroto akan jatuk kedalam baskom dan semut tersaring pada kawat.
- Bersihkan toples atau pipa pvc media budidaya semut. Setelah bersih letakakan kembali media tersebut di atas rak budidaya, juga semut yang ada di ram kawat ram.

Baca Juga Artikel :
- Cara Beternak Jangkrik Terlengkap
- Cara Budidaya Ulat Hongkong

Share on Google Plus

About Widodo Sukses

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

- Bebas berkomentar dengan bahasa yang sopan dan santun tanpa unsur sara.
- Lebih seru kunjungi : "Forum Asyik Berkebun" untuk Sharing, Tanya-jawab, Promosi usaha/jual-beli, dll.
- Untuk teman BLOGGER dilarang keras "Copy Paste" artikel ini.