Jasa Taman Dan Tanam Rumput

Hub : 0812 9711 5645

Cara Membuat Sarang Semut Rang Rang

Cara Membuat Sarang Semut Rang Rang - Sarang atau kandang dalam budidaya kroto semut rang rang merupakan tahapan yang sangat penting. Sebetulnya cara pembuatanya cukup mudah dan tidak memerlukan biaya yang tinggi untuk skala rumahan. Tetapi untuk skala besar tentunya memerlukan biaya yang lebih besar pula.

Pada artikel ini hanya di bahas tentang cara membuat sarang semut rang rang, sedangkan cara budidaya semut rang rang dapat dapat di klik  pada link : Cara Budidaya Kroto Semut Rang Rang.
<src img="rak semut rang rang.png" alt="kroto semut rang rang">
Gambar Rak Untuk Budidaya Semut Rang Rang


Adapun tahapan pembuatan sarang semut rang rang mencakup dua tahap yaitu pembuatan rak untuk menempatkan media atau sarang semut dan tahap berikutnya membuat media, sarang semut rang rang dan tempat pakan semut rang rang.

Pembuatan Rak Sarang Semut Rang Rang

Rak untuk menempatkan sarang semut rangrang dapat di buat dari bahan bambu, kayu atau besi, tergantung pada jumlah dana yang ada di kantong saku anda. Bambu tentunya lebih murah dari pada kayu atau besi. 

Dimensi atau ukurannya dapat disesuaikan dengan ukuran lahan atau ruangan yang telah di siapkan. Jika ukuran ruangan anda 3m x 3 m maka dapat dibuat 3 buah rak dengan ukuran 0,5m x 2,5 m, dengan ketinggian hingga 3 susun. 

Yang perlu diperhatikan dalam pembuatan rak adalah berilah tempat air pada setiap kaki rak. Tempat air di berikan di setiap kaki rak di maksudkan untuk mengisolasi semut rang rang agar semut tidak pergi kemana mana, hanya di sekitar rak saja. Jika tidak di beri tampungan air di bawah kaki rak sudah dapat di pastikan semut akan menjalar kemana mana dan justru akan mengganggu kenyamanan anda. Bahkan di khawatirkan akan mudah pergi dari rak, berpindah tempat lain. Untuk menghubungkan dari rak satu ke rak lainya tinggal di beri kayu di rak paling atas sebagai jalur lalu lintas.

Pembuatan Media Koloni Semut Rang Rang 

Media koloni di sini di maksudkan adalah tempat semut rang rang bersarang membuat koloni baru, bertelur dan berkembang biak. Kondisi smedia atau sarang tentunya di sesuaikan dengan kondisi sarangnya di alam bebas. Kondisi sarang yang disukai semut antara lain adanya ruangan gelap dengan intensitas cahaya antara 0,001 - 0,006 lm/m2

<src img="sarang semut rangrang1.jpg" alt="sarang esmut rang rang">
Sarang semut rang rang dari botol air mineral

<src img="sarang semut rangrang3.jpg" alt="sarang emut rang rang">
Sarang semut rang rang dari toples
Bahan yang di gunakan oleh para pembudidaya semut rang rang bermacam macam, diantaranya yaitu toples besar, toples kecil (bekas wadah sosis), bekas botol air mineral, pipa pvc, bambu dll. Media tersebut disusun di atas rak yang telah lebih dahulu kita siapkan.

<src img="sarang semut rangrang.jpg" alt="sarang semut rang rang">
Sarang semut rang rang dari bambu
<src img="sarang semut rangrang4.jpg" alt="sarang semut rang rang">
Sarang semut rang rang dari Pipa PVC

Cara menyusun media tersebut jika media yang di gunakan toples maka di susun terbalik dengan di beri lubang kecil untuk keluar masuk semut. Jika medianya berupa pipa pvc, bambu atau botol air mineral disusun secara horisontal bertumpukan. Media pipa pvc di nilai lebih efektif karena dapat disusun lebih banyak dalam satu rak.

Membuat Tempat Pakan Semut Rang Rang

Tempat pakan semut dapat di buat dari nampan plastik, bambu yang di belah dua atau pipa pvc yang di belah dua. Tempat pakan ini untuk menampung pakan semut seperti air gula ulat hongkong atau yang lainya. Cara meletakkannya dapat di atas media atau sarang semut

<src img="sarang semut rangrang2.jpg" alt="pakan semut">
Tempat Pakan Air Gula
Baca juga artikel : Siklus Hidup Semut Rang Rang Penghasil Kroto
Share on Google Plus

About Widodo Sukses

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. terima kasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat ini. semoga memberikan manfaat bagi pembacanya. saya memiliki artikel sejenis yang bisa anda kunjungi di sini pariwisata

    ReplyDelete

- Bebas berkomentar dengan bahasa yang sopan dan santun tanpa unsur sara.
- Lebih seru kunjungi : "Forum Asyik Berkebun" untuk Sharing, Tanya-jawab, Promosi usaha/jual-beli, dll.
- Untuk teman BLOGGER dilarang keras "Copy Paste" artikel ini.