Jasa Taman Dan Tanam Rumput

Hub : 0812 9711 5645

Siklus Hidup Semut Rang Rang Penghasil Kroto

Siklus Hidup Semut Rang Rang Penghasil Kroto - Semakin meningkatnya permintaan pasar kroto yang di hasilkan dari semut rang rang memacu para pembudidaya atau peternak untuk lebih serius membudidayakan semut rang rang. Hasilnya memang lumayan bahkan bisa di jadikan tumpuhan hidup.

Semua semut sebetulnya menghasilkan kroto namun demikian kroto yang laku di pasaran hanyalah kroto dari semut rang rang. Sejak awal para pencari kroto di alam bebas lebih sering mencari kroto dari semut rang rang karena semut rang rang lebih banyak tersedia di alam, dan kroto yang di hasilkannya pun banyak.

<src img="semut.jpg" alt="semut rang rang">


Semut rang rang dengan nama latin Oecophylla smaragdina sering juga di sebut semut api, semut merah atau semut kararangge. Semut rang rang banyak di temukan di wilayah benua Asia, Afrika maupun India. Ternyata semut bisa di budidayakan. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang budidaya semut rang rang baca artikel : Cara Budidaya Kroto Semut Rang Rang.

Namun ada baiknya juga sebelum membudidayakan semut rang rang kita mengetahui siklus hidup atau cara berkembang biak serta kebiasaan hidup lainya.

Tempat Hidup Semut Rang Rang

Semut rang rang yang sangat terkenal sebagai penghasil kroto terbaik ini banyak di jumpai di hutan, perkebunan atau tempat lainya yang banyak terdapat banyak pepohonan. Pohon yang di sukai semut ini adalah pohon yang berdaun lebar dan lentur. Banyak juga hidup di pohon yang berdaun kecil tetapi lebat daunya. 

Sarang semut ini di bangun secara bergotong royong oleh semua semut pekerja dengan menyatukan atau mengayam beberapa daun hingga menjadi satu bentuk sarang. Sarang inilah yang di jadikan sebagai tempat berkembang biak serta perlindungan dari air hujan dan tiupan angin. 

Dalam setiap koloni semut rang rang terdapat ribuan semut dan akan berkembang terus hingga dalam stu pohon terdapat puluhan sarang. Jika dalam satu pohon sudah penuh maka akan melebarkan kekuasaanya ke pohon pohon sekitarnya.

Makanan Yang Disukai Semut Rang Rang

Makanan yang di sukai semut rang rang adalah jenis makanan yang berkadar gula dan protein tinggi. Makanan yang berkadar gula tinggi di peroleh dari buah buahan manis, nektar bunga atau bersimbiosis dengan kutu penghasil gula. Cairan manis hasil ekskresi kutu aphid di hisap serta memindahkanya ke seluruh bagian pohon. Namun jika populasi semut lebih banyak dari pada kutu aphid maka kutu tersebut akan di mangsanya.

Sedangkan kebutuhan proteinnya di dapatkan dengan memangsa ulat, mapun serangga kecil lainnya. Gigitanya yang kuat serta racunya yang melumpuhkan di jadikannya sebagai senjata untuk berburu mangsa. Tidak luput pula binatang yang lebih besar seperti burung, tikus dll, akan di lumpuhkannya secara bergotong royong.

Siklus Hidup / Perkembang Biakan Semut Rang Rang


Semut rang rang adalah salah satu jenis serangga yang berkembang biak dengan cara bermetamorfose sempurna. Yaitu dengan siklus dari telur - larva - pupa - imago - adult atau dewasa. Siklus perkembang biakan semut tersebut terjadi dalam kurun waktu 15 - 20 hari.

<src img="siklus hidup semut.jpg" alt="siklus hidup semut rang rang">

Sebelum berkembang biak semut biasanya menyiapkan sarang dengan menyatukan beberapa daun untuk di jadikan sarang, sebagai tempat perlindungan. Sarang di buat pada pohon yang tinggi dengan maksud untuk menghindari gangguan dan mencari daun pucuk yang lebih lentur dan dapat bertahan lama, tidak segera rontok.

Kasta Dalam Koloni Semut Rang Rang

Semut adalah binatang sosial yang sangat sempurna. Bersinergi dan bekerja bersama sama sesuai dengan tugasnya masing masing, tidak ada gesekan atau pertengkaran dalam satu koloni. Apabila berpapasan meraka saling berciuman memeberikan tanda bahwa mereka masih satu koloni. Karena persatuannya yang kuat ini maka sering di takuti binatang yang lebih besar berkali kali lipat dengan ukuran tubuhnya.

Dalam satu koloni semut rang rang terbagi dalam beberapa kasta. Masing masing kasta mempunyai tugas masing masing. Kasta itu antara lain:

1. Semut Ratu

Semut ratu mempunyai tugas hanya bertelur, tidak kemana mana hanya berdiam di dalam sarang. telurnya mencapai ribuan butir. Ukuran tubuh semut ratu paling besar dari pada semut lainnya hingga sepuluh kali lipat dari semut rang rang lainnya, dengan warna hijau kemerahan.

2. Semut Pejantan

Semut pejantan bertugas mengawini semut ratu. Bentuk tubuhnya berukuran lebih kecil dari pada semut ratu. Semut pejantan ini tidak berumur panjang seperti semut lainnya, setelah mengawini satu ratu semut pejantan ini akan segera mati.

3. Semut Pakerja

Semut pekerja mempunyai tugas menjaga telur, larva, pupa maupun imago (semut muda). Semut pekerja ini sebetulnya semut betina tetapi mandul. Bentuk tubuhnya palin kecil diantara semut lainnya, kuang lebih 0,5 - 0,6 cm.

4. Semut Prajurit

Semut prajurit mempunyai tugas menjaga koloni atau sarang dari gangguan binatang lain. Karena tugas sebagai penjaga semut ini bersifat agresif, dengan rahang yang kuat dan kaki yang lebih besar, ukuranya pun lebih besar dari semut pekerja, kurang lebih 0,8 - 1 cm. Tugas lainya dari semut prajurit adalah mencari dan mengangkut makanan. Jumlah semut prajurit dalam satu koloni paling banyak di bandingkan semut pekerja.


Share on Google Plus

About Widodo Sukses

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Saya baru tau tentang siklus hidup semut rangrang gan. agan jual bibit kroto tidak jika jual berapa harga bibit kroto ?

    ReplyDelete

- Bebas berkomentar dengan bahasa yang sopan dan santun tanpa unsur sara.
- Lebih seru kunjungi : "Forum Asyik Berkebun" untuk Sharing, Tanya-jawab, Promosi usaha/jual-beli, dll.
- Untuk teman BLOGGER dilarang keras "Copy Paste" artikel ini.