-->
ads here
banner

Membuat Green House Dari Pipa PVC

- 4/15/2015
advertise here
Membuat Green House Dari Pipa PVC - Green House yang sering disebut juga Rumah Kaca mulai marak di buat sebagai sarana budidaya tanaman. Berbagai desain green house di ciptakan dari yang sederhana, unik maupun yang tergolong mewah. Dari segi biaya juga variatif, ada yang biaya murah tetapi ada juga yang biaya tinggi tergantung kemampuan dan tujuan pembuatan green house.

green house dari pipa pvc
Kerangka Green House Pipa PVC

Berbagai artikel mengenai green house dapat di klik pada label atau menu navigasi Green House

Pada edisi kali ini akan di bahas mengenai cara membuat green house dari bahan pipa pvc atau biasa orang Indonesia menyebutnya pipa paralon. Dengan menggunakan bahan pipa pvc akan di dapat green house dengan desain berbentuk tunel yang indah dengan biaya murah. Cara pembuatannya pun sangat mudah, setiap orang dapat membuatnya sendiri di rumah untuk keperluan bercocok tanam atau yang lainnya.
Adapun tahapan cara membuat green house dari bahan pipa pvc adalah sebagai berikut:

Bahan dan Peralatan Membuat Green House

- Pipa PVC 2/4 inci 
- Kayu /kaso 4x6cm
- Plastik penutup transparan
- Paku biasa dan paku ulir
- Kabel tis
- Engsel
- Gergaji
- Palu/martil
- Obeng




Tahapan Pembuatan Green House Pipa PVC

1. Membuat Kerangka Green House

Sebelum membuat kerangka tentukan terlebih dahulu luas green house. Kemudian buatlah kayu kaso mengelilingi green haouse yang telah di tentukan tersebut. Untuk kerangka atap buatlah kerangka dengan pipa pvc yang dilengkungkan. jarak pipa pvc yang satu dengan yang lain maksimal 1,5 m. Pakulah dengan paku ulir ujung paralon dengan kayu kaso. Pada bagian atas satukan antara pipa yang satu dengan yang lain dengan pipa pvc agar kuat dan kokoh.

2. Membuat Kerangka Pintu Gren House

Pada salah satu atau kedua ujung green house buatlah kerangka pintu yang nantinya di gunakan untuk aktifitas keluar masuk. Kerangka pintu di buat dengan kayu kaso. Tinggi kayu vertikal usahakan hingga menyentuh lengkungan pipa pvc paling atas karena sekaligus digunakan untuk memperkuat green house. Sedangkan ketinggian pintu dapat di atur sesuai keinginan.

green house dari pipa pvc
Kerangka pintu green house

Setelah terbentuk kerangka atau frame pintu langkah berikutnya membuat daun pintu seukuran frame yang telah di buat. Daun pintu dapat di buat dengan bahan yang ringan seperti fiber. Tempelkan daun pintu pada frame pintu dengan engsel dua atau tige buah 

3. Menutup Green House

Setelah terbentuk pintu kemudian tutuplah kerangka green house dengan plastik transparan. Dapat diganti dengan bahan lain seperti paranet atau fiber transaparan. Mula mula tutuplah terlebih dahulu pada sisi depan dan belakang atau yang terdapat pintu. Ikatlah plastik penutup dan kerangka pipa pvc dengan kabel tis.

membuat green house dari pipa pvc

Tahap akhir pada pembuatan green house pipa pvc ini adalah penutupan atap. Tutuplah seluruh bagian kerangka green house dengan plasti transparan dengan rapi dan lurus. Agar kuat ikatlah dengan kabel tis.

Demikian cara membuat green house dengan biaya murah menggunakan bahan pipa pvc.

Baca juga : Cara membuat green house sederhana
Advertisement advertise here
 
ads here