Jasa Taman Dan Tanam Rumput

Hub : 0812 9711 5645

Manfaat Cacing Tanah Lumbricus Rubellus

manfaat cacing tanah lumbricus rubellus
Manfaat Cacing Tanah Lumbricus Rubellus - Tidak disangka cacing tanah yang hidupnya di dalam tanah atau sampah dapat memberi manfaat bagi kita. Hal ini menyadarkan kita bahwa setiap ciptaan tuhan pasti ada manfaatnya begitu juga cacing. Bagi sebagian orang terutama kaum hawa sering kali jijik berdekatan apalagi menyentuh cacing.

Kandungan Gizi Cacing tanah

Cacing merupakan jemis binatang invertebrata atau binatang yang tidak memiliki tulang belakang. Bertubuh lunak, namun demikian cacing mempunyai kemampuan luar biasa untuk dapat membuat lubang di dalam tanah.

Kandungan utama cacing adalah protein. Jika di bandingkan dengan daging binatang lain cacing yang paling tinggi proteinnya yaitu sekitar 76%. Sedangkan protein pada daging sapi atau memelia lainnya hanya 65%, Protein pada ikan hanya 50%. Kandungan gizi lainnya yaitu :
- Asam amino : 17%
- Karbohidrat : 45%
- Lemak dan abu 1,5%

Kecuali itu banyak juga mengandung berbagai jenis asam amino yang baik untu tubuh yaitu : 
- Argirin, Sistin, asam glutamat, glisin, histidin, leusin, lisin, methionin, fenilallin, serin, threonin, triptopan


Manfaat Cacing Tanah Bagi Kesehatan

Pemanfaatan cacing beberapa tahun lalu masih banyak mengalami kendala karena jenis binatang ini menjijikan sehingga orang yang akan menkonsumsinya berfikir dua kali. Namun demikian teknologi semakin canggih sehingga hal tersebut dapat di atasi misalnya dengan membuat kapsul cacing. Beberpa manfaat cacing tanah lumbricus rubellus antara lain :

1. Bermanfaat Sebagai Obat Tifus. 
Cacing mengandung enzim yang bersifat anti bakteri sehingga bagus skali untuk pengobatan penyakit tifus yang disebabkan oleh bakteri salmonella dalam organ pencernaan kita. Dengan mengkonsumsi cacing tanah ternyata mampu untuk menghambat pertumbuhan bakteri tersebut. Mengkonsumsi cacing dapat menghambat pertumbuhan bakteri salmonella.

2. Bermanfaat Sebagai Obat Diare. 
Selain dapat menghambat pertumbuhuhan bakteri penyebab penyakit tifus, sifat antibakteri pada cacing juga dapat menghambat bahkan membunuh bakteri E.Coli dan shigella yang  menjadi penyebab penyakit diare.

3. Bermanfaat Melancarkan Sirkulasi darah. 
Kandungan lemak dalam cacing tanah adalah lemak tak jenuh yang sangat bagus untuk menghancurkan lemak jahat di system sirkulasi darah kita. Sehingga system peredaran darah kita akan menjadi lebih lancar. Itulah mengapa cacing tanah juga digunakan untuk mengobati penyakit tekanan darah tinggi dan srtoke.

4. Bermanfaat Sebagai Antipiretik. 
Kandungan nitrogen dengan sifat basa dalam cacing tanah mempunyai sifat antipiretik yaitu dapat mengurangi demam tinggi pada penyakit seperti tifus. Sehingga menurunkan deman dengan menggunakan cacing tanah lebih efektif dari pada menggunakan bahan kimia seperti parasetamol.

5. Bermanfaat Menenangkan syaraf. 
Selain itu cacing tanah mempunyai sifat Pheretima yaitu dapat mempengaruhi system saraf manusia. Menjadi lebih tenang, rasa sakit  berkurang, dan kejang-kejang bisa dihentikan.

6. Meningkatkan energy. 
Kandungan taurin dalam Cacing tanah yang mampu meningkatkan proses metabolism lemak yang kemudian di ubah menjadi energy, sehingga bagus bagi yang sedang menjalankan program diet
7. Bermanfaat Manjaga Kesehatan Kulit
Manfaat cacing tanah juga baik untuk kesehatan kulit. Cacing tanah Mengandung alfa-tokoferol yang dapat  membantu mempertahankan elastisitas kulit dan menghambat proses penuaan atau antiaging. Untuk itu banyak industri kosmetik memanfaatkan cacing tanah sebagai bahan baku pembuatan produk kosmetiknya.

9. Bermanfaat Menyembuhkan luka. 
Salah satu asam amino dalam Cacing tanah yaitu asam arakidonat baik untuk mempercepat pertumbuhan sel-sel baru. Sehingga untuk proses penyembuhan luka yang membutuhkan pergantian sel mati menjadi sel-sel baru perlu mengkonsumsi cacing tanah.

Cara Mengkonsumsi Cacing

Untuk menghilangkan kesan menjijikkan maka perlu trik khusus untuk dapat mengkonsumsi cacing tanah. Berikut ini cara mengkonsumsi Cacing tanah agar terhindar dari rasa jijik :

- Bersihkan kotoran dalam perut cacing dengan cara membelah tubuh cacing atau dengan cara mengurut secara perlahan hingga keluar kotorannya.
- Cuci dengan air bersih, kemudian direbus hingga mendidih.
- Saring dengan saringan halus untuk memperoleh air rebusan. Air rebusan dapat di minum dengan madu untuk menghilangkan rasa amis.

Baca juga artikel :



Share on Google Plus

About Widodo Sukses

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

- Bebas berkomentar dengan bahasa yang sopan dan santun tanpa unsur sara.
- Lebih seru kunjungi : "Forum Asyik Berkebun" untuk Sharing, Tanya-jawab, Promosi usaha/jual-beli, dll.
- Untuk teman BLOGGER dilarang keras "Copy Paste" artikel ini.