Jasa Taman Dan Tanam Rumput

Hub : 0812 9711 5645

Cara Pengandalian Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Vanili

Pengandalian Hama Dan Penyakit Tanaman Vanili - Hama dan penyakit tanaman seringkali timbul dalam proses budidaya tanaman. Dimana akibatnya akan mengurangi hasil produksi pertanian atau bahkan menemui gagal total. Begitu juga dalam proses budidaya tanaman vanili, beberpa jenis hama dan penyakit dapat saja timbul secara tiba tiba.

Untuk itu diperlukan pengetahuan tentang hama dan penyakit yang sering menyerang khususnya tanaman vanili serta cara pengendaliannya. Jika dapat melakukan pengendalian hama dan penyakit dengan baik harapnnya adalah produktivitas tanaman vanili akan tinggi dan berkwalitas baik.  Yang pada akhirnya akan mendatangkan keuntungan yang besar pada akhir budidaya.

cara pengendalian hama dan penyakit pada tanaman vanili

Berikut ini adalah beberapa hama dan penyakit yang biasa menyerang tanaman vanili serta pengendaliannya: 

1.Hama Bekicot
    Hama beicot biasanya menyerang dan merusak batang, bunga dan buah. Aktifitasnya dilakukan pada malam hari.
    Pengendalian: secara manual dengan mengambil dan mengumpulkan bekicot satu persatu kemudian dibakar sekaligus dalam satu lubang. 

2. Hama Belalang
   Belalang ini umumnya merusak/memakan daun muda dan batang panili. Pengendaliannya dapat menggunakan pestisida yang dianjurkan

3. Hama Penggerek Batang
     hama penggerek batang berupa dimana larva hama ini merusak/menggerek batang tanaman panili yang menyebabkan tanaman panili lambat laun layu dan mati. Pengendaliannya dapat menggunakan pestisida yang dianjurkan

4. Hama Ulat Bulu
  Ulat bulu biasanya merusak bagian pucuk, daun, batang dan bunga. Pengendaliannya dapat menggunakan pestisida yang dianjurkan

5. Penyakit Busuk Akar
     Gejala yang timbul antara lain akar hitam, tanaman menjadi kecoklat-coklatan dan akhirnya mati; biasanya terjadi pada saat produksi tertinggi pertama kali tercapai.
    Pengendalian: menjaga kesuburan tanah dengan pemupukan, pemberian kapur secukupnya, dan mengatur kelembaban ,

6. Penyakit Busuk Batang
     Busuk batang disebabkan oleh jamur Fusarium batatatis yang memperlihatkan gejala: pada batang terjadi bercak-bercak berwarna hitam yang akan meluas dan melingkar dengan cepat. Batang terserang akan keriput, berwarna coklat dan akhirnya kering.
     Pengendalian: mengurangi kelembaban dan drainase yang baik,

7. Penyakit Busuk Buah
     Busuk buah biasanya ditemukan pada buah panili muda dengan menimbulkan gejala: muncul bila menyerang pangkal buah muda sehingga banyak buah yang berguguran dan bila menyerang tengah buah akan hitam, kering selanjutnya mati

8. Penyakit Busuk Pangkal Batang
     Ini disebabkan oleh adanya jamur Sclerotium sp. Dengan gejala: pangkal batang tampak berwarna coklat dan kebasah-basahan, bagian tanaman yang diserang dan tanah sekitar terdapat misellium jamur berwarna putih seperti bulu dengan banyak sclerotium warna coklat.
     Pengendalian: gunakan bibit bebas busuk pangkal batang dan disebut fungisida yang dianjurkan. 

8. Penyakit Bercak Coklat Pada Buah
     Barcak coklat pada buah vanili disebabkan oleh cendawan Phytophthora sp. dan menyerang buah panili yang hampir masak. Adapun gejala yang timbul yakni: bercak-bercak coklat tua dan akhirnya busuk.
     Pengendalian:  segera petik buah terserang kemudian membakarnya; dan penyemprotan dengan insektisida yang dianjurkan

9. Penyakit Bercak Coklat Pada Batang
     Bercak kecoklatan pada batang umumnya timbul akibat serangan cendawan Nectriavanilla, zimm dengan gejala: batang tampak bercak coklat yang lama-kelamaan menghitam dan melingkar ruas dan mati. Pengendalian: potong dan bakar batang yang terserang. 

10.Penyakit Antraknosa
     Penyakit ini disebabkan adanya jamur Calospora vanillae, Mass. yang memperlihatkan gejala : batang, daun, buah berwarna coklat muda kekuningan tampak licin dan terlihat jelas bagian terserang dan tidak.
    Pengendalian: Potong dan bakar bagian terserang, atur kelembaban dan drainase. 

11. Penyakit Karat merah
    Karat merahpada daun disebabkan oleh Ganggang Cephaleuros heningsii, Schm. Gejala yang  timbul akibat serangan penyakit ini adalah : bercak pada daun dan terus meluas hingga daun      kering selanjutnya mati.
    Pengendalian: Singkirkan bagian terserang dan atur kelembaban kebun dengan pemangkasan  pohon pelindung. 

12. Penyakit Pasca Panen
     Penyakit yang sering timbul pada pasca panen yaitu adanya jamur. Jamur atau cendawan yang  biasanya menyerang pada buah vanili setelah dipanen antara lain : jamur Aspergillus, Penicillium,  Rhizopus, sp dan Sclerotium, sp.
     Pengendalian: penanganan pasca panen yang baik. 

Baca juga Artikel : 


Share on Google Plus

About Widodo Sukses

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

- Bebas berkomentar dengan bahasa yang sopan dan santun tanpa unsur sara.
- Lebih seru kunjungi : "Forum Asyik Berkebun" untuk Sharing, Tanya-jawab, Promosi usaha/jual-beli, dll.
- Untuk teman BLOGGER dilarang keras "Copy Paste" artikel ini.