Jasa Taman Dan Tanam Rumput

Hub : 0812 9711 5645

Mengenal Jenis Rumput Taman Yang Bagus

Mengenal Jenis Rumput Taman Yang Bagus - Sangat banyak jenis rumput dialam ini, baik yang tumbuh liar maupun yang dibudidayakan sebagai pakan ternak dan rumput untuk membuat taman. Jenis rumput yang akan kita bahas pada artikel ini adalah rumput yang digunakan untuk membuat taman.

Rumput merupakan salah satu unsur taman yang sangat penting sebagai penutup tanah atau ground cover. Sehingga dalam pembuatan taman keberadaan rumput sering kali dihumkumi wajib oleh beberapa orang yang berprofesi sebagai tukang taman.  

Sebagai unsur taman, rumput dapat memberikan beberapa fungsi penting , diantaranya :
  • Dapat memberikan keindahan dan keasrian,
  • Rumput berfungsi sebagai penahan tanah dari hempasan air hujan atau menahan erosi,
  • Sebagai play ground atau tempat bermain anak yang nyaman,
  • Mengurangi pantulan teriknya matahari
Pemilihan jenis rumput dalam pembuatan taman sangat penting karena dapat mempengaruhi keindahan taman. Untuk itu diperlukan pengetahuan tentang karakter masing masing rumput agar sesuai dengan model taman yang akan kita buat.

Jenis Jenis Rumput Taman

Adapun jenis jenis rumput yang umam di gunakan untuk membuat taman adalah sebagai berikut :

1. Rumput Gajah Biasa

Rumput ini dinamakan rumput gajah karena bentuk daunnya yang besar, batangnya cepat sekali tumbuh menjalar sehingga dalam beberapa hari saja setelah ditanam rumput ini mampu menutupi seluruh tanah dengan sempurna.
Karena kandungan nutrisinya yang tinggi sering kali rumput yang bernama latin Pennisetum Purpureum ini dijadikan sebagai pakan ternak. Dalam aplikasinya dalam pembuatan taman cocok ditanam pada area padang rumput yang luas. Tahan terhadap terik matahari maupun area stengah teduh. Pada area yang sangat teduh rumput gajah ini akan tumbuh memenajang dan lama kelamaan mati.


mengenal jenis rumput taman yang bagus
Perawatan rumput ini cukup mudah cukup disiram sekali setiap hari dan pupuk urea untuk mempertahankan kesuburan stiap 2 sampai 3 bulan sekali. Krena pertumbuhannya yang cepat maka pemangkasan harus dilakukan dua minggua asampai satu bulan sekali tergantung kesuburan tanah.

2. Rumput Gajah Mini

Rumput gajah mini merupakan rumput hasil rekayasa genetik dari rumput gajah biasa sehingga mempunyai karakter yang mirip dengan rumput gajah biasa hanya saja bentuknya kerdil. Daunnya pendak bulat, ruas batang sangat pendek hanya berkisar 1-2 cm. Pertumbuhannya sangat lambat namun dapat menutup tanah lebih baik dan lebih rapat.

rumput gajah mini

Sangat baik untuk taman dengan sekala kecil ataupun padang rumput yang luas. Hanya saja saja rumput gajah mini tidak tahan terhadap terik matahari penuh. Hal ini ditandai dengan pucuk daunnya yang gosong atau kecoklatan apabila ditanam pada daerah yang terkena sinar matahari penuh. Pada area setengah teduh misalnya dibawah pohon yang masih terkena sinar matahari 50%, rumput gajah mini dapat tumbuh dengan baik dan subur.
Pada saat ini rumput gajah mini menjadi primadona atau sedang booming  jika dibandingkan dengan jenis rumput taman lainnya. Perawatannya mudah hanya perlu penyiraman setiap hari dan pupuk urea sebulan sekali. Pemangkasan dapat dilakukan 2 bulan sampai 3 bulan sekali tergantung kesuburan rumput. Perawatan rumput gajah mini yang lebih lengkap dapat di baca pada artikel : Cara Perawatan Rumput Gajah Mini HinggaSeperti Karpet

3. Rumput Gajah Mini Varigata

Dinamakan rumput gajah mini varigata karena rumput ini adalah rumput gajah mini yang berwarna ganda yaitu berwarna hijau dan kuning pada daunnya sehingga rumput gajah mini varigata ini terlihat unik jika ditanam pada hampara tanah yang luas maupun lahan rumah yang sempit.
Karakter rumput gajah mini varigata sama dengan rumput gajah mini hijau, begitu juga cara perawatannya.
rumput gajah mini varigata

4. Rumput Jepang

Cirikhas rumput Jepang ( Andropogon aciculatus ) terlihat dari daunnya yang kcil dan pendak serta ruas batang yang pendek. Tumbuh subur pada area dengan sinar matahari penuh, pada area stengah teduh dapat hidup tetapi tidak bisa rapat.

Pada rumput yang sudah tebal setelah dipangkas akan terlihat kekuningan karena pada sisi bawah tidak terkena sinar matahari. Dibandingkan rumput gajah mini, rumput jepang perlu pupuk urea yang lebih banyak. Biasanya butuh dua kali pemupukkan dalam sebulan.

5. Rumput Peking

Rumput Peking ( Agrostis stolonifera ), rumput ini dari segi penglihatan kasat mata penampilan hampir sama dengan rumput swiss hanya dari tektur lebih kasar dari rumput swiss. Karakteristik rumput peking hampir mirip dengan rumput jepang. Hanya saja rumput peking daunnya lebih jarang dibandingkan rumput jepang. Rumput ini sempat populer sekitar tahun 2000.

6. Rumput Swiss

Rumput swiss merupakan rumput paling halus dari semua jenis rumput. Namun rumput ini memerlukan pencahayaan matahari yang penuh, minimal 80%. Rumput swiss tidak boleh lembab, sebab jika lembab hasilnya tidak akan maksimal. Agar rumput tetap bagus, pemotongan rumput minimal sebulan sekali. Untuk pemberian pupuk juga lebih baik memakai pupuk urea dibandingkan dengan pupuk kandang. Sebab jika menggunakan pupuk kandang akan menumbuhkan rumput liar dan dapat menyebabkan rumput swiss mati. Dari segi harga, rumput swiss paling mahal diantara rumput lainnya.

7. Rumput Golf

Rumput Golf  ( Eragrotis tenella ), Rumput ini paling pendek ukurannya dari jenis rumput yang lain dan merupakan rumput yang paling sulit dari segi perawatan karena memerlukan penyinaran matahari yang full dan pemotongan yang rutin minimal 2 minggu sekali. Rumput golf merupakan rumput yang paling susah dalam perawatan.

Penanaman rumput golf agak sulit karena memerlukan tanah atau media tanam yang porus seperti pasir. Karena media yang porus inilah maka memerlukan pnyiraman rutin sehari 2 kali serta pemupukan lebih intensif. umput ini juga sering terserang ulat grayak yang dapat menghabiskan rumput dalam waktu yang tidak lama.

8. Rumput Manila

Rumput Manila / Jukut kakawatan hijau ( Zoysia matrella ), rumput ini dari namanya memang berasal dari Filipina. Pertumbuhannya termasuk lambat. Teksturnya halus, cocok juga untuk Taman bermain anak.

9. Rumput Kentucky

Rumput Kentucky ( Poa pratensis ), rumput ini memiliki ciri khas warnaya yang hijau kebiruan, makanya dikenal dengan istilah bluegrasses.

Demikian jenis jenis rumput yang biasa di gunakan dalam mempercantik taman dari beberapa literatur. Jenis rumput tersebut memiliki kemiripan sehingga terkadang rancu dalam penaman dan pemilihan jenis. Setiap tukang taman menamakan rumput berdasarkan pemahaman mereka sendiri sehingga setiap jenis rumput menjadi rancu.

Baca Artikel Terkait :

Share on Google Plus

About Widodo Tawar

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

- Bebas berkomentar dengan bahasa yang sopan dan santun tanpa unsur sara.
- Lebih seru kunjungi : "Forum Asyik Berkebun" untuk Sharing, Tanya-jawab, Promosi usaha/jual-beli, dll.
- Untuk teman BLOGGER dilarang keras "Copy Paste" artikel ini.