Jasa Taman Dan Tanam Rumput

Hub : 0812 9711 5645

Kandungan Gizi dan Manfaat Kacang Panjang

Kandungan Gizi dan Manfaat Kacang Panjang - Seluruh masyarakat Indonesia tentu mengenal tanaman kacang panjang. Karena kacang panjang sudah umum dikunsumsi  sebagai bahan sayursaryuran. Memang sayuran yang satu ini enak sekali jika di masak sebagai tumis atau sayur lainnya.

kandungan gizi dan manfaat kacang panjang

Kecuali enak rasanya kacang panjang mempunyai kandungan gizi yang luar biasa. Kandungan mineral dan vitaminnya membuat badan kita menjadi sehat. Bahkan karena kandungan gizinya yang luar biasa kancang panjang dijadikan sebagai obat herbal.

Kandungan Gizi Kacang Panjang

Kacang panjang mengandung berbagai nutrisi penting bagi tubuh Anda, di antaranya:

Sumber Protein

Dengan kandungan protein sebesar 8,3 gram dalam tiap 100 gram kacang panjang rebus, maka kacang panjang menjadi salah satu sumber protein nabati yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh kita setiap harinya.

Vitamin B Kompleks

Dalam tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 146 mcg folat (37% kebutuhan); 0,2 mg thiamin (14% kebutuhan); 0,1 mg vitamin B6 (5% kebutuhan); 0,1 mg riboflavin (4% kebutuhan); 0,4 mg asam pantotenat (4% kebutuhan); dan 0,6 mg niacin (3% kebutuhan). Berbagai vitamin B kompleks yang terkandung dalam kacang panjang tersebut merupakan nutrisi penting bagi tubuh kita.

Secara umum vitamin B kompleks memiliki fungsi penting dalam produksi energi dan fungsi saraf dalam tubuh kita, sehingga kekurangan vitamin B biasanya ditandai dengan kelelahan dan kurangnya tenaga.

Kandungan  Serat

Kacang panjang adalah sayuran yang kaya serat. Dalam tiap 100 gram kacang panjang rebus, terdapat kandungan serat mencapai 4 gram atau memenuhi 15% kebutuhan serat harian kita. Serat dalam kacang panjang tersedia dalam bentuk pektin, yang merupakan serat larut, sehingga sangat baik untuk membantu menjaga kadar gula darah dalam level normal, juga untuk metabolisme lemak yang normal.

INTERMEZO ....! Saksikan video kocak wawancara petani tanam kacang panjang dibawah ini :

Kandungan Mineral

Kacang panjang juga kaya akan berbagai mineral, antara lain:

- Kalsium
Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 42 mg kalsium (4% kebutuhan). Kalsium adalah mineral penting bagi pembentukan tulang dan gigi yang sehat dan kuat, juga untuk fungsi saraf dan otot yang optimal.

- Zat Besi
Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 2,6 mg zat besi (15% kebutuhan). Zat besi adalah komponen penting bagi pembentukan enzim untuk berbagai reaksi kimia dalam tubuh, serta pembentukan komponen utama dari sel darah merah dan sel-sel otot.

- Magnesium
Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 98 mg magnesium (25% kebutuhan), di mana mineral ini sangat penting bagi kesehatan tulang dan gigi, fungsi saraf dan otot, serta aktivitas enzim dalam tubuh.

- Mangan
Tiap 100 gram kacang panjang rebus juga mengandung 0,5 mg mangan (24% kebutuhan). Mangan penting bagi aktivitas enzim, serta untuk metabolisme karbohidrat dan kesehatan sendi.

- Fosfor
Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 181 mg fosfor (18% kebutuhan), yang juga penting untuk produksi energi, serta pembentukan tulang dan gigi.

- Tembaga
Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 0,2 mg tembaga (11% kebutuhan). Tembaga penting bagi kesehatan kulit, juga meningkatkan daya tahan tubuh terhadap stres dan penyakit.

- Kalium
Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 315 mg potassium (9% kebutuhan), yang penting bagi fungsi saraf dan otot kita.

- Zinc
Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 1,1 mg zinc atau seng (7% kebutuhan). Zinc merupakan komponen enzim yang berperan dalam pembentukan sel darah merah dan tulang.

- Selenium
Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 2,8 mcg selenium (4% kebutuhan), di mana selenium adalah mineral penting untuk sintesa enzim, juga berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh kita.

Manfaat Kacang Panjang bagi Kesehatan

Selain sebagai bahan baku masakan, karena kandungan gizinya yang bagus maka Kacang Panjang juga dapat digunakan sebagai bahan obat herbal yang manjur untuk mengobati beberapa penyakit seperti diantaranya :
  • antikanker,
  • kanker payudara,
  • leukemia,
  • antibakteri,
  • antivirus,
  • antioksidan,
  • gangguan saluran kencing,
  • peluruh kencing, batu ginjal,
  • mencegah kelainan antibodi,
  • meningkatkan fungsi limpa,
  • meningkatkan penyatuan DNA dan RNA,
  • meningkatkan fungsi sel darah merah,
  • beri-beri,
  • demam berdarah,
  • kurang darah,
  • sakit pinggang,
  • rematik,
  • pembengkakan,
  • meningkatkan nafsu makan,
  • sukar buang air besar.
Demikianlah kandungan gizi dan manfaat kacang panjang bagi kesehatan, semoga bermanfaat.

Baca Juga Artikel : Cara Budidaya Kacang Panjang
Share on Google Plus

About Widodo Sukses

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

- Bebas berkomentar dengan bahasa yang sopan dan santun tanpa unsur sara.
- Lebih seru kunjungi : "Forum Asyik Berkebun" untuk Sharing, Tanya-jawab, Promosi usaha/jual-beli, dll.
- Untuk teman BLOGGER dilarang keras "Copy Paste" artikel ini.