Jasa Taman Dan Tanam Rumput

Hub : 0812 9711 5645

Cara Memperbanyak Bunga Hydrangea

Cara Memperbanyak Bunga Hydrangea - Hydrangea yang sering disebut juga hortensia adalah salah satu tanaman dengan bunganya berbentuk bulat besar seperti bokor, sehingga sering disebut juga bunga bokor. Yang menarik dari Hydrangea ini  warna bunganya yang berubah-ubah. Karena bunganya yang cantik sehingga sering sekali dijadikan dekorasi dan rangkaian bunga potong pada event event pernikahan dan event penting lainnya .

cara memperbanyak bunga hydrangea

Warna bunga Hydrangea bermacam macam diantaranya pink, biru, ungu, putih. Tanaman ini hidup subur di dataran tinggi dengan suhu dingin. Pada dataran rendah bersuhu panas, bisa hidup juga namaun tidak mampu berbunga dengan baik. Bunga berwarna putih pada sebagian besar spesies, tapi beberapa spesies terutama H. macrophylla mempunyai bunga yang bisa berubah seperti warna biru, merah, merah jambu, atau ungu bergantung pada tingkat pH tanah.

Ketika masih kuncup, bunga berwarna hijau, berubah menjadi putih, sewaktu mekar berwarna biru muda atau merah jambu yang secara bertahap berubah menjadi warna-warna yang lebih tua tua (biru tua atau merah) sebelum bunga rontok. Tanah yang bersifat asam menghasilkan bunga berwarna biru, tanah dengan pH normal menghasilkan bunga berwarna putih krem, dan tanah yang bersifat basa menghasilkan bunga berwarna merah jambu atau ungu. Hortensia merupakan salah satu dari tanaman yang pada daun bunga mengumpulkan unsur aluminium yang dilepaskan tanah yang bersifat asam sehingga bunga menjadi berwarna biru.

Cara Menanam atau Memperbanyak Hydrangea

Hidrangea dapat diperbanyak dengan berbagai cara daiantaranya dengan cangkok batang, stek dan mengambil akar yang bertunas. Kali ini akan kta bahas cara mudah stek tanaman Hydrangea agar tidak terjadi kegagalan. cara ini dikutip dari forum kebunpedia.

stek hydrangea hortensia

  • Potong batang hydrangea yang sudah tua, yang ditandai dengan batangnya yang sudah berkayu
  • Kemudian rendam potongan tersebut dalam wadah berisi air. Maksud dari perendaman ini adalah untuk mempercepat tumbuh akar.
setek hortensia

  • Setelah tumbuh akarnya potonglah daun dan sisakan yang paling muda (daun teratas) dengan dipotong setengah
cara menanam hortensia

  • Batang yang sudah berakar tersebut kemudian ditanam pada polybag atau pot hingga tumbuh daun dan akar.
  • Setelah daun tumbuh rimbun dapat dipindah diarea taman atau pot yang lebih besar dan bagus untuk dipajang di depan rumah.
Share on Google Plus

About Widodo Sukses

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

- Bebas berkomentar dengan bahasa yang sopan dan santun tanpa unsur sara.
- Lebih seru kunjungi : "Forum Asyik Berkebun" untuk Sharing, Tanya-jawab, Promosi usaha/jual-beli, dll.
- Untuk teman BLOGGER dilarang keras "Copy Paste" artikel ini.