Jasa Taman Dan Tanam Rumput

Hub : 0812 9711 5645

Tips Pemasaran Sayuran Segar

Tips Pemasaran Sayuran Segar - Tidak kalah pentingnya pada usaha agribisnis selain teknik budidaya tanaman, hewan atau ikan adlah proses pemasaran. Bahkan pemasaran ini menjadi kunci paling penting dalam keberhasilan agribisnis. Bagitu juga pemasaran sayuran hasil budidaya sebaiknya perlu dipikirkan seblum menjalankan usha agribisnis.


Beberapa teknik yang mungkin dapat dijadikan ide untuk memasarkan hasil budidaya sayuran atau buah buahan yaitu diantaranya :

1. Farm Gate Sale

Farm Gate Sale adalah penjualan hasil budidaya langsung dikebun atau ladang. Tehnik pemasaran ini dapat dilakukan jika kebun anda dekat dengan jalan umum atau mudah dijangkau. Sasaran pembelinya adalah konsumen akhir.  Biasanya konsumen sayur organik bersedia untuk datang langsung ke kebun untuk memastikan produk yang dibelinya. Dengan cara ini bisa dihemat ongkos distribusi.


2. Pick Your Own

Pick Your Own adalah teknik pemasaran sayuran atau buah buahan dengan cara memetik langsung dikebun. Teknik ini sebagai paduan agrowisata dan agrobisnis. Dengan berkembangnya agrowisata, banyak  kebun yang menawarkan beli dan petik sendiri setelah itu ditimbang dan bayar. Cara seperti ini banyak diterapkan oleh kebun-kebun organik di Lembang, Bandung yang tempat sejuk dan asri yang banyak dikunjungi wisatawan .

3. Direct seling

Pemasaran sayuran secara direct selling adalah menjual langsung pada konsumen langsung. Penjualan langsung bisa dilakukan dengan memelihara hubungan dengan komunitas-komunitas konsumen organik. Perlu strategi pengaturan jadwal tanam dan mengembangkan keragaman tanaman untuk memenuhi permintaan konsumen. Kita bisa mengirimkan sayuran ke konsumen dalam bentuk paket-paket siap konsumsi. Untuk bisa menyediakan paket lengkap sebaiknya bekerjasama dengan sesama pembudidaya pertanian organik lainnya.

4. Gerai di pasar ritel

Teknik pemasaran lainnya adalah kerjasama dengan gerai  atau supermarket penjaja sayur dan buah. Apabila kemitraan berjalan dengan baik, sayur / buah hasil budidaya dapat langsung masuk ke  pasar ritel modern. Pada supermarket atau gerai di pasar modern tersebut kita bisa meminta dibuatkan display khusus sayuran dan buah yang tentunya menggunakan harga yang lebih tinggi.

Share on Google Plus

About Widodo Sukses

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

- Bebas berkomentar dengan bahasa yang sopan dan santun tanpa unsur sara.
- Lebih seru kunjungi : "Forum Asyik Berkebun" untuk Sharing, Tanya-jawab, Promosi usaha/jual-beli, dll.
- Untuk teman BLOGGER dilarang keras "Copy Paste" artikel ini.