Jasa Taman Dan Tanam Rumput

Hub : 0812 9711 5645

Kandungan Gizi dan Manfaat Terong Ungu

Kandungan Gizi dan Manfaat Terong Ungu - Sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat, jenis tanaman sayuran yang satu ini. Bantuknya bulat memanjang dengan warna ungu atau hijau. Rasanya khas banyak di sukai masyarakat meskipun tidak sedikit pula yang tidak menyukai karena teksturnya yang lembek ketika di masak. Jenis holtikultura yang satu ini dapat di sajikan dengan berbagai olahan masakan, seperti balado, tumis, sayur  lodeh dan lain lain.

kandungan gizi dan manfaat terong ungu

Adalah terong dengan nama latin Solanum Melongena, banyak dijumpai di warung atau pasar tradisional bahkan pasar modern/swalayan. Harganya sangat terjangkau dan yang paling penting, terong ungu mempunyai kandungan gizi yang tinggi, bagus untuk kesehatan tubuh kita.

Kandungan Gizi Terong Ungu

Adapun kandungan gizi yang terkandung dalam terong ungu yaitu diantaranya :

1. Vitamin.
Terong Ungu  terdapat banyak kandungan vitamin, seperti  vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, vitamin D dan vitamin K.

2. Zat Besi
Zat besi adalah salah satu jenis mineral yang terdapat di dalam terong ungu. Telah kita ketahui bahwasanya zat besi bermanfaat membantu pembentukan sel darah merah sehingga terong ungu sangat baik untuk mencegah timbulnya penyakit anemia atau kurang darah.

3. Antosianin
Antosianin merupakan senyawa flavonoid yang dapat berfungsi sebagai pelindung sel dari sinar ultra violet. Selain itu, antosianin juga berperan untuk mengobati penyakit jantung dan kanker.

4. Ellagic Acid
Ellagic Acid adalah kandungan lain dalam terong ungu yang  merupakan komponen fenolik berfungsi untuk mencegah kerusakan gen, menghambat pertumbuhan sel kanker dan mencegah terjadinya pengumpalan darah.

5. Phycocyanian
Terong ungu juga terdapat kandungan phycocyanian yaitu jenis protein komplek yang berfungsi untuk memproduksi sel darah putih dan merah, mencegah dan melawan sel kanker, menstimulasi kerja sel batang di dalam sumsum tulang belakang dan dapat menyembuhkan pendarahan.  Selain itu, phycocyanian juga memiliki sifat antioksidan yang berguna untuk penangkal radikal bebas.

 Manfaat Terong bagi Kesehatan tubuh

Dengan banyaknya kandungan gizi yang terdapat dalam terong ungu sehingga sayuran ini layak di konsumsi demi menjaga kesehatan tubuh kita. Selain manfaat yang sudah diuraikan di atas, manfaat lain dari terong ungu yaitu :

1. Membantu Perkembangan Otak
Kandungan fitonutrien yang terdapat pada terong ungu bermanfaat untuk membantu perkembangan sel-sel di dalam otak serta dapat melindungi membran sel dari berbagai ancaman.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Terong ungu bermanfaat mengurangi lemah jenuh yang berbahaya bagi kesehatan jantung yaitu kolesterol yang terdapat di dalam pembuluh darah dan dinding arteri. Dengan hilangnya atau berkurangnya kolesterol dalam pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancer, jantungpun tidak perlu bekerja keras untuk memompa darah.

3. Mencegah Penyakit Kanker
Elemen nasulin yang terdapati dalam terong ungu sangat bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh.

4. Melancarkan Pencernaan
Manfaat lain dari terong ungu yaitu dapat melancarkan pencernaan. Terong mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi. Serat bermanfaat dalam proses pencernaan makanan dalam lambung,dan mencegah sembelit, sehingga akan menyehatkan fungsi organ pencernaan.


Demikian kandungan gizi dan manfaat terong ungu yang kami ambil dari beberapa sumber. Setelah mengetahui besarnya manfaat terong ungu bagi kesehatan tubuh kita maka diharapkan tidak ada keraguan lagi dalam memilih sayuran ini untuk pemenuhan gizi keluarga. Semoga Bermanfaat.

Baca juga : Resep Terong Balado Khas Padang
Share on Google Plus

About Widodo Sukses

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

- Bebas berkomentar dengan bahasa yang sopan dan santun tanpa unsur sara.
- Lebih seru kunjungi : "Forum Asyik Berkebun" untuk Sharing, Tanya-jawab, Promosi usaha/jual-beli, dll.
- Untuk teman BLOGGER dilarang keras "Copy Paste" artikel ini.