Jasa Taman Dan Tanam Rumput

Hub : 0812 9711 5645

Cara Membuat Alat Pemipil Jagung Sederhana

Cara Membuat Alat Pemipil Jagung Sederhana - Hasil panen jagung yang telah kering, ada kalanya disimpan atau dipasarkan dalam bentuk biji jagung yang telah terlepas dari bonggolnya. Untuk memisahkan atau membuang bonggolnya tentu memerlukan biaya, waktu dan tenaga. Jika memeliki mesin pemipil atau perontok biji jagung, hal ini tidak jadi masalah. Namun jika tidak memiliki mesin pemipil jagung, sungguh hal ini sangat merepotkan.

Membeli alat / mesin pemipil jagung tentu tidak murah harganya, dan tidak setiap petani memiliki dana yang cukup untuk membelinya. Betul bukan ?

alat pemipil jagung sederhana

Nah kali ini Gemaperta akan berbagi cara mudah membuat alat pemipil jagung atau perontok biji jagung sederhana yang dapat dengan mudah dibuat oleh siapapun dengan biaya yang sangat murah. Alat dan bahan untuk membuatnya pun sangat mudah dicari di toko bangunan terdekat.

Bahan Untuk Membuat Alat Pemipil Jagung

Adapun peralatan dan bahan yang digunakan untuk membuat alat pemipil jagung sederhana yaitu :

1. Vlok sock PVC Uk : 1.5 X 2.5 inci












2. Paku ulir 2cm sebanyak : 8 buah












3. Obeng

Mudah di cari di toko bangunan terdekat bukan ?

Cara Membuat Alat Pemipil Jagung Sederhana

Berikutnya adalah tahapan cara membuatnya. Seperti yang saya katakan tadi diatas, cara membuatnya sangat mudah, siapapun dapat membuatnya. Sangat simpel sekali yaitu diantaranya :

  • Tentukan 8 titik pada sekeliling sock PVC yang ukurannya lebih lebar dengan, jarak yang sama.
  • Kemudian tancapkan paku ulir pada titik yang telah di tentukan, dengan menggunakan obeng. Pada tahap ini lakukan dengan hati hati ya !! Agar paku tidak mengenai tangan atau jari Anda.
    alat pemipil jagung
  • Setelah semua terpasang dengan baik, peralatan sederhana ini sudah dapat di gunakan untuk memipil atau merontokkan biji jagung dari bonggolnya.
  • Adapun cara menggunakannya masukkan jagung dari ujung yang kecil, kemudian tekan dan putar ke kanan atau ke kiri. Dengan sedikit tekanan maka biji jagung dengan mudah rontok. Lakukan kembali pada setiap jagung yang akan di pipil atau dirontokkan bijinya dari bonggolnya. 
Demikian cara membuat alat pemipil jagung atau alat perontok biji jagung yang paling sederhana dan mudah. Semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

About Widodo Sukses

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

- Bebas berkomentar dengan bahasa yang sopan dan santun tanpa unsur sara.
- Lebih seru kunjungi : "Forum Asyik Berkebun" untuk Sharing, Tanya-jawab, Promosi usaha/jual-beli, dll.
- Untuk teman BLOGGER dilarang keras "Copy Paste" artikel ini.