Jasa Taman Dan Tanam Rumput

Hub : 0812 9711 5645

Cara Menanam Durian Musang King Agar Cepat Berbuah

Cara Menanam Durian Musang King Agar Cepat Berbuah - Durian Musang King berasal dari Malaysia, sedangkan di Indonesia masih terbilang langka karena masih belum banyak petani yang membudidayakan. Durian ini termasuk jenis tanaman unggul yang telah terdaftar pada kementrian negara Malaysia dengan kode D-197. Baca selengkapnya pada artikel : Ciri dan Asal Usul Durian Musang King


Pohon durian pada umumnya adalah jenis tanaman musiman yang hidup baik pada dataran rendah, dengan iklim tropis, bersuhu udara 3-35 derajat Celsius dan curah hujan sedang hingga tinggi. Sehingga cocok sekali jika di tanam di Indonesia umumnya kawasan Asia Tenggara.

Bibit pohon durian Musang King banyak di datangkan dari Malaysia namun demikian pada masa sekarang ini sudah banyak juga di kembangkankan di Indonesia. Sehingga untuk mendapatkan bibit durian Musang King tidaklah sulit, banyak di jual oelh penjual online maupun offline

Adapun tahapan thapan cara menanam pohon durian Musang King agar cepat berbuah adalah sebagai berikut :

1. Pemilihan Bibit.

Bibit yang sehat ditandai dengan batang yang tegak dan kokoh, daun lebat dan terlihat subur. Tinggi bibit durian Musang King yang optimal untuk di tanam yaitu antara 50 cm hingga 1,5m. bibit di bawah 50 cm sebaiknya di rawat terlebih dahulu pada nursery karena perakarannya belum kuat untuk di pindahkan pada lahan tanam. 



2. Menyiapkan Lubang Tanam

Lahan untuk menanam pohon durian Musang King, pilihlah tempat yang mendapat sinar matahari penuh jika menanam di pekarangan rumah. Jangan terlalu dekat dekat dengan perumahan karena jika sudah besar nanti cabang pohon dan perakaran akan menggaanggu bangunan rumah tersebut. Begitu juga dengan buahnya, dikhawatirkan akan jatuh di genting atau menjatuhi penghuni rumah tersebut. 

Sedangkan untuk menanam di lahan terbuka dengan menanam atau membudidayakannya dalam jumlah banyak, aturlah jarak tanam antara 3 - 5 meter. Hal ini penting karena dengan jarak tanam yang baik tanaman akan mendapatkan asupan cahaya matahari yang cukup.

Buatlah lubang tanam dengan ukuran minimal 50 cm x 50 cm x 50 cm. Lubang tanam yang cukup besar bertujuan untuk memberikan ruang untuk menampung campuran tanah subur dan pupuk kandang yang cukup serta untuk memudahkan aatu memberikan ruang untuk pertumbuhan akar baru dengan baik.

3. Menanam Bibit Durian Musang King

Setelah lubang tanam di buat sesuai ukuran diatas, buatlah campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1. Kemudian bibit pohon durian Musang King yang telah disiapkan dengan terlebih dahulu menimbun lubang tanam dangan tanah campuran pupuk kandang tadi hingga ketinggian setengah tinggi lubang. Letakkan bibit tersebut pada tengah tengah lubang dan timbunlah hingga akar tertutup sempurna. Padatkan dengan perlahan agar pohon dapat berdiri tegak.

Berilah steger bambu atau batang kayu lainnya untuk menunjang pohon durian Musang King dapat berdiri tegak tidak mudah roboh oleh tiupan angin. Siramlah dengan air hingga dirasa air sudah meresap sampai dasar lubang.

Perlu diingat bahwa dalam penanaman bibit  sebaiknya dilakukan pada sore hari untuk mengurangi pengupan setelah penanaman agar bibit yang telah di tanam tidak terjadi dehidrasi oleh teriknya matahari sehingga tidak layu.

3. Perawatan Pohon Durian Musang King.

Perawatan pohon yang sudah di tanam cukup disiram sehari sekali hingga perakaran tumbuh dan dapat berdiri tegak. Selanjutnya dapat disiram 3 hari hingga seminggu sekali jika tidak turun hujan.

Untuk pemupukan dapat dilakukan setelah seminggu dari waktu tanam. Selanjutnya dapat di pupuk setiap 3 bulan sekali dengan pupuk Urea dan NPK untuk mempercepat pertumbuhan batang dan daun.

Hama yang sering timbul pada pohon durian yaitu ulat daun dan ulat penggerek batang. untuk mencegah dan membasminya dapat di semprot dengan larutan pestisida atau di tabur dengan pestisida jenis pestisida sistemik pada tanah/perakaran

Jika perawatan dilakukan dengan baik, pohon durian Musang King dapat berbuah dengan cepat yaitu sekitar 3-4 tahun setelah tanam.


Share on Google Plus

About Widodo Sukses

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

- Bebas berkomentar dengan bahasa yang sopan dan santun tanpa unsur sara.
- Lebih seru kunjungi : "Forum Asyik Berkebun" untuk Sharing, Tanya-jawab, Promosi usaha/jual-beli, dll.
- Untuk teman BLOGGER dilarang keras "Copy Paste" artikel ini.