-->
ads here
banner

Buah Semangka Bermanfaat Untuk Meningkatkan Libido Sexual

- 11/21/2014
advertise here
Buah Semangka Bermanfaat Untuk Meningkatkan Libido Sexual - Semangka berasal dari daerah tropik dan subtropik Afrika. Tumbuh liar di tepi jalan, padang belukar, pantai laut, atau ditanam di kebun dan pekarangan sebagai tanaman buah. Semangka dapat ditemukan dari dataran rendah sampai 1.000 m dpl.  Tanaman semusim ini tumbuh menjalar di atas tanah atau memanjat dengan sulur-sulur atau alat pembelit. Batang lunak, bersegi dan berambut, panjangnya 1,5--5 m. Sulur tumbuh dari ketiak daun, bercabang 2--3. Daun letak berseling, bertangkai, helaian daun lebar dan berbulu, berbagi menjari, dengan ujung runcing, panjang 3--25 cm, lebar 1,5--15 cm, tepi bergelombang, kadang bergigi tidak teratur, permukaan bawah berambut rapat pada tulangnya.

buah semangka bermanfaat untuk meningkatkan libido sexual

Kulit buahnya tebal dan berdaging, licin, warnanya bermacam-macam seperti hijau tua, kuning agak putih, atau hijau muda bergaris-garis putih. Daging buah warnanya merah, merah muda (pink), jingga (oranye), kuning, bahkan ada yang putih. Biji bentuk memanjang, pipih, warnanya hitam, putih, kuning, atau cokelat kemerahan. Ada juga yang tanpa biji (seedless). Biji yang sudah diolah disebut kuaci.
Semangka selain dimakan sebagai buah segar juga dapat diminum sebagai jus. Buah semangka jangan dimakan dengan gula aren karena dapat terbentuk racun, terutama sangat mengganggu pada orang yang pencernaannya lemah. Racun ini dapat menimbulkan kejang-kejang dan diare sampai menyebabkan kematian.

Kandungan Gizi Buah Semangka

Daging buah semangka rendah kalori dan banyak mengandung air serta kandungan gizi lainya yaitu antara lain :
- Air : 93,4%, 
- protein 0,5%,
- karbohidrat 5,3%,
- lemak 0,1%, 
- serat 0,2%, 
- abu 0,5%, dan 
- vitamin (A, B dan C). 
- Selain itu, juga mengandung asam amino sitrullin (C6H13N3O3), asam aminoasetat, asam malat, asam fosfat, arginin, betain,likopen (C4oH56), karoten, bromin, natrium, kalium, silvit, lisin, fruktosa, dekstrosa, dan sukrosa. 

Sitrulin dan arginin berperan dalam pembentukan urea di hati dari amonia dan CO2 sehingga keluarnya urin meningkat. Kandungan kaliumnya cukup tinggi yang dapat membantu kerja jantung dan  menormalkan tekanan darah. Likopen merupakan antioksidan yang lebih unggul dari vitamin C dan E. Biji kaya zat gizi dengan kandungan minyak berwarna kuning 20--45%, protein 30--40%, sitrullin, vitamin B12, dan enzim urease. Senyawa aktif kukurbositrin pada biji semangka dapat memacu kerja ginjal dan menjaga tekanan darah agar tetap normal.


Buah Semangka Meningkatkan Libido Seksual

Selama ini mengkonsumsi buah semangka karena kesegaran dan manisnya tidak pernah terbersit dalam pikiran kita bahwa semangka sangat baik untuk meningkatkan seksualitas kita terutama kaum pria. Tidak disangka bahwa buah semangka dapat meningkatkan mutu sperma, meningkatkan kemampuan ereksi, dan meningkatkan libido seksual. 

Pada percobaan yang dilakukan All India Institute of Sciences New Delhi pada 30 orang pria tidak subur berusia 23--45 tahun yang diberi 20 mg likopen dua kali sehari selama 3 bulan, menunjukkan peningkatan jumlah sperma, struktur sperma membaik, dan peningkatan pergerakan sperma. Dari 30 responden tersebut, 6 diantaranya berhasil menghamili istrinya. 

Senyawa asam amino sitrulin dapat meningkatkan produksi nitritoksida, yang berperan pada kemampuan ereksi pada pria. Sitrulin mudah diserap tubuh sehingga konsentrasi maksimum di dalam darah lebih mudah dicapai. Sehingga kemampuan ereksi akan lebih baik, keluhan pria seputar kejantanan dan impoteten (disfungsi ereksi) dapat diatasi dengan banyak mengkonsumsi buah semangka. Sumber : IPTEK BPPT

Baca juga artikel : Manfaat Kulit, Biji Dan Buah Semangka Bagi Kesehatan
Advertisement advertise here
 
ads here