-->
ads here
banner

Khasiat dan Manfaat Buah Jenitri

- 4/25/2015
advertise here
khasiat dan manfaat buah jenitri
Khasiat dan Manfaat Buah Jenitri - Di India buah genitri / jenitri atau di sebut juga rudraksha di percaya sebagai air mata syiwa yang jatuh ke bumi. Dengan kuatnya kepercayaan tersebut sehingga buah atau biji jenitri sangat banyak di manfaatkan oleh kaum hindu sebagai sarana peribadatan.

Lebih jauh tentang buah jenitri bisa dibaca pada artikel : Jenitri Air Mata Dewa Syiwa Yang Jatuh Di Kebumen

Biji jenitri yang berbentuk bulat, bergerigi dan  bercangkang kesar seperti batok kelapa ini selain banyak di manfaatkan sebagai sarana peribadatan kaum Hindu biji jenitri dipercaya mempunyai beberapa khasiat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut adalah khasiat dan manfaat buah atau biji jenitri bagi kesehatan tubuh, yaitu antara lain :

1. Mengurangi Stress

Menurut peneliti dari Benaras Hindu University, utrasum bead – sebutan dari jenitri di Amerika mengirimkan sinyal secara beraturan ke jantung ketika digunakan sebagai kalung. Efek ini diperoleh karena biji jenitri memiliki sifat kimia dan fisik berupa induksi listrik, kapasitansi listrik, pergearkan listrik, dan elektromagnetik. Oleh karea itu biji jenitri mempengaruhi system otak pusat saat menyebarkan rangsangan bioelektrokimia. Hasilnya, otak merasa tenang dan menghasilkan pikiran positif.
Pembeda biji jenitri dari biji lain terungkap melalui riset Instintut Teknologi India yang menemukan bahwa pada saat digunakan untuk berdoa, rudraksa memiliki daya elektromagnetik sebesar 10.000 gauss pada keseimbangan Faraday, hasil konduksi electron alkalin sehingga mengontol tekanan darah, stress, serta berbagai penyakit mental.

2. Menyembuhkan Hipertensi

Air rebusan biji jenitri setelah dicuci dan direndam semalam lalu diminum saat perut kosong yang disertai dengan mengalungkan manic-manik jenitri di leher dalam 7 hari terbukti efektif merendam hipertensi dan menghasilkan perasaan tenang dan damai.



3. Bermanfaat Sebagai Antibakteria

Rudraksa juga berfungsi sebagi pelindung tubuh dari bakteri, kanker, dan pembengkakan, berdasarkan riset yang telah dilakukan Departemen Farmakologi, Banaras Hindu University, India. Glikosida, steroid, alkaloid, dan flavonoid yang terkandung dalam biji pohon ini ternyata bersifat antibakteri. Terhitung 28 jenis bakteri gram positif dan negatif seperti Salmonella typhimurim, Morganella morganii, Plesiomonas shigelloides, Shigella flexnerii, dan Shigel sonneii hilang ketika diberi ekstrak biji Ganitri.

4. Meluruhkan Lemak

Menurut Department of Medicinal Chemistry, Banaras Hindu University, India, senyawa alkaloid yang terkandung dalam biji Ganitri antara laian pseudoepi-isoelaeocarpilin, rudrakine, elaeocarphine, isoelaeocarpilin, dan elaeocarpiline berkhasiat meluruhkan lemak badan.

5. Pengisap Polutan

Berdasarkan hasil riset Intitut Teknologi Bandung, biji Ganitri juga berperan sebagai penyerap polutan, khususnya unsure Timbal (Pb), sehingga pohon ini cocock ditanam di tepi jalan.

6. Perhiasan / Aksesoris

Selain dibuat sedemikian rupa menjadi tasbih, manic-manik biji Ganitri yang berukuran kecil dan bentuknya unik dapat dibuat sebagai perhiasan seperti kalung, gelang, anting-anting, hiasan gantungan telepon selular, dan lain-lain. Sumber :setbakorluhjateng.com.
Baca juga artikel : Cara Budidaya Buah Jenitri

Advertisement advertise here
 
ads here