-->
ads here
banner

Cara Membuat Ekstrak Kulit Manggis Sendiri

- 1/01/2016
advertise here

Cara Membuat Ekstrak Kulit Manggis Sendiri - Kulit manggis sudah terkenal manfaatnya untuk kesehatan. Tidak heran jika banyak orang yang mencari untuk dijadikan sebagai obat herbal yang ampuh dalam mengatasi berbagai penyakit.
cara membuat ekstrak kulit manggis sendiri
Ekstrak kulit buah manggis banyak di jual dalam bentuk kapsul atau bubuk yang dikemas dalam botol. Harganya pun bisa dibilang mahal bagi orang yang tidak punya cukup uang. Untuk itu jika mendapati atau membali buah manggis untuk dikunsumsi buahnya, jangan pernah membuang kulitnya karena sewaktu waktu dapat di gunakan sebagai obat herbal yang ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit.



Cara Membuat Ekstrak Kulit Manggis
Setalah mengkonsumsi buah manggis jangan lupa untuk menyimpan kulitnya, karena sewaktu waktu dapat di manfaatkan sebagai obat herbal. Sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli obat herbal dari kulit manggis yang cukup mahal.

Adapun cara membuat mudah membuat ekstrak kulit buah manggis sendiri di rumah anda adalah sebagai berikut :

  • Kumpulkan kulit buah manggis setelah dikonsumsi buahnya, Sortir kulit yang bagus, tidak busuk.  Buang tangkai dan kelopaknya.
  • Cuci bersih kulit manggis tersebut agar terbebas dari kotoran dan hama atau ulat buah. Kemudian tiriskan.
  • Potonglah kulit manggis yang telah dicuci bersih dengan pisau yang bersih pula, menjadi potongan kecil kurang lebih ukuran 1 - 2 cm. Tujuan dari pemotongan ini agar proses pengeringan dapat dilakukan lebih cepat.
  • Taruhlah potongan kulit manggis tersebut diatas nampan kayu atau bambu dan tebarlah hingga merata/tidak menumpuk.
  • Jemur potongan kulit manggis tersebut dibawah terik matahari hingga kering dengan sempurna. Jika mempunyai oven, bisa juga dikeringkan dengan menggunakan oven.
  • Setelah kering sempurna, haluskan kulit manggis tersebut dengan blender atau alat tumbuk hingga halus.
  • Simpanlah kulit manggis yang telah dihaluskan dalam botol agar tahan lama, mengingat manggis berbuah musiman tidak setiap hari dapat dijumpai buah manggis dipasaran sehingga dapat di menum kapan saja.
  • Cara minum atau konsumsi bubuk kulit manggis tersebut adalah seperti membuat kopi. Ambil 2 sendok teh bubuk kulit manggis, tuangkan dalam cangkir. Tambahkan gula rendah kalori atau madu sebagai pemanis. Kemudian tambahkan air panas kedalam cangkir tersebut, diamkan beberapa saat hingga suhu hangat dan siap di minum.
Demikian cara mudah membuat ekstrak kulit buah manggis yang dapat anda lakukan sendiri dirumah. Setiap orang pasti dapat melakukannya karena tidak diperlukan peralatan dan bahan yang susah dicari, sudah tersedia disetiap rumah.

Baca juga artikel terkait :
Advertisement advertise here
 
ads here