-->
ads here
banner

Resep Pepes Ikan Patin Kemangi

- 5/07/2017
advertise here
Resep Pepes Ikan Patin Kemangi - Masakan berbahan utama dari ikan menjadi pilihan menarik bagi pecinta kuliner. Hal tersebut dapat dipahami karena selain rasanya yang lezat dengan berbagai variasi maksakan,  ikan juga menjadi salah satu sumber protein tinggi yang sangat baik untuk pemenuhan gizi keluarga.

resep pepes ikan patin kemangi

Ikan patin merupakan salah satu ikan air tawar yang banyak disukai masyarakat dari sekian jenis ikan air tawar. Selain dagingnya yang lunak ikan patin mempunyai struktur tulang atau duri besar besar dan jumlahnya relatif sedikit sehingga mudah sekali untuk dipisahkan anatra daging dan tulang.

Sebetulnya Ikan patin berasal dari perairan Kalimantan, maka tidak heran jika banyak jenis masakan ikan patin yang enak dari daerah ini. Namun demikian pada masa sekarang ikan patin sudah menyebar ke seluruh wilayah Indonesia.

Resep pepes patin kemangi ini entah masakakan khas Sunda, Jawa Barat atau masakan khas Banjarmasin, Kalimantan yang jelas rasanya di jamin lezat dan nikmat. Harumnya daun kemangi dan pedasnya cabe rawit sangat menggugah selera makan.

Pada dasarnya cara membuat pepes ikan kemangi cukup mudah dan sederhana. Yaitu hanya mencampurkan semua bahan dan mengukusnya. Bisa juga di panggang setelah dikukus, untuk memperoleh pepes yang agak kering dan dan menghasilkan aroma yang kuat sehingga menambah selera makan semakin kuat .


Bahan dan Bumbu Pepes Ikan Patin Kemangi

Ikan patin : 1 ekor besar, potong jadi 5 bagian
Garam : 1 sendok teh
Air jeruk nipis : 2 sendok makan
Daun pisang, secukupnya

Bumbu Yang Dipotong :

  1. Daun kemangi : 2 ikat, petik daunya
  2. Cabai rawit merah utuh : 15 buah
  3. Tomat hijau : 5 bh, potong masing-masing jadi 8 bagian
  4. Serai : 3 batang, iris tipis bagian putihnya saja
  5. Daun salam : 2 lembar, potong jadi 2 bagian
  6. Cabai merah : 2 buah, iris serong tipis
  7. Lengkuas : 4 cm, iris tipis

Bumbu Yang Dihaluskan:

  1. Bawang merah : 6 buah
  2. Bawang putih : 3 siung
  3. Cabai merah : 5 buah
  4. Kunyit : 2 cm
  5. Jahe : 2 cm
  6. Kemiri : 4 butir
  7. Garam : 2 sendok teh


Cara Membuat Pepes Ikan Patin Kemangi

Adapun cara mambuat atau memasak pepes ikan patin kemangi adalah sebagai berikut :
  1. Setelah ikan patin di potong dan di cuci bersih, lumuri ikan dengan garam dan perasan jeruk nipis, diamkan selama 15 menit untuk menghilangkan bau amis.
  2. Kemudian tuangkan bumbu yang telah dihaluskan campur dengan ikan. Tambahkan juga bumbu irisan, aduk hingga rata.
  3. Campuran ikan dan bumbu yang telah merata, lalu bungkus dengan daun pisang. Caranya ambil 1-2 lembar (secukupnya) daun pisang, taruh 2 potong ikan patin diatasnya, bungkus/gulung membentuk bulat seperti lontong, ikat ditengahnya dengan tali plastik atau disemat dengan lidi/tusuk sate.
    resep pepes ikan patin kemangi
  4. Setelah semua ikan di bungkus dengan baik, langkah berikutnya yaitu kukus ikan selama 30 menit, atau sampai ikan meresap ke dalam bumbu ditandai dengan keluarnya aroma yang sedap.
  5. Langkah terakhir bakar pepes ikan patin yang telah matang, masih dibungkus daun pisang di atas bara api atau diatas kompor gas dengan api sedang. Angkat ketika daun luar sebagian kering atau gosong.
  6. Hidangkan ketika hangat dengan nasi liwet. 
Demikian resep ppepes ikan patin kemangi. Selamat menikmati.

Advertisement advertise here
 
ads here