-->
ads here
banner

Mengenal Kecoa Amerika, Bahaya dan Pengendaliannya.

- 5/31/2023
advertise here

Kecoa Amerika dengan nama ilmiahnya Periplaneta Americana adalah salah satu jenis kecoa yang paling umum ditemukan di rumah-rumah manusia. Kecoa ini berasal dari Afrika tropis, tetapi telah menyebar ke seluruh dunia melalui perdagangan dan perjalanan. Ukuran tubuhnya terlihat lebih besar dari kecoa jerman, yaitu sekitar 35-40 mm panjang dan 13-15 mm lebar. Warna tubuh dan sayap Kecoa Amerika ini coklat kemerah-merahan dan memiliki sayap lebih lebar dari tubuhnya, sehingga menutupi seluruh tubuh bagian atasnya. Karena sayapnya yang lebar Kecoa ini juga dapat terbang, meskipun jarang melakukannya. 

kecoa amerika
Kecoa Amerika

Baca Juga : Jenis-jenis Kecoa Disekitar Kita

Kecoa Amerika termasuk dalam golongan hewan nokturnal, yang berarti serangga yang aktif di malam hari dan beristirahat di siang hari. Hidupnya berkelompok dan mencari tempat yang gelap, lembab, hangat, dan tersembunyi untuk bersarang. Habitat yang disukai kecoa Amerika antara lain selokan, septic tank, saluran air, bawah tanah, dapur, kamar mandi, gudang, dan tempat sampah. Tubuhnya yang pipih Kecoa ini dapat masuk ke dalam rumah melalui celah-celah, lubang-lubang, atau jalur pipa.

 

Selain serangga nocturnal, Kecoa Amerika termasuk juga dalam golongan hewan omnivora, yang artinya dapat memakan apa saja yang di jumpai. Kecoa ini dapat memakan makanan manusia, sampah organik, bangkai hewan, buah-buahan busuk, kertas, kulit, sabun, dan bahkan rambut. Hebatnya Kecoa Amerika ini dapat bertahan hidup tanpa makanan selama sebulan dan tanpa air selama dua minggu.

 

Produktifitas Kecoa Amerika sangat tinggi dan sulit dikendalikan. Kecoa betina dapat menghasilkan hingga 150 anak dalam satu tahun. Anak kecoa dapat mencapai kematangan seksual dalam waktu 6-12 bulan. Kecoa ini juga memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi dan dapat mengembangkan resistensi terhadap berbagai insektisida.



Kecoa Amerika adalah hewan yang berpotensi membahayakan kesehatan manusia. Kecoa ini dapat menyebarkan berbagai penyakit seperti salmonella, E. coli, disentri, tifus, dan alergi. Kecoa ini juga dapat mengkontaminasi makanan dan permukaan dengan kotorannya, kutikulanya (kulit luar), dan potongan-potongan tubuhnya. Selain itu, kecoa ini juga dapat menimbulkan bau tidak sedap dan merusak barang-barang di rumah.

 

Untuk mengatasi masalah kecoa Amerika di rumah Anda, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

 

- Bersihkan rumah Anda secara rutin dan pastikan tidak ada sumber makanan atau air yang tersedia untuk kecoa.

- Tutup rapat-rapat semua celah-celah, lubang-lubang, atau retakan yang dapat menjadi jalan masuk atau tempat persembunyian kecoa.

- Gunakan perangkap lem atau umpan gel untuk menangkap atau membunuh kecoa yang berkeliaran.

- Gunakan insektisida semprot atau bubuk untuk membunuh kecoa di tempat-tempat sulit dijangkau.

- Hubungi ahli pengendalian hama profesional jika masalah kecoa sudah terlalu parah atau tidak dapat ditangani sendiri.

 

Demikianlah sekelumit tentang Kecoa Amerika, bahaya dan pengendaliannya. Semoga dengan artikel ini kita menjadi waspada dan selalu menjaga kebersihan serta melakukan pengendalian pupulasinya, agar terhindar dari penyakit yang disebarkan oleh Kecoa ini

Baca Juga : Mengenal Kecoa Jerman, Bahayanya dan Pengendaliannya
Advertisement advertise here
 
ads here