-->
ads here
banner

Benarkah Micin Bagus Untuk Pupuk Tanaman Cabe

- 5/27/2023
advertise here

Micin atau MSG (monosodium glutamate) adalah salah satu bahan yang biasa digunakan sebagai penyedap rasa masakan. Namun, ternyata MSG juga dapat di jadikan sebagai pupuk untuk berbagai tanaman termasuk tanaman cabe, terutama cabe rawit. Pupuk MSG dapat membantu tanaman cabe menjadi lebih sehat, segar, tumbuh cepat, berbunga lebat, dan berbuah banyak.

micin atau msg untuk tanaman cabe
Micin atau Monosodium Glutamat

 

Pupuk MSG mengandung unsur hara seperti natrium (Na) dan kalium (K) yang sangat penting untuk kesuburan tanam dan pertumbuhan cabe. Natrium dapat meningkatkan daya tahan tanaman terhadap hama dan penyakit, sedangkan kalium dapat mempercepat proses pembungaan dan meningkatkan kualitas buah.

Cara membuat pupuk MSG untuk tanaman cabe sangat mudah dan murah. Anda hanya perlu membeli MSG merk Ajinomoto atau merk lain yang banyak dijual di pasaran. Takaran yang dianjurkan adalah 5 bungkus MSG ukuran 200 gram dicampur dengan 10 liter air. Aduk sampai larut dan pupuk cair MSG siap digunakan.

Baca Juga : Luar Biasa ! Kunyit Bermanfaat Untuk Tanaman Cabe




Cara mengaplikasikan pupuk MSG untuk tanaman cabe adalah dengan menyiramkan ke masing-masing tanaman. Dosis yang diberikan adalah setengah gelas (100 ml) per tanaman. Berikan pupuk MSG setiap dua minggu sekali, mulai dari umur tanaman 20 hari setelah tanam hingga masa panen.

Pupuk MSG untuk tanaman cabe telah terbukti efektif dalam meningkatkan produksi dan kualitas cabe rawit. Namun, Anda juga jangan meninggalkan pupuk lainnya baik pupuk organik maupun pupuk anorganik dan juga harus memperhatikan faktor-faktor lain seperti penyiraman, penyiangan, pemangkasan, dan pemberantasan hama dan penyakit secara rutin. Selamat mencoba!

Baca Juga : Cara Efektif Mempercepat Pertumbuhan Cabe


Advertisement advertise here
 
ads here