-->
ads here
banner

Cara Mengusir Nyamuk Dengan Serai atau Sereh

- 12/12/2014
advertise here
Cara Mengusir Nyamuk Dengan Serai atau Sereh - Keberadaan nyamuk sering kali membuat kita jengkel karena gigitannya, walaupun tidak sakit namun membuat kita tidak nyaman. Apalagi nyamuk adalah salah satu vektor penyebar penyakit menular seperti penyakit demam berdarah, malaria dan filariasis atau kaki gajah.

 Sedemikian mengganggunya keberadaan nyamuk dalam rumah kita, untuk itu perlu di basmi atau minimal di usir dari rumah kediaman kita agar nyaman selama berada di rumah. Ada berbagai cara mengusir nyamuk baik secara kimiawi maupun non kimiawi.  Kali ini akan di bahas tips cara mengusir nyamuk yang aman tanpa efek samping yaitu dengan menggunakan tanaman serai atau sereh.
mengusir nyamuk dengan serai
Serai yang di pangkas rapi

Cara Mengusir Nyamuk Dengan Tanaman Serai/Sereh,

Cara mengusir nyamuk dengan menggunakan tanaman serai ini cukup mudah yaitu :

- Tanamlah serai di bawah jendela atau semping pintu atau sekeliling rumah. jika tidak ada tanah kosong dapat juga di tanam pada pot. Cara menanam seperti halnya menanam tanaman pada umumnya, di susun berderet.

- Setelah tanaman besar, pangkaslah tanaman serai tersebut dengan bentuk sesuia selera anda. Dapat berbentuk kotak atau bulat. Maksud dan tujuan pemangkasan ini adalah kecuali untuk merapikan tanaman serai agar indah juga untuk menimbulkan aroma khas yang wangi/ sedap. Aroma yang ditimbulkan ini baik untuk aroma terapi, tetapi tidak di sukai oleh nyamuk. Jika anda sering memangkas tanaman serai ini maka setiap hari akan berabau khas serai. Pangkaslah sedikit demi sedikit agar  dapat lebih sering memangkas serai.


mengusir nyamuk dengan minyak serai

Cara Mengusir Nyamuk Dengan Minyak Serai / sereh

Cara kedua yaiu dengan menggunakan minyak atsiri dari tanaman serai ini. Minyak serai dapat anda dapatkan dengan mudah di toko sekitar kota anda. adapuncaranya adalah sebagai berikut :

-  Sediakan minyak serai, mangkok kecil dari keramik dan tungku pembakaran kecil/ mini yang biasa dipakai untuk memanaskan minyak aroma terapi.

- Tuanglah minyak serai yang telah di beli tadi pada mangkok kecil dengan di tambah sedikit air untuk mengencerkan. Jangan terlalu encer agar aromanya tetap tercium tajam.

- Letakkan mangkok yang telah terisi minyak serai tadi di atas tungku mini. Kemudian panaskan dengan lilin. Jika tungku tersebut tungku elektrik untuk memanaskan tinggal colokkan pada stop kontak listrik. Lakukan hal tersebut pada kamar atau ruangan yang banyak nyamuk. Tutuplah kamar hingga aroma minyak sereh tercium tajam, Setelah di rasa cukup tajam aromanya pintu kamar bisa di buka untuk memberi kesempatan nyamuk agar keluar dari kamar. Anda bisa membantu mengeluarkan nyamuk dengan mengkibas kibas seluruh sudut ruangan dengan kain atau sapu agar nyamuk keluar.


Cara lain mengusir nyamuk dapat anda baca pada artikel : Cara Mengusir Nyamuk Tanpa Bahan Kimia
Advertisement advertise here
 
ads here