Jasa Taman Dan Tanam Rumput

Hub : 0812 9711 5645

Ciri dan Asal Usul Durian Musang King

Ciri dan Asal Usul Durian Musang King - Durian Musang King adalah salah satu durian unggul dari Malaysia. Rasanya terkenal lezat, berdaging tebal, manis dan legit yang memanjakan lidah. Beberapa pecinta durian menyatakan bahwa kelezatan durian Musang King bahkan melebihi durian Montong asal Thailand yang lebih popular terlebih dahulu.

Tak ayal karena kelezatannya durian Musang King cepat menyebar dari mulut ke mulut, hingga popular dan sangat diminati di Singapura dan Indonesia serta negara sekitarnya.

ciri dan asal usul durian musang king

Asal-usul Durian Musang King

Asal mula durian ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1990. Di negara asalnya Malaysia dikenal dengan sebutan durian mao shan wang yang artinya raja kucing.

Pada saat itu Malaysia khususnya d ikawasan Tanah Merah di Kelantan dihebohkan dengan pohon durian yang menghasilkan buah yang berkualitas. Warna dagingnya kuning, tebal, lembut, manis sedikit pahit serta memiliki biji yang sangat kecil.


Selanjutnya pada 1993 seseorang warga bernama Wee Chong Beng mendaftarkan durian ini sebagai durian unggul yang di berikan nama durian Raja Kunyit. Alasan pemberian nama ini karena durian ini memiliki warna daging kuning seperti diberi pewarna tmabhan dengan kunyit.

Ternyata sebutan nama durian Raja Kunyit oleh Wee Chong Beng kalah popular oleh sebagian besar warga yang menyebut durian tersebut dengan sebutan durian  Musang King. Sebutan durian Musang king ini dikarenakan lokasi pohon induknya berada di dekat Gua Musang di Kelantan.

Kepopuleran durian Musang King menyebar cepat ke selurunh negara Jiran ini. Para petani secara berbondong-bondong menanam bibit durian musang king. Hingga pada tahun 2000 pohon durian yang ditanamnya mulai berbuah dan dapat dipanen.

Dari tahun ke tahun durian Musang King selalu mendapat respon pecinta dan penikmat durian yang cukup baik, sehingga membuat populasi durian musang king ini semakin berkembang. Semakin banyak pula petani yang membudidayakannya. Pada akhirnya pihak Kementerian Pertanian Malaysia mencatat varietas durian ini sebagai varietas durian ke-197 dan mendapatkan kode D-197.

Baca juga artikel : Cara Menanam Durian Musang King

Cirikhas Buah durian Musang King

Buah durian Musang King memiliki crikhas utama bijinya kecil, daging buahnya tebal dan berwarna kuning tajam jika sudah matang sempurna.

Ciri lain diantaranya teksturnya lembut dan tidak berserat, dengan rasanya yang sangat populer dengan rasa manis legit dengan sedikit semburat pahit yang berpadu sehingga memiliki rasa unik dan khas ketika di rasakan oleh lidah, berbeda dengan durian varietas lainnya.

ciri dan asal usul durian musang king


Di Indonesia durian Musang King masih jarang di jumpai, karena belum banyak petani yang membudidayakan sehingga harganyapun masih terbilang tinggi. Di kalangan pedagang kecil masih masih belum banyak yang menjualnya, hanya pedagang buah besar dan supermarket buah saja yang sudah menyediakan durian ini. Adapun pohon atau bibit durian Musang King sudah banyak di jual baik penjual online maupun offline.
Share on Google Plus

About Widodo Sukses

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

- Bebas berkomentar dengan bahasa yang sopan dan santun tanpa unsur sara.
- Lebih seru kunjungi : "Forum Asyik Berkebun" untuk Sharing, Tanya-jawab, Promosi usaha/jual-beli, dll.
- Untuk teman BLOGGER dilarang keras "Copy Paste" artikel ini.