-->
ads here
banner

Alat Perangsang Pertumbuhan Ikan Lele

- 9/03/2017
advertise here
Alat Perangsang Pertumbuhan Ikan Lele - Patut diacungi jempol, bahwasanya mahasiswa Indonesia tidak kalah dengan mahasiswa luar negri. Untuk mengembangkanbudidaya dan  produksi ikan lele, Lima mahasiswa dari Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) dan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya merancang alat perangsang pertumbuhan ikan lele dari medan listrik.

Hal tersebut di kemukakan Endah Rochmatika, Mahasiswa FPK UNAIR di Surabaya, Kamis (31/8)bahwa dirinya bersama tiga rekannya dari FPK yakni Dimas Jaya Subakti, Regita Dwi Ayu Armeda, Elsa Mirantika yang bekerjasama dengan mahasiswa prodi Otomasi dan Sistem Instrumentasi FST, Abdul Hamid melakukan penelitian untuk membuat alat medan listrik sebagai stimulator atau alat perangsang pertumbuhan gonad ikan lele dumbo.

alat perangsang pertumbuhan ikan lele


"Saat ini belum ada teknologi tepat guna yang dapat mengatasi persoalan para pembudidaya dalam meningkatakan produksi ikan lele secara massal dan kontinyu. “ Tutur Endah.
Alat perangsang pertumbuhan ikan lele yang dikembangkannya memanfaatkan pemaparan medan listrik pada gonad ikan lele dumbo. Dengan adanya medan listrik tersebut diharapkan dapat menghasilkan suatu getaran-getaran biolistrik yang dapat merangsang peningkatan proses metabolisme. Sehingga  dengan metabolisme yang baik pada tubuh ikan lele maka sebagian besar energi tertuju pada perkembangan reproduksi.

Selain meningkatkan proses metabolisme, lanjut Endah,  medan listrik juga dapat merangsang hormon reproduksi ikan untuk bekerja lebih cepat, sehingga menghasilkan hormon yang dapat mempercepat terjadinya kematangan reproduksi ikan dan ikan siap dipijahkan.

"Teknik pemanfaatan pemaparan medan lisrik ini sebagai stimulator kematangan gonad ikan dan dapat meningkatkan ketersediaan benih ikan lele dengan kuantitas yang banyak sebagai suatu keberlanjutan usaha budidaya perikanan, khusunya dalam bidang komoditas ikan lele dumbo," ujarnya.


Untuk dapat menghasilkan alat ini, pihaknya menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan sembilan perlakuan dan tiga kali ulangan, serta kontrol sebagai pembanding. Pada uji analisis satistik (ANNOVA) selang kepercayaan 95 persen, sementara data berat gonad ikan lele dumbo didapatkan hasil tidak berpengaruh nyata pada alat medan listrik terhadap perkembangan gonad ikan lele dumbo. 


"Hal ini dikarenakan pada saat pemeliharaan, pemaparan medan listrik tidak tertuju langsung pada organ reproduksi ikan," ujarnya.

Endah mengemukakan, pada penelitian ini pemaparan medan listrik dilakukan melalui air dalam aquarium yang di dalamnya terdapat lele dumbo. Sedangkan getaran biolistrik tersebut tertuju ke seluruh tubuh ikan lele dumbo melalui linea lateralis, sehingga tidak signifikan terhadap organ reproduksinya.

Setelah empat kali pemaparan medan listrik pada gonad, hasilnya ikan mengalami pertambahan berat yang ditandai bahwa dengan adanya konsumsi pellet dalam jumlah dan intensitas yang banyak melebihi biasanya.


Kesimpulan yang di dapat dari hasil penelitian alat perangsang pertumbuhan ikan lele, yaitu medan listrik dapat merangsang nafsu makan sehingga pertumbuhan ikan lele meningkat tajam, seperti tutur Endah Rochmatika "Jadi pemaparan medan listrik hanya merangsang nafsu makan untuk meningkatkan laju metabolisme tubuh ikan, sehingga laju pertumbuhan ikan lele dumbo meningkat," 
Sumber : Antara News

Advertisement advertise here
 
ads here