-->
ads here
banner

10 Jenis Tanaman Hias Sansevieria / Lidah Mertua Untuk Di koleksi

- 5/27/2023
advertise here

Tanaman hias sansevieria adalah tanaman tropis yang biasa dikenal dengan sebutan "Lidah Mertua" atau "Snake Plant". Tanaman ini berasal dari Afrika Barat dan Tengah, dan merupakan salah satu tanaman hias yang paling populer di seluruh dunia karena keindahan bentuk dan kemudahan perawatannya.

Tanaman Hias Sansevieria

Sansevieria memiliki daun tebal dan tegak, dengan bentuk yang bervariasi antara bulat, lancip, atau pedang. Warna daunnya bervariasi dari hijau keabu-abuan, hijau keperakan, hingga kuning keemasan. Beberapa jenis sansevieria memiliki pola garis atau bintik-bintik pada daunnya.

Sansevieria merupakan tanaman yang sangat mudah dirawat dan tahan terhadap berbagai kondisi tumbuh. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di tempat yang cahayanya cukup terang hingga sedang, serta dapat tumbuh dalam kondisi tanah yang kering atau basah. Sansevieria juga tahan terhadap berbagai jenis hama dan penyakit.

 

Berikut adalah 10 jenis tanaman hias Sansevieria sebagai referensi untuk anda koleksi:

  1. Sansevieria Trifasciata (Lidah Mertua)

Tanaman sansevieria yang paling umum ditemui. Memiliki daun tebal berbentuk pedang dengan garis-garis hijau atau kuning. Mudah dirawat dan tahan terhadap berbagai kondisi tumbuh.

  1. Sansevieria Masoniana (Lidah Mertua Kuping Gajah)

Dikenal dengan nama "Earleaf Sansevieria" karena bentuk daunnya yang mirip telinga gajah. Daunnya tebal, berwarna hijau keabu-abuan, dan bisa tumbuh hingga 2 meter.

  1. Sansevieria Cylindrica (Lidah Mertua Silinder)

Sansevieria dengan daun silinder panjang yang tumbuh tegak. Biasanya berwarna hijau kebiruan atau keabu-abuan dan memiliki garis-garis hijau muda di sepanjang tepinya.

  1. Sansevieria Ballyi (Lidah Mertua Bally)

Memiliki daun yang lebih kecil daripada sansevieria lainnya. Daunnya berbentuk panjang dan lancip, dengan garis-garis tipis dan abu-abu hijau di tepinya.

  1. Sansevieria Kirkii (Lidah Mertua Kirk)

Memiliki daun berbentuk hati dengan tepi yang meruncing. Daunnya berwarna hijau keabu-abuan dan terkadang muncul bintik-bintik putih di bagian atasnya.





  1. Sansevieria Golden Hahnii (Lidah Mertua Emas Hahnii)

Sansevieria yang berukuran kecil dengan daun berwarna hijau kekuningan. Daunnya berbentuk roset dan berdiri tegak.

  1. Sansevieria Moonshine

Memiliki daun tebal berbentuk pedang yang berwarna hijau keperakan. Sansevieria ini mudah dirawat dan cocok untuk ditempatkan di dalam ruangan.

  1. Sansevieria Fernwood Mikado

Sansevieria yang memiliki daun pendek berbentuk lancip dengan garis-garis putih di tepinya. Daunnya tumbuh dalam bentuk kerucut dan bisa mencapai ketinggian 60 cm.

  1. Sansevieria Laurentii

Memiliki daun berwarna hijau gelap dengan garis-garis kuning di tepinya. Sansevieria ini tahan terhadap berbagai kondisi tumbuh dan dapat tumbuh hingga 1 meter.

  1. Sansevieria Francisii

Sansevieria yang tumbuh dengan pola merambat. Daunnya pendek dan berbentuk bulat dengan garis-garis putih di tepinya. Sansevieria ini cocok untuk ditempatkan di rak atau meja.

Selain memiliki jenis yang beraneka macam bentuk dan warna yang menarik, sansevieria juga memiliki kemampuan untuk membersihkan udara dari berbagai polutan, seperti formaldehida, benzene, dan trichloroethylene, sehingga cocok ditempatkan di dalam ruangan sebagai tanaman penghias dan penyaring udara.

Sansevieria dapat ditanam di pot dan ditempatkan di berbagai sudut rumah, mulai dari ruang tamu, kamar tidur, kantor, hingga di balkon atau teras. Jadi, sansevieria adalah pilihan tanaman hias yang ideal untuk orang yang sibuk atau tidak memiliki waktu banyak untuk merawat tanaman, tetapi ingin memiliki tanaman penghias yang indah dan fungsional di rumah atau kantornya.

Advertisement advertise here
 
ads here