Jasa Taman Dan Tanam Rumput

Hub : 0812 9711 5645

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan - Sudah sejak ribuan tahun lalu umat muslim telah meyakini manfaat buah tin. Manfaat tersebut di ketahui bukan melalui riset dan penelitian tetapi melalui firman Tuhan yang tersirat di dalam Alquran, kitab umat Islam. Bahkan buah tin menjadi nama dalam sebuah surat dalam Alqur’an yaitu surat Attiin

kandungan gizi dan manfaat buah tin untuk kesehatan

Dengan adanya firman Tuhan tersebut maka orang Arab sering menggunakan buah tin sebagai obat berbagai penyakit. Diantaranya untuk meningkatkan produksi air susu ibu, mengatasi nyeri haid atau menstruasi. Setelah jaman berkembang maka dapat diketahui kandungan nutrisi/gizi buah tin serta manfaatnya lebih banyak melalui riset dan penelitian.

Kandungan Gizi Buah Tin

Buah tin merupakan salah satu buah yang kaya nutrisi atau nilai  gizinya. Berikut ini adalah  kandungan gizi buah tin per 100 gram, yaitu:

   1. Nutritional value per 100 g (3.5 oz)
   2. Energy 250 kcal 1040 kJ
   3. Carbohydrates 63.87 g
   4. Sugars 47.92 g
   5. Dietary fiber 9.8 g
   6. Fat 0.93 g
   7. Protein 3.30 g
   8. Thiamine (Vit. B1) 0.085 mg
   9. Riboflavin (Vit. B2) 0.082 mg
  10. Niacin (Vit. B3) 0.619 mg
  11. Pantothenic acid (B5) 0.434 mg
  12. Vitamin B6 0.106 mg
  13. Folate (Vit. B9) 9 μg
  14. Vitamin C 1.2 mg
  15. Calcium 162 mg
  16. Iron 2.03 mg
  17. Magnesium 68 mg
  18. Phosphorus 67 mg
  19. Potassium 680 mg
  20. Zinc 0.55 mg

Baca juga : 3 Teknik Perbanyakan Pohon Tin


Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan

Dari hasil riset dan penelitian di peroleh juga berbagai manfaat buah tin. Seperti pendapat yang diungkapkan oleh peneliti asal Amerika yaitu Professor J. A. Vinson, U of Scranton, USA menyebutkan bahwa buah Tin tidak mengandung garam, lemak dan kolesterol, tetapi mengandung lebih tinggi kalium, serat dan zat besi. Hasil penelitian dalam 100gram buah Tin, mengandung 20% daripada keperluan zat serat seharian untuk tubuh kita. Dari jumlah tersebut, lebih 28% adalah jenis serat terlarut.

kandungan gizi dan manfaat buah tin untuk kesehatan

Adapun manfaat lain dari buah tin bagi kesehatan tubuh kita yaitu antara lain:
  1. Menyembuhkan wasir. Kandungan serat yang tinggi dalam buah tin berfungsi memperlancar buang air besar sehingga bagus untuk penyembuhan penyakit wasir.
  2. Mengobati encok. Encok disebabkan oleh berlebihan makan daging yang menyebabkan kerusakan asam amino, yaitu asam sel somatic. Buah tin memiliki kaitan dengan enzim yang khusus mengubah trimethyl menjadi asam folat. Enzim yang biasanya bekerja dalam satu sisi saja maka ia bekerja dalam dua sisi secara seimbang. Oleh karena itu buah tin mampu menormalkan kinerja enzim.
  3. Menurunkan berat badan. Buah tin kaya kandungannya akan serat, oleh karena itu buah tin sangat baik menjadi menu pilihan untuk diet dalam menurunkan berat badan.
  4. Mengurangi tekanan darah tinggi. Kandungan-kandungan buah tin seperti serat, kalium, dan magnesium dapat mengurangi serangan angin dan mampu mengontrol tekanan darah tinggi.
  5. Mengontrol gula darah. Gabungan zat yang terkandung dalam buah tin yaitu serat yang tinggi dan gugus karbohidrat dalam bentuk yang ringkas seperti glukosa dan fruktosa mampu mengontrol kadar gula darah seseorang. Selain itu kandungan serat yang terdapat di dalam buah tin juga dapat memperlahan proses penyerapan glukosa di usus kecil, untuk itu sangat cocok bagi penderita penyakit kencing manis
  6. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hasil penelitian dalam 100 gram buah Tin, mengandung 20% kebutuhan zat serat harian tubuh kita. Dari jumlah tersebut, lebih 28% adalah jenis serat terlarut. Penelitian menunjukkan, bahwa serat terlarut mengurangi kolesterol dalam darah dengan mengikatnya di dalam saluran pencernaan, manakala serat tidak larut,
  7. Mencegah penyakit kanker. Buah Tin dipercaya mempunyai kasiat melawan kanker. Kandungan "polyphenols" yang tinggi berfungsi sebagai antioksidan yang amat penting bagi tubuh, karena dapat berfungsi mencegah timbulnya radical bebas dalam tubuh yang menyebabkan penyakit kanker. 
  8. Mencegah kanker prostat. Selain polyphenols buah Tin juga mengandung unsur lain yang baik untuk mencagah penyakit kanker, yaitu "benzaldehyde" dan "coumarins". "Benzaldehyde" telah terbukti mampu bertindak sebagai bahan anti tumor sedangkan "coumarins" bermanfaat  untuk merawat kulit dan mencagah penyakit kanker prostate.
  9. Mencegah penyakit jantung coroner. Buah tin mengandung kalium, omega tiga dan omega enam yang berfungsi untuk menjaga tekanan darah tinggi dan serangan jantung koroner.
  10. Mencegah osteoporosis. Buah tin juga mengandung kalsium untuk mencegah osteoporosis dan membantu meningkatkan kepadatan tulang. Dengan kandungan kalsium yang tinggi,sehingga buah tin dapat dikonsumsi setiap hari, sebagai alternatif asupan kalsium bagi orang yang tidak mnyukai atau alergi terhadap produk susu.
  11. Mencegah insomnia. Kandungan trytophan dapat mencegah insomnia dan membuat kualitas tidur yang baik.
  12. Menyembuhkan penyakit sembelit. Kandungan serat yang tinggi dalam buah tin dapat membantu menyembuhkan sembelit kronis.
Demikian kandungan gizi dan manfaat buah tin yang di nukil dari beberapa sumber terpercaya. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Cara Menanam Dan Merawat Pohon Tin Agar Berbuah Lebat
Share on Google Plus

About Widodo Sukses

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

- Bebas berkomentar dengan bahasa yang sopan dan santun tanpa unsur sara.
- Lebih seru kunjungi : "Forum Asyik Berkebun" untuk Sharing, Tanya-jawab, Promosi usaha/jual-beli, dll.
- Untuk teman BLOGGER dilarang keras "Copy Paste" artikel ini.