-->
ads here
banner

Ecorium Korea Green House 5 Iklim

- 12/15/2014
advertise here
Ecorium Korea Green House 5 Musim - Sebuah karya arsitektur yang menakjubkan dari Korea Selatan telah menggebrak dunia khusunya yang berkaitan dengan bidang penelitian tentang lingkungan hidup. Karya arsitektur tersebut adalah sebuah green house raksasa dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 4000 meter persegi, di daerah Seocheon, Korea selatan.

ecorium greenhouse

Ecorium adalah sebutan bagi green house yang di rancang untuk memodifikasi iklim dalam 5 jenis daerah iklim. Tujuan di bangun Ecorium sebagai pusat penelitian dan display ekologi nasional (National Ecology Center) dalam rangka pelestarian lingkungan hidup dan restorasi ekology. Kelima zona iklim ditutupi dengan rumah kaca berisi berbagai flora dan fauna khas pada masing masing iklim. Zona iklim tersebut yaitu :

1. Green house dengan modifikasi iklim seperti daerah hutan hujan tropis.
2. Green house  dengan modifikasi iklim seperti hutan pada sebuah pegunungan.
3. Green house yang memodifikasi iklim seperti hutan tropis kering
4. Green house dengan modifikasi iklim seperti hutan sub tropis yang sejuk
5. Green house dengan modifikasi iklim seperti suasana kutub antartika

ecorium greenhouse

Perancang desain ecorium ini adalah Grimshaw Arsitek bekerjasama dengan SAMOO arsitek & engineering. Mega proyak ini didanai pemerintah dan Ecoplex yang merupakan sebuah institut ekology nasional Korea. Pola atau desain green house ini terinsipirasi alam pegunungan dan sungai yang berkelok kelok. Bentuk sabit didasarkan pada bentuk danau oxbow.

ecorium korea greenhouse 5 musim

Karean fungsinya sebagai upaya pelestarian lingkungan hidup maka green house ini dirancang sedemikian rupa hingga dapat menkonsumsi energi seefisien mungkin dengan dampak lingkungan yang bersahabat terhadap alam. Ecoriom diharapkan menjadi landmark hijau dalam upaya menuju masyarakat hijau dengan emisi karbon rendah.

Penutup green house dengan sistem kaca ringan di pasang miring dengan maksud untuk memaksimalkan cahaya matahari di dalam ruangan green house untuk mendorong pertumbuhan tanaman dan mengurangi kebutuhan penerangan listrik serta dapat mengumpulkan jatuhnya  air hujan untuk ditampung dalam sebuah danau yang selanjutnya di manfaatkan untuk penyiraman tanaman.

Baca juga : Green House Unik Berbentuk Kubah  dan  Green House Terbesar Di Dunia The EdenProject 

Advertisement advertise here
 
ads here