-->
ads here
banner

Green House Unik Berbentuk Kubah

- 12/14/2014
advertise here
Green House Unik Berbentuk Kubah - Green hosue pada umumnya berfungsi sebagai sarana untuk budidaya tanaman. Namaun seiring dengan perkambangan zaman, teknologi dan kebutuhan manusia yang terus meningkat maka fungsi green house barkembang pula, di antaranya green house berfungsi untuk sarana wisata, restouran, penangkaran burung dan lainya.

Bentuknya pun semakin berkembang menjadi bermacam macam bentuk. Salah satu bentuk yang unik dan menarik adalah green house berbentuk kubah, selain mengacu pada fungsi, biaya, juga nilai estetika atau keindahan. Green haouse yang unik berbentuk kubah itu antara lain :

green house berbentuk kubah
Green house berbentuk kubah

1. Green House Berbentuk Kubah TMII

Green house yang berada di TMII (Taman Mini Indonesia Indah) Jakarta ini adalah sebagai sarana wisata flora dan fauna. Karena fungsi utamanya untuk pemeliharaan flora dan fauna sehingga green house ini di desain seperti kurungan raksasa. Tidak beratap kaca atau fiber glass seperti  green house pada umumnya, melainkan tertutup oleh anyaman besi sehingga suasana di dalam green house tersebut seperti suasana alam. Tidak ada modifikasi suhu, kelembaban atau suasana lainya.

Green house ini di namakan taman burung karena di dalamnya hidup ratusan jenis burung dari berbagai wilayah seluruh Indonesia dan manca negara. Bermacam pohon ditanam untuk menyediakan kebutuhan makanan alami bagi burung burung yang berada di dalamnya. Disediakan juga kolam ikan yang menarik serta beberapa kafetaria yang menyediakan makanan dan minuman sebagai tempat istirahat ketika lelah menjelajahi kurungan raksasa ini.

Green house unik berbentuk kubah ini di bangun pada jaman pemerintahan Suharto, sekitar tahun 1975 dan diresmikan tanggal 16 Agustus 1976. Pada awalnya taman burung ini di bangun satu kubah namun pada perkembangan berikutnya di bangun menjadi 9 kubah, peresmianya pada tanggal 27 April 1987.

Dimensi atau ukuran green house ini bergaris tengah 68 m dengan ketinggian 30 m. Kubah paling kecil berukuran 20 m (garis tengah) dan tinggi 9 m. Di bagian pinggir di buat kandang kandang dengan berbagai koleksi burung sehingga dapat di nikmati dari luar kubah.

Koleksi burung taman burung TMII ini merupakan koleksi yang terlengkap jika di bandingkan dengan koleksi kebun binatang di seluruh Indonesia, yaitu terdiri dari 312 jenis burung baik berasal dari Indonesia juga dari manca negara tetapi dari jumlahnya bisa mencapai ribuan ekor burung. Misalnya Elang Jawa, Elang Bondol, Jalak Bali, Rangkong, Beo, Burung Unta, Onagani dan lain lain

green house kubah
Greenhouse Yumenoshima Jepang

2. Green House Berbentuk Kubah Yumenoshima Jepang

Green haouse unik berbentuk kubah lainya yaitu yang berada di Jepang. Green house ini di beri nama Yumenoshima Tropical Greenhouse Dome. Di bangun di pulau Yumenoshima pada tahun 1988. Green house ini merupakan taman botani dengan koleksi tanaman mencapai 1000 spesies / jenis tanaman tropis maupun sub tropis dari berbagai negara. Tempat ini kecuali tempat wisata yang indah juga sebagai tempat belajar bagi warga tokyo dan sekitarnya mengenal lebih dakat berbagai spesies tanaman.

Yumenoshima Tropical Greenhouse Dome terdiri dari tiga kubah yang saling berhubungan yaitu Dome A, Dome B dan Dome C. Dome A berisi hutan huajn dengan dominasi tanaman pakis dan air terjun. Dome B berisi sebuah desa tropis dan Dome C berisi koleksi tanaman kahas kepulauan Ogasawara.


Luasnya mncapai 1500 m2 dengan ketinggian kubah mencapai 28 m. Untuk dapat membuat suasana tropis di dalam green house ini diatur suhu dan kelembabanya dengan peralatan yang canggih serba komputer. Suhu dalam ruangan diatur stabil 15 derajat Celsius bahkan pada musim dingin. Jika pada musim dingin penghangatan suhu ruangan di ataur dengan pembakaran sampah unit Shin-koto. Disini pengunjung di manjakan susana tropis yang asri sejuk dan nyaman.


3. Green House Unik Berbentuk Kubah The Project Eden

The project eden adalah green house berbentuk kubah terbesar di dunia dengan taman surga firdaus yang indah dan menakjubkan, ulasannya dapat di baca disini


4. The Royal Greenhouse Of Laeken

The royal green house of laeken adalah green house yang di bangun oleh raja Leopold II di Brussel, Belgia. Ulasan selengkapnya dapat di baca disini

Baca juga artikel : Ecorium, Korea Green House Dengan 5 Iklim
Advertisement advertise here
 
ads here