-->
ads here
banner

Manfaat MSG Untuk Tanaman

- 5/24/2017
advertise here
Manfaat MSG Untuk Tanaman - Sudah sangat popular dan pastinya setiap orang mengenal khususnya kaum ibu bahwa mecin atau vetsin atau monosodium glutamate (MSG) merupakan penyedap masakan yang banyak digunakan di masyarakat. MSG tersedia dalam beberapa merk, misalnya : ajinomoto, miwon, sasa dan lain lainya.

manfaat msg untuk tanaman
MSG (Monosodium Glutamat)


Penggunaan MSG sebagai memangyedap rasa sudah sangat lumrah kita temui di masyarakat dan memang itulah fungsi utamanya. Namun demikian di dunia tanaman, MSG ternyata bermanfaat juga sebagai penyubur tanaman. Entah sejak kapan dan siapa yang memulai pertama kali tidak diketahui secara pasti. 

Yang sering jadi pertanyaan tentang MSG, betulkah bisa menyuburkan tanaman? Sebetulnya kandungannnya apa sih? Baiklah, disisni akan kita kupas secara mendalam tentang manfaat MSG uuntuk tanaman.

Sekilas tentang Monosodium Glutamat

Monosodium glutamate (MSG) atau Sodium Glutamat  atau Mononatrium Glutamat atau sering disebut juga vetsin atau micin, merupakan garam natrium dari asam glutamat yang merupakan salah satu jenis asam amino non-esensial paling berlimpah yang terbentuk secara alami.

Produsen industri makanan menggunakan MSG sebagai penguat cita rasa karena zat ini mampu menyeimbangkan, menyatukan, dan menyempurnakan persepsi total rasa lainnya. Merk dagang monosodium glutamat yang banyak beredar di Indonesia diantaranya Ajinomoto, Miwon, Sasa dan lainnya.

Asal mula MSG berasal dari temuan seorang professor dari Jepang yaitu Profesor Kikunae Ikeda pada tahun 1908. Kristal MSG didapatnya dengan mengisolasi asam glutamat dari ganggang laut Laminaria japonica, kombu, dengan ekstraksi air kemudian melakukan  kristalisasi.

Rasa khas MSG yang asing dinamai dengan rasa umami. Profesor Kikunae Ikeda memperhatikan bahwa kaldu Jepang katsuobushi dan kombu mempunyai rasa tidak biasa yang pada waktu itu belum secara ilmiah dideskripsikan dan berbeda dari rasa manis, asin, asam, dan pahit.

Kemudian Profesor Ikeda menamai produk ini sebagai monosodium glutamat dan mengajukan hak paten untuk memproduksi MSG. Oleh Suzuki bersaudara pada tahun 1909 memulai produksi MSG secara komersial dengan merk dagang AJI-NO-MOTO. Ajinomoto yang dalam bahasa Jepang berarti intisari rasa, dan ini merupakan kali pertama monosodium glutamat diproduksi di dunia. 

Kandungan Unsur Hara Dalam MSG

Selain untuk menambahkan rasa pada masakan ternyata MSG juga bermanfaat untuk tanaman. Jika dilihat dari kandungannya, memang MSG terdiri dari unsur hara yang dapat menyuburkan tanaman yaitu senyawa C, H, O, N, dan Na.

struktur kimia msg

Adapun manfaat unsur unsur dalam senyawa MSG antara lain :

1. Karbon (C)

Karbon merupakan unsur penting dalam fotosintesis tanaman dengan bantuan sinar matahari sebagai pembangun bahan organic. Tanaman mengambil karbon dari alam melalui daun dan akar dalam bentuk senyawa CO2 ( karbon dioksida) dan senyawa karbon lainnya. Bahan organic dalam tanaman yang di bentuk karbon seperti bahan bahan kering dari tanaman, misalnya kulit kayu, kulit buah dan lainya

2. Oksigen (O)

Oksigen diserap tanaman dari udara oleh daun dan dari tanah oleh akar berupa senyawa CO2 dan H2O (air). Fungsinya juga sebagai pendukung pembangun bahan organik tanaman.

3. Hidrogen (H)

Hidrogen merupakan elemen pokok pembangunan bahan organic selain karbon dan oksigen. Tanaman menyerap hidrogen sumbernya dari air

4. Nitrogen (N)

Diambil dan diserap oleh tanaman dalam bentuk senyawa NO3- NH4+. Fungsi utama Nitrogen bagi tanaman adalah:
  • Diperlukan untuk pembentukan atau pertumbuhan bagian vegetatif tanaman, seperti daun, batang dan akar.
  • Berperan penting dalam hal pembentukan hijau daun atau klorofil yang berguna sekali dalam proses fotosintesis.
  • Membentuk protein, lemak dan berbagai persenyawaan organik.
  • Meningkatkan mutu tanaman penghasil daun-daunan.
  • Meningkatkan perkembangbiakan mikro-organisme di dalam tanah. Mikroorganisme dalam tanah sangat bermanfaat dalam memacu pembentukan unsur hara yang bermanfaat bagi tanaman.

5. Natrium (Na)

Manfaat unsur Natrium berperan dalam pembentukan stomata pada daun  pembentukan umbi, mencegah pembusukan , dan  dapat menggantikan peran unsur K (Kalium).  Tanaman yang menunjukakan gejala kekeurangan kalium dapat diperbaiki pertumbuhannya dengan adanya unsur hara Natrium.

Manfaat MSG Untuk Kesuburan Tanaman

Dari penjelasan tentang manfaat dan fungsi setiap unsur hara yang terkandung dalam MSG diatas maka dapat disimpulkan bahwa manfaat MSG bagi tanaman adalah :
  • Merangsang pertumbuhan bagian tanaman, seperti batang, cabang dan daun
  • Proses pembentukan protein dan lemak, yang dibutuhkan tanaman dalam melakukan proses pertumbuhan
  • Daun yang lebih hijau, mengkilat dan lebat
  • Tanaman menjadi lebih sehat
  • Meningkatkan kadar air saat musim panas

Demikian penjelasan tentang manfaat MSG atau mecin atau vetsin untuk kesuburan tanaman. Semoga bermanfaat.

Advertisement advertise here
 
ads here